Cara setting WP super cache diwordpress

by

helmy

CARA MEMPERCEPAT BLOG DENGAN SETTING WP SUPER CACHE

Selamat Datang di Blog Orang IT . Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa kecepatan loading blog telah menjadi salah satu indikator penting dalam seo yang mampu mempengaruhi ranking website dihalaman pencarian . Tidak banyak orang yang mau bersabar menunggu website anda sampai benar-benar selesai dimuat sepenuhnya , standar dari user experience google menemukan bahwa penundaan muatan selama satu detik dalam perangkat seluler dan tiga detik di perangkat dekstop sangat mempengaruhi minat pengunjung dalam meneruskan informasi . Bagi anda yang websitenya lambat pasti bingung kan ? 
Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mempercepat loading website , salah satunya dengan menginstall plugin yang membantu pengguna dalam hal caching . Dalam artikel kali ini saya akan membahas plugin caching terbaik yaitu wp super cache , sebelum itu bagi yang belum paham apa itu cache saya akan membahas pengertian dasarnya terlebih dahulu

Pengertian wordpress cache

Bagi anda yang masih awam mungkin tidak tau bahwa proses pemuatan halaman blog wordpress di browser pengunjung membutuhkan beberapa kali request bolak-balik dari server hosting ke browser client . Proses ini membutuhkan waktu cukup lama tergantung element apa saja yang diminta dalam sebuah halaman
1. Pengunjung membuka website anda melalui browser kemudian web browser meminta akses kedalam server anda untuk memuat beberapa element seperti konten , gambar , logo , header , css , js yang sesuai dengan desain situs anda
2. WordPress melakukan kontak terhadap server penyimpanan anda , atau dalam hal ini adalah hosting yang letak nya cukup jauh bisa ratusan ribu kilometer dari tempat fisik anda berada saat ini
3. Server web merespond dengan memberikan beberapa data yang diminta oleh web browser , kemudian agar dapat dipahami oleh manusia sistem web browser mengumpulkan semua data dalam format HTML
Dari penjelasan diatas kita tahu bahwa proses yang dibutuhkan oleh web browser mulai dari melakukan request permintaan data , mengunduh data dari server sampai pemadatan element kedalam bentuk HTML membutuhkan banyak waktu . Itulah sebabnya jika server web anda buruk maka loading situs anda juga berat
Bagaimana kalau kita memanfaatkan proses caching agar proses transfer data dari server ke web browser bisa menjadi lebih cepat ? begini caranya
1. Ketike web browser membuka blog helmykkediri.id secara otomatis sistem menyimpan beberapa data di cache offline browser mereka diantaranya seperti logo , header , favicon , banner dan sebagainya . Kemudian anda memberikan tanggal kadaluarsa bagi beberapa file tersimpan sehingga ketika mengakses web anda , browser tidak lagi mendownload banner gambar dari server hosting melainkan mengunggah banner gambar dari hardisk anda yang sudah disimpan sebelumnya
2. Web browser mengambil database mysql dari permintaan halaman sebelumnya dan tidak meminta nya lagi dari server kecuali jika memang server melakukan pembaharuan tampilan/data
Ini adalah apa yang disebut dengan caching. Caching berarti menggunakan kembali data dari permintaan sebelumnya untuk mempercepat permintaan berikutnya. Pada contoh di atas, caching digunakan untuk meminimalkan jumlah data yang harus berjalan antara mesin di Internet. Hal ini menghasilkan sedikit permintaan antar mesin, yang berarti akan meningkatkan kecepatan loading website Anda.
Penggunaan caching bisa menurunkan angka request lalu lintas data dari web browser kepada server  namun bukan hanya ini saja satu-satunya cara penggunaan caching  , kita bisa mengabaikan beberapa request permintaan browser yang sudah dilakukan sebelumnya jadi pengunjung setiap blog kita akan semakin puas dengan performa situs yang anda kelola. Pengunjung setia adalah orang yang selalu mengunjungi situs anda

Mengenal plugin WP super cache

Deskripsi

Plugin ini menghasilkan file html statis dari blog WordPress dinamis Anda. Setelah file html dihasilkan, webserver Anda akan melayani file itu alih-alih memproses script PHP WordPress yang lebih mahal

File html statis akan disajikan kepada sebagian besar pengguna Anda:

Pengguna yang tidak masuk.
Pengguna yang belum meninggalkan komentar di blog Anda.
Atau pengguna yang belum melihat posting yang dilindungi kata sandi.

99% pengunjung Anda akan disajikan file html statis. Satu file cache dapat disajikan ribuan kali. Pengunjung lain akan disajikan file cache khusus yang disesuaikan dengan kunjungan mereka. Jika mereka masuk, atau meninggalkan komentar, detail tersebut akan ditampilkan dan disimpan dalam cache untuk mereka.

Plugin ini menyajikan file cache dalam 3 cara (peringkat demi kecepatan):

1. Expert

Metode tercepat adalah dengan menggunakan Apache mod_rewrite (atau modul apa pun yang didukung server web Anda) untuk menyajikan file html statis “superkontrol”. Ini benar-benar melewati PHP dan sangat cepat. Jika server Anda terkena banjir lalu lintas itu lebih mungkin untuk mengatasi karena permintaan “lebih ringan”. Ini memang membutuhkan modul mod_rewrite Apache (yang mungkin dipasang jika Anda memiliki permalink khusus) dan modifikasi dari file .htaccess Anda yang berisiko dan dapat menghapus situs Anda jika dimodifikasi secara tidak benar.


2.SImple
File statis supercached dapat dilayani oleh PHP dan ini adalah cara yang disarankan untuk menggunakan plugin. Plugin akan melayani file “superkoder” jika ada dan hampir secepat metode mod_rewrite. Ini lebih mudah dikonfigurasi karena file .htaccess tidak perlu diubah. Anda masih membutuhkan permalink khusus. Anda dapat menjaga bagian halaman Anda dinamis dalam mode caching ini.

3. Cache WP-Cache. 
Ini terutama digunakan untuk men-cache halaman untuk pengguna yang dikenal, URL dengan parameter dan feed. Pengguna yang dikenal masuk dalam pengguna, pengunjung yang meninggalkan komentar atau mereka yang seharusnya ditampilkan data per pengguna khusus. Ini adalah metode caching yang paling fleksibel dan sedikit lebih lambat. Cache WP-Cache juga akan meng-cache kunjungan oleh pengguna yang tidak dikenal jika supercaching dinonaktifkan. Anda juga dapat memiliki bagian dinamis ke halaman Anda dalam mode ini. Mode ini selalu diaktifkan tetapi Anda dapat menonaktifkan cache untuk pengguna yang diketahui, URL dengan parameter, atau feed secara terpisah. Setel konstanta “DISABLE_SUPERCACHE” menjadi 1 dalam wp-config.php Anda jika Anda hanya ingin menggunakan caching WP-Cache.

Setelan yang direkomendasikan

Caching sederhana.
Kompres halaman.
Jangan meng-cache halaman untuk pengguna yang dikenal.
Cache membangun kembali.
Dukungan CDN.
Cek homepage ekstra.

Pengumpulan sampah adalah tindakan membersihkan file cache yang ketinggalan zaman dan basi. Tidak ada nilai yang benar untuk waktu kedaluwarsa tetapi titik awal yang baik adalah 1800 detik.

Pertimbangkan untuk menghapus konten kotak teks “Rejected User Agent” dan izinkan mesin telusur untuk menyimpan file tembolok untuk Anda.

Preload sebanyak mungkin posting dan aktifkan “Preload Mode”. Pengumpulan sampah file cache lama akan dinonaktifkan. Jika Anda tidak peduli tentang pembaruan bilah samping, sesuaikan interval pra-muat menjadi 2880 menit (2 hari) sehingga semua pos Anda tidak sering disembuhkan. Ketika preload terjadi, file cache untuk posting yang di-refresh dihapus dan kemudian diregenerasi. Setelah itu pengumpulan sampah dari semua file lama dilakukan untuk membersihkan file cache basi.
Bahkan dengan mode preload diaktifkan file cache akan tetap dihapus ketika posting dimodifikasi atau komentar dibuat.

Cara setting plugin super cache ke wordpress

SIlahkan login kedashboard wordpress anda , jika sebelumnya anda memiliki beberapa plugin untuk mengatur caching silahkan dimatika karena Double caching atau memiliki dua plugin caching tidak disarankan dan bisa menyebabkan konflik atar plugin yang nantinya akan memperlambat website WordPress Anda. Dua plugin yang sudah terbukti tidak kompatibel satu sama lain adalah WP Super Cache dan W3 Total Cache.

Saya tidak akan menjelaskan tutorial dasar , langsung saja masuk plugin – install plugin – ketikkan wp super cache lalu silahkan pilih install jika sudah masuk ke setting . Disini bagian penting nya silahkan dipahami

Secara default, WP Super Cache akan di-disabled. Klik Plugin Admin Page yang nantinya akan menuju ke halaman dimana Anda bisa meng-enable plugin ini.

Konfigurasi WP Super Cache

Cara menggunakan WP super cacheg

Aktifkan caching dengan mengklik tombol di sebelah Caching On. Setelah Anda mengaktifkan, klik opsi tombol Update Status.

Halaman cache yang dihasilkan oleh WP Super Cache disimpan sebagai file HTML atau PHP di server Anda. Anda dapat menghapus halaman yang sudah di cache ini dari server Anda dengan mengklik tombol Delete Cache.

Miscellaneous

Cara menggunakan WP super cacher

Disini aktifkan opsi Compress Pages untuk memutuskan halaman lebih cepat ke pengunjung Anda. Secara default pilihan ini dinonaktifkan.

Catatan : Jika Anda menggunakan bandwidth terukur maka halaman Compress sangat penting bagi Anda.

Aktifkan 304 not Modified browser caching . Ini adalah header kecil yang dikirim ke browser yang dikunjungi. Ini menunjukkan kapan halaman belum dimodifikasi sejak permintaan terakhir.

Halaman cache tidak sesuai untuk pengguna yang berkomentar di situs Anda atau masuk secara teratur ke situs Anda. Jadi aktifkan halaman Don’t Cache Page for Known Users ( Jangan Cache untuk pengguna yang dikenal). Pilihan ini memungkinkan administrator dan pengguna lain untuk melihat data aktual tanpa caching apapun.

Aktifkan Don’t Cache with GET Parameters . Selanjutnya aktifkan opsi Cache Rebuild . Opsi ini berguna untuk situs yang memiliki banyak pengguna yang login dan mereka tidak banyak mengedit konten di situs Anda.

Advanced

Cara menggunakan WP super cacherr

Aktifkan Mobile Device Support. Pilihan ini membuat WP Super Cache kompatibel dengan plugin lain yang mengubah situs Anda menjadi situs web ramah seluler.

Jika Anda memiliki waktu kadaluarsa cache yang lama, aktifkan Clear All Cache Files When A Post or Page Is Published (Hapus semua file cache saat sebuah posting atau halaman diterbitkan). Bagi Anda yang tidak memiliki waktu kadaluarsa chace yang lama, Anda tidak perlu mengaktifkan opsi ini.

Aktifkan Only Refresh Current Page When Comments Made . Bila ada pengunjung yang meninggalkan komentar, file cache halaman artikel tersebut dihapus. Jika Anda menggunakan sistem komentar WordPress maka aktifkan opsi ini.

Setelah selesai dengan semua pengaturan di tab Advanced, klik tombol Update Status. Setelah Anda mengklik tombol update, klik Update Mod_Rewrite Rules.

Selanjutnya atur waktu dan frekuensi sampai data cache di server Anda akan valid. Secara default, dalam hal pengumpulan “sampah” cache timeout adalah 3.600 detik. Jika Anda memiliki banyak artikel di situs Anda, tetapkan waktu yang lebih rendah.

Set CDN dengan plugin

Berikutnya adalah pengaturan CDN Anda. Beberapa situs menyajikan file statis dengan setiap permintaan halaman. File statis seperti JavaScripts, gambar, dan CSS, dll dilayani oleh CDN. Jadi jangan lupa atur pilihan CDN.

Untuk mengatur CDN dengan plugin, klik pada tab CDN. Sekarang aktifkan opsi enable CDN support. Selanjutnya masukkan URL lokal atau URL Offsite Anda seperti http://cdn.test.ideaboxthemes.com/wp-includes/js/prototype.js.

Cara menggunakan WP super cachef

Jika Anda telah membuat CNAME lain untuk pullzone Anda lalu menambahkannya ke kolom Additional CNAMES (CNAMES Tambahan). Sekarang aktifkan opsi Skip https URL to Avoid Mixed Content Error.

Sekarang klik tombol Save Changes . Situs Anda sekarang siap menyajikan konten statis.

Pengaturan Preload

Cara menggunakan WP super cache

Opsi ini menyimpan setiap posting dan halaman di situs Anda dan menyajikan situs web statis. Hal ini penting untuk mempercepat website anda. Refresh file cache preloaded adalah 0 secara default. Anda tidak dapat membiarkannya 0 jika Anda tidak ingin file statis Anda kadaluarsa kecuali jika Anda refresh mereka secara manual.

Waktu minimum yang dibutuhkan adalah 30 menit. Aktifkan semua opsi preload di settings ini. Sekarang klik pada Update Settings dan tunggu sampai halaman direfresh. Setelah halaman Anda sudah direfresh, klik tombol Preload Cache Now.

Anda akan melihat setelah beberapa waktu cache akan mulai dibangun untuk situs ini. Setelah proses tersebut komplit Anda akan melihat waktu loading Anda menjadi jauh lebih cepat dan baik.

Related Post