10 negara yang memblokir akses kesitus youtube

by

helmy

Selamat Datang di Blog Orang IT . Youtube merupakan salah satu situs berbagi video paling populer dijagat dunia maya , menurut penelitian hampir semua pengguna internet menghabiskan waktu minimal 52 menit setiap harinya untuk menonton video diyoutube (saya bukan penggemar youtube ).

Selain berbagi video menarik ternyata youtube juga dimanfaatkan sebagian marketing untuk melakukan promosi , beberapa pencari dollar juga mengunggah video lucunya di youtube , mengupload video tutorial dsb . 

YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. … Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas
Dibalik ketenaran youtube diberbagai negara ternyata ada beberapa negara yang secara tegas melarang masyarakatnya untuk mengakses situs youtube , bahkan secara resmi situs seperti youtube diblokir dari akses internet lokal negara tersebut . Pemblokiran youtube tentunya bukan tanpa sebab melainkan telah ditinjau secara mendalam oleh pakar telekomunikasi dan informatika dinegara tersebut
Karena saya seorang blogger bukan youtuber , saya hanya memanfaatkan situs youtube untuk mempopulerkan blog saya yaitu dengan mengunggah video tutorial yang pernah saya terbitkan diblog www.helmykediri.com namun akhir-akhir ini saya lebih memilih mengupload video langsung ke blogger . Semakin dewasa tak banyak waktu luang yang saya miliki
Berikut ini 10 negara yang memblokir akses ke situs youtube secara resmi :
1. Brasil

negara yang memblokir akses kesitus youtube

Rakyat Brasil harus rela merasakan internetan tanpa YouTube di negara mereka. Ya, sebuah kasus beredarnya video skandal seorang model ternama negeri Samba, Daniela Cicarelli, membuat pemerintah kemudian memutuskan untuk memblokir situs dan aplikasi YouTube.

2. Turki

Turki jadi salah satu negara yang menerapkan kebijakan tanpa YouTube karena sempat viralnya sebuah video yang menggugat pemerintah karena kasus korupsi besar-besaran. Dianggap jadi sarana pemicu perpecahan, YouTube kemudian diblokir.

3. Jerman

Jerman jadi satu-satunya negara elite Eropa yang (atau setidaknya pernah) memblokir YouTube lho. Hal itu terjadi karena pemerintah melarang beredarnya video musik dengan embel-embel label rekaman baik berbentuk video klip maupun live concert.

4. Libia

Pemerintah Libia juga memblokir warganya mengakses YouTube karena beredarnya beberapa video anti pemerintah yang tentu berisi konten ketidaksukaan pihak-pihak tertentu terhadap kebijakan pemerintahan.

5. Thailand

negara yang memblokir akses kesitus youtubev

Thailand jadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang pernah memblokir YouTube lho. Kasus beredarnya video berbentuk slide show berisi penghinaan terhadap wajah raja Thailand membuat pemerintah memblokir YouTube selama lima bulan di tahun 2007.

6. Turkmenistan

Tanpa alasan resmi, pemerintah Turkmenistan memblokir YouTube untuk warganya lho. Meski begitu, mereka tidak 100% memblokir akses YouTube. Untuk warganya yang ingin mengakses YouTube di tempat umum, mereka harus menunjukkan paspor mereka ke pengelola tempat atau penyedia jaringan.

7. Cina

Rasanya tidak perlu dipertanyakan lagi alasan Cina memblokir YouTube. Dikenal dengan protokol ketat seputar internet, Cina memblokir situs-situs tertentu, termasuk YouTube, untuk diakses warganya.

8. Korea Utara

Selain Cina, Korea Utara juga termasuk negara yang menerapkan aturan ketat seputar internet lho. Kim Jong Un selaku kepala negara menerapkan aturan bahwa hanya orang-orang atau elite-elite tertentu yang mendapatkan akses YouTube. Untuk warganya, pemerintah menyediakan situs sendiri yang mirip YouTube bernama Kwangmyong.

9. Iran

Kisruh yang sempat terjadi di Iran membuat pemerintah mereka memblokir YouTube. Ya, protes akibat pemilu tahun 2009 dan viralnya beberapa video di YouTube membuat pemerintah mengambil tindakan tegas dengan memblokir situs tersebut.

10. Pakistan

memblokir akses kesitus youtube

Sebuah video “Innocence of Muslims” yang terbilang provokatif membuat pemerintah Pakistan memblokir YouTube di negaranya. Selain provokatif, video tersebut dianggap bisa menimbulkan perpecahan bahkan peperangan jika isinya dianut oleh masyarakat yang menyaksikan.

Itulah 10 negara yang memblokir warganya untuk mengakses situs youtube , beberapa hal memicu tindakan pemblokiran oleh pemerintah pusat dikarenakan menimbulkan konflik ditengah masyarakat , bagaimana jika akses di indonesia suatu saat juga diblokir ? anda tidak perlu khawatir karena ada banyak sekali cara untuk mengakses situs yang diblokir oleh pemerintah dan saya yakin anda sering menggunakan nya

Baca juga : Sumber penghasilan youtuber

Related Post