5 virus komputer yang tidak berbahaya

Selamat Datang di Blog Orang IT . Virus komputer umumnya dibuat untuk merusak sistem dan mencuri data penting dari komputer korbanya , namun tidak semua virus yang beredar di internet berbahaya dan membawa kerugian pada komputer yang dijangkiti malahan beberapa virus aneh pun pernah dibuat sampai menjadi viral selama beberapa waktu lalu

Virus merupakan musuh utama bagi perangkat elektronik khususnya komputer , biasanya virus dibuat untuk merusak perangkat dengan memodifikasi driver bawaan , merusak sistem operasi , merusak berbagai data penting didalam hardisk sampai mengunci komputer target kemudian meminta tebusan berupa uang

Pada postingan kali ini saya akan membagikan daftar virus tidak berbahaya dan cenderung aneh yang sempat menjadi perbincangan dijagad dunia maya , tentunya beberapa virus sengaja dibuat aneh sebagai hiburan 

Jauh sebelum populernya malware , ransomware , virus berbahaya lainya yang kini ditakuti oleh pengguna komputer ternyata pernah pula beredar beberapa virus aneh tidak berbahaya yang menjangkiti banyak komputer , entah apa maksud sipembuat virus yang jelas pengguna tidak perlu takut jika datanya dirusak karena virus berikut dibuat hanya untuk tujuan usil :


1. Creeper

virus komputer yang tidak berbahaya

Creeper tercatat sebagai virus komputer pertama di dunia , Pertama kali ditemukan di tahun 1971, virus ini sebenarnya adalah sebuah hasil eksperimen yang gagal dan kemudian berubah menjadi virus yang menjangkit komputer. Virus ini terbilang mengganggu karena akan sering mengirim pesan berisi "The Creeper is watching YOU" di layar komputer anda.

Creeper adalah program komputer eksperimental yang ditulis oleh Bob Thomas di BBN pada tahun 1971. Iterasi aslinya dirancang untuk berpindah antara komputer mainframe DEC PDP-10 yang menjalankan sistem operasi TENEX menggunakan ARPANET, dengan versi yang lebih baru oleh Ray Tomlinson yang dirancang untuk menyalin dirinya sendiri di antara komputer daripada hanya bergerak. Versi Creeper yang mereplikasi diri ini umumnya diterima sebagai worm pertama.

Program ini bukan perangkat lunak berbahaya yang aktif karena tidak menyebabkan kerusakan pada data, satu-satunya efek yang menjadi pesan yang dihasilkannya  "Saya adalah creeper: tangkap saya jika Anda bisa". 

2. ILOVEYOU


virus komputer yang tidak berbahayav

Anda pasti pernah mendengar tentang virus yang satu ini. Disebarkan melalui email, banyak yang mengira virus ini adalah surat cinta nyasar. Dengan subyek ILOVEYOU dan file terlampir dengan nama LOVE LETTER FOR YOU, komputer anda akan langsung terinfeksi begitu membuka file yang ternyata adalah virus tersebut.

ILOVEYOU, kadang-kadang disebut sebagai Love Bug atau Love Letter, adalah worm komputer yang menyerang puluhan juta komputer pribadi Windows pada 5 Mei 2000 waktu setempat di Filipina ketika mulai menyebar sebagai pesan email dengan subjek baris "ILOVEYOU" dan lampiran "LOVE-LETTER-FOR-YOU.txt.vbs".

Ekstensi file yang terakhir ('vbs', sejenis file yang diinterpretasikan) paling sering disembunyikan secara default pada komputer Windows pada waktu itu (karena ini adalah ekstensi untuk jenis file yang dikenal oleh Windows), yang menyebabkan pengguna yang tidak sadar Membuka lampiran mengaktifkan skrip Visual Basic.

Worm melakukan kerusakan pada mesin lokal, menimpa jenis file acak (termasuk file Office, file gambar, dan file audio; namun setelah menimpa file MP3, virus akan menyembunyikan file tersebut), dan mengirim salinannya sendiri ke semua alamat di Buku Alamat Windows yang digunakan oleh Microsoft Outlook. Ini membuatnya menyebar lebih cepat daripada cacing email sebelumnya lainnya.

3. Happy99

virus komputer yang tidak berbahayab

Virus komputer yang satu ini bisa dibilang sebagai virus yang paling mengganggu. Pasalnya, Happy99 akan terus-menerus mengirimkan ucapan "Happy New Year 1999!" ke perangkat PC yang terjangkit. Meski tidak berbahaya, tentu aktivitas anda menggunakan komputer akan sangat terganggu.

Happy99 (juga disebut Ska atau I-Worm) adalah Worm komputer untuk Microsoft Windows. Ini pertama kali muncul pada pertengahan Januari 1999, menyebar melalui email dan usenet. Worm menginstal dirinya sendiri dan berjalan di latar belakang mesin korban, tanpa sepengetahuan mereka. Umumnya dianggap sebagai virus pertama yang menyebar melalui email, dan telah berfungsi sebagai template untuk pembuatan virus yang merambat sendiri. Happy99 telah tersebar di berbagai benua, termasuk Amerika Utara, Eropa, dan Asia.

4. The Techno Virus

virus komputer yang tidak berbahayad

Sesuai namanya, Techno Virus adalah sebuah virus komputer yang membuat komputer anda secara otomatis mengetik kata "TECHNO" dan memunculkannya secara berulang-ulang pada layar. Meski begitu, anda bisa menghentikannya dengan ikut mengetikan "TECHNO" dalam waktu yang bersamaan dengan munculnya kata tersebut di layar. Bisa jadi game sampingan ya.

5. Bounce Joke Virus

virus komputer yang tidak berbahayaa

Virus yang satu ini juga termasuk mengganggu. Bounce Joke Virus akan membuat setiap folder atau program/aplikasi yang anda buka di komputer anda bergerak dan memantul. Sekilas memang tampak seperti efek jika anda mengaktifkan screen saver. Tapi, virus yang satu ini bisa membuat anda frustrasi

Joke.Bounce adalah program lelucon yang menyebabkan jendela aktif dan kursor mouse memantul ke atas dan ke bawah, membuat komputer sulit digunakan.

Belum ada Komentar untuk "5 virus komputer yang tidak berbahaya"

Posting Komentar

Menerima posting tamu gratis hubungi lewat WA atau kontak pribadi

Menerima donasi paypal https://www.paypal.me/Helmykurniawan

Kalau mau copas harap cantumkan sumber atau saya laporkan DMCA , efek situs dihapus sampai disembunyikan dari serp

Link mati silahkan berkomentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel