Cara memperbaiki no remote dekstop license servers available

Selamat Datang di Blog Orang IT . Pada postingan kali ini saya akan share bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki RDP yang tidak mau terhubung ke server dengan pesan error The remote session was disconnected because there are no Remote Desktop License Servers available to provide a license Please contact the server administrator

no remote dekstop license

Beberapa waktu lalu saya baru saja membeli akun RDP , awalnya sih lancar-lancar saja saat penggunaan namun entah mengapa muncul pesan error no remote dekstop license server available  atau jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia artinya “Sesi remote terputus karena tidak ada lisensi akses klien Remote Desktop yang tersedia untuk komputer ini. Silahkan hubungi administrator server". Hal ini terjadi saat saya mencoba terhubung ke remote dekstop dengan server windows 2012 R2


Ketika error ini muncul, tidak ada koneksi Remote Desktop yang dapat dibuat ke server. Pesan kesalahan ini dapat muncul bahkan jika koneksi Remote Desktop sebelumnya ke server berhasil dan tidak ada perubahan terbaru yang anda lakukan ke server RDSH.

Penyebab muncul error RDP disconnect because no license server

Asumsikan bahwa Anda menginstal layanan peran RDPH (Remote Desktop Session Host) pada komputer server yang menjalankan Windows Server 2012, dan kemudian mengkonfigurasi komputer untuk mendapatkan lisensi dari Server Lisensi Layanan Desktop Jarah Jauh. Saat Anda mencoba menyambung ke komputer dengan menggunakan Remote Desktop Protocol , Anda mungkin menerima pesan error yang menunjukkan tidak ada Lisensi Akses Klien ke Layanan Desktop Jarak Jauh.

Masalah ini terjadi karena server RDSH kehilangan sertifikat ketika koneksi tiba dan tidak dapat meminta lisensi untuk koneksi ke server lisensi.

Cara memperbaikinya

Langkah pertama dalam memecahkan masalah ini adalah dengan menjalankan alat Diagnosa Perizinan RD dari Manajer Server. Alat ini memeriksa konfigurasi lisensi Remote Desktop yang ada untuk setiap masalah dan memberikan saran pemecahan masalah untuk apa pun yang ditemukannya

Jika RD Licensing Diagnoser melaporkan informasi lisensi yang benar dan tidak menemukan masalah, masalah ini mungkin disebabkan oleh bug yang terdapat di Windows Server 2012 di mana server RDSH gagal menghubungi server lisensi setelah masa tenggang lisensi 120 hari berakhir.

Jika konfigurasi lisensi tampaknya sudah benar dan RD Lisensi Diagnoser melaporkan tidak ada masalah, silakan lakukan langkah-langkah berikut:

Cara pertama delete key graceperiod

- Buka Registry Editor (win+R lalu ketikkan regedit dan enter ).

- Navigasi ke HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Control \ Terminal Server \ RCM.

Ekspor kunci registri ini ke file sebelum membuat perubahan apa pun ( untuk jaga2 backup dulu )

- Cari GracePeriod dan hapus atau ganti namanya. Mungkin anda perlu menjadi admin agar bisa memodifikasi registry windows

delete key graceperiod

Mengapa harus menghapus graceperiod ? Jika Anda pikir Anda memiliki semua konfigurasi RDS yang diperlukan, lisensi (CAL), dllkemungkinannya adalah, masalah ini mungkin terkait dengan bug di Remote Desktop Session Host (RDSH) di mana ia tidak dapat melihat ke Server Lisensi Layanan Desktop Jarak Jauh untuk CAL ketika masa tenggang berakhir.

Reboot server RDSH. Sekarang Anda seharusnya sudah dapat terhubung ke server

Cara lain , masih di jendela registry editor langsung navigasi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\MSLicensing dan hapus folder MSLicensing

hapus folder MSLicensing

Mengapa harus menghapus MSLicensing ? Alasannya mengapa Anda mendapatkan pesan lisensi ini ketika mencoba untuk terhubung dengan Remote Desktop Protocol adalah karena TS juga dikenal sebagai Terminal Server tidak dapat menemukan Server Lisensi dalam sistem. Bagi sebagian orang untuk memperbaiki pesan terkait lisensi ini dan membuat RDP Anda aktif dan dapat berjalan lagi, Anda harus menghapus registry ini dalam sistem operasi agar kunci dapat dibuat ulang

Cara kedua reconnect

Jika error yang muncul di RDP berbunyi “The remote computer disconnected the session because of an error in the licensing protocol“; terjemahan : "Komputer jarak jauh memutus sesi karena kesalahan dalam protokol perizinan"; maka kesalahan ada pada koneksi internet yang tidak stabil

Cara ketiga dengan run as administrator

Anda mungkin dapat memperbaikinya hanya dengan menjalankan Remote Desktop Client sebagai administrator. Klik kanan pada aplikasi RDP pilih run as administrator

Cara ke empat konfigurasi mode lisensi

Cara lain untuk memperbaiki masalah Remote Session was disconnected error message, Mungkin terkait dengan group policy , dari sisi sebagai pengguna (bukan server) anda dapat memperbaiki masalah ini hanya dengan mengubah pengaturan pada group policy . Untuk melakukan nya ikuti langkah berikut : 

- Pastikan anda login kedalam windows sebagai admin , tekan win+R lalu ketikkan gpedit.msc

- Langsung navigasi ke Computer Configuration\ Administrative Templates\ Windows Components\ Remote Desktop Services\ Remote Desktop Session Host\ Licensing.

- Pada jendela sebelah kanan klik pada Remote Desktop license servers dan Set the Remote Desktop licensing mode. Klik 2x dan rubah keduanya menjadi Enabled . Masukkan alamat IP Host server misal 134.119.221.30

Set the Remote Desktop licensing mode

Cara ke lima cek antivirus

Antivirus adalah pelindung komputer yang sangat penting, tetapi terkadang perangkat lunak antivirus terkadang mengganggu berjalan nya komponen Windows dan menyebabkan error session desconnect. Namun, Anda mungkin dapat memperbaiki masalah itu hanya dengan mengubah kebijakan keamanan Anda.

Jika mengubah kebijakan tidak menyelesaikan masalah, Anda mungkin harus menghapus antivirus Anda atau menonaktifkan hanya untuk sesaat. Hal ini untuk sekedar memastikan bahwa antivirus tersebut tidak menyebabkan masalah.  

Setelah itu coba hubungkan kembali ke komputer ke server melalui remote apakah masalah masih berlanjut? Jika menghapus antivirus memecahkan masalah, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk beralih ke antivirus lain.

Ada banyak program antivirus hebat yang tersedia di pasar, dan jika Anda mencari alternatif antivirus yang bagus, saya sarankan untuk mencoba Bitdefender, BullGuard, atau Panda Antivirus. Semua alat ini menawarkan fitur-fitur hebat, jadi silakan coba salah satu dari mereka.

Cara ke enam cek start up 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, terkadang aplikasi pihak ketiga dapat mengganggu fitur Remote Desktop dan menyebabkan sambungan sesi jarak jauh terputus. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda perlu mencari aplikasi yang bermasalah dan menghapusnya dari PC Anda. Untuk menemukan aplikasi yang bermasalah, Anda perlu memeriksa startup

- Buka win+R ketikkan msconfig

- Setelah itu muncul jendela system configuration , cek pada hide all microsoft service setelah itu klik disable all

msconfig

- Selanjutnya pindah ke tab startup dan pilih open task manager , atau langsung akses task manager dengan kombinasi shortcut Ctel + Alt + Del

- Buka tab startup , daftar service aplikasi dari program yang terinstall diwindows dan berjalan otomatis setelah proses booting akan muncul semua . Klik kanan pada masing-masing service lalu pilih disable ( semuanya )

daftar service aplikasi

Setelah PC Anda direstart, periksa apakah masalah masih berlanjut. Jika tidak, itu berarti salah satu aplikasi atau layanan startup Anda yang menyebabkan masalah. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda perlu mengaktifkan aplikasi atau layanan yang dinonaktifkan satu per satu . Perlu di ingat bahwa Anda perlu me-restart PC Anda setiap kali setelah mengaktifkan satu set layanan atau aplikasi untuk menerapkan perubahan.

Setelah Anda menemukan aplikasi atau layanan yang bermasalah, Anda dapat tetap menonaktifkannya, menghapusnya atau memperbaruinya untuk menyelesaikan masalah secara permanen.

Cara ketujuh lihat disitus resmi bantuan microsoft

Saya tidak tau versi berapa windows yang anda gunakan , apakah server windows 2008 R2 atau 2012 atau mungkin 2003 coba kunjungi halaman bantuan microsoft disana anda akan melihat lebih banyak pembahasan yang mungkin dapat menyelesaikan masalah anda

Kunjungi >> Troubleshoot RDP Issue license fix

Berikut pesan error lain yang mungkin muncul ketika mencoba menghubungkan remote dekstop keserver

Remote session was disconnected because there are no remote desktop – Ini adalah masalah yang relatif umum yang dapat terjadi dengan Remote Desktop. Namun, Anda harus dapat memperbaikinya dengan mengkonfigurasi pengaturan jaringan Anda.

Remote session was disconnected because license store – Kesalahan ini dapat terjadi karena kebijakan komputer Anda. Namun, Anda dapat memperbaiki masalah itu dengan memodifikasi pengaturan kebijakan grup Anda.

Remote session was disconnected license modified – Menurut pengguna, kesalahan ini dapat muncul jika lisensi Anda dimodifikasi. Untuk memperbaiki masalah, Anda mungkin harus membuat beberapa perubahan di registri Anda.

Remote session disconnected error licensing protocol – Ini adalah pesan kesalahan lain yang dapat muncul saat menggunakan Remote Desktop. Untuk memperbaikinya, pastikan untuk mencoba beberapa solusi kami.

Remote desktop disconnected requires network level authentication – Beberapa pengguna melaporkan kesalahan ini, tetapi menurut mereka, mereka memperbaikinya dengan mengubah pengaturan Desktop Jauh mereka.

Remote desktop disconnected this computer can’t connect, client could not connect – Masalah ini dapat muncul karena aplikasi pihak ketiga seperti antivirus Anda. Jika Anda mengalami masalah ini, coba ubah pengaturan antivirus Anda dan periksa apakah itu membantu.

Baca juga : Mengatasi error RDP credssp encryption

Belum ada Komentar untuk "Cara memperbaiki no remote dekstop license servers available "

Posting Komentar

Sumber artikel: Pengetahuan penulis , pos tamu , tulisan temen dan situs lain

Jika ingin melakukan full copas/nyepin cantumkan sumber , dari pada site-mu saya laporkan ke DMCA ditandai sebagai web spam dan disembunyikan dari Serp

Apabila ditemukan dead link tolong beri tahu saya melalui komentar

Tidak menerima pemasangan slot iklan apapun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel