Cara mengatasi layar komputer no display

by

helmy

CARA MEMPERBAIKI KOMPUTER YANG TIDAK TAMPIL NO DISPLAY

Selamat Datang di Blog Orang IT . Mungkin anda pernah menggunakan komputer dimana beberapa waktu lalu masih normal saja namun ketika dihidupkan ke esokan harinya dibagian layar dektop hanya muncul tampilan hitam no display no input , atau ketika baru saja membeli komputer baru ketika dicoba ditoko masih normal namun ketika sampai dirumah dirakit sendiri dan dinyalakan tampilan layar dekstopnya hanya hitam no isplay , kira- kira apasih penyebab nya ? berbicara mengenai masalah komputer yang dibangun dengan banyak komponen berbeda , kesalahan dalam mengaplikasikan salah satu komponen membuat komputer tidak bisa berfungsi dengan baik
Masalah tampilan layar hanya berwarna hitam dan muncul keterangan no display atau no input sebenarnya sering dialami oleh pengguna komputer , namun beberapa pengguna awam dibuat sangat kebingungan dengan kejadian ini
Kebanyakan pengguna awam tidak akan berani mencoba memperbaikinya sendiri atau malah tidak tau apa yang harus dilakukan , ketika mereka berinisiatif memanggil jasa service komputer sering kali mereka yang awam dipermainkan oleh para pemilik jasa service
Saya punya pengalaman waktu smp dulu , ketika komputer sudah terinfeksi virus parah dan saat itu AVIRA antivirus utama sudah tidak bisa melakukan apapun ( discan dihapus muncul lagi ) , seharusnya tukang service tinggal melakukan install ulang komputer masalah selesai namun justru tukang service mengambil cara sulit yaitu dengan mencopot hardisk dan dibawa pulang untuk discanning
2 hari kemudian katanya virus terlalu banyak karena memang terdeteksi ribuan virus ketika discanning di avira jadi tak mungkin memperbaiki sistem kecuali di refresh / di install ulang ( virus menyerang system32 ). Setelah di ganti dengan OS windows 7 bajakan dan dikembalikan kerumah kondisi komputer sangat lemot akhirnya terpaksa dipanggil lagi ternyata banyak sekali driver yang tidak sesuai yang di install didalam komputer parahnya antivirusnya diganti dengan norton yang kala itu dikenal cukup berat dijalankan dikomputer RAM 1.5GB . Yah namanya juga baru punya komputer dan internet belum cukup dikenal waktu itu
Kita kembali keartikel bagaimana cara mengatasi komputer hidup yang tampilan dekstopnya blank hitam cuma tampil notifikasi no display , kita identifikasi masalahnya satu persatu

1. No iGPU

Cara mengatasi komputer no display

Kira-Kira 2 bulan yang lalu ayah saya membeli Ryzen 5 1400 beserta motherboard dan komponen lain ketika di hidupkan ternyata no display.

ayah saya pun kebingungan dan sudah banyak usaha yang di lakukan seperti ganti RAM, RMA Mobo dan CPU, dll.

Setelah beberapa bulan akhirnya ayah saya menyerah dan menelepon saya, Saya tanyakan CPU apa yang di pakai ternyata R5 1400 dan dia tidak mempunyai VGA.

Saya sampaikan bahwa R5 1400 tidak mempunyai iGPU ayah harus pakai VGA. Lalu ayah saya membeli VGA bekas seharga 100Rb an dan jadi lah, PC Boot Up dan tampil normal tanpa masalah.

Jika anda baru membeli/merakit komputer dan belum punya VGA/Kartu Grafis pastikan CPU yang anda beli mempunyai integrated Graphic Processing Unit (iGPU).

iGPU adalah Sejenis VGA yang terdapat pada CPU/Processor yang anda beli, Jangan sampai anda salah membeli CPU/Processor.

Karena berbeda dengan jaman dahulu, GPU sekarang bukan terdapat di Motherboard lagi akan tetapi di dalam CPU/Processor nya itu sendiri.

Kebanyakan CPU/Processor jaman sekarang seperti Ryzen Series itu tidak mempunyai integrated Graphic Processing Unit (iGPU) di dalam CPU/Processor nya.

Sedangkan Intel dan Ryzen APU seperti Raven Ridge series (2200G/2400G) atau Ryzen 2600 masih mempunyai iGPU di dalam Processornya.

Jadi jika komputer anda no display jangan panik dan pastikan dahulu apakah CPU anda mempunyai iGPU atau tidak.

anda bisa mengunjungi situs resmi pembuat CPU/Processor seperti Intel dan AMD lalu buka halaman spesifikasi CPU/Processor tersebut atau kunjungi situs Game Debate dan baca deskripsi nya.

2. Salah Memasukan Output Display Cable

Cara mengatasi komputer no displayv

Ok hal ini mungkin terdengar sangat simpel dan aneh akan tetapi faktanya sering sekali terjadi dan menjadi penyebab no display.

Jika anda mempunyai komputer yang memakai VGA/Kartu Grafis pastikan bahwa anda memasang kabel Output Display seperti VGA/DVI/HDMI/Display Port itu dari VGA/Kartu Grafis bukan malah dari Output Display Motherboardnya.

Sistem secara otomatis menggunakan VGA/Kartu Grafis sebagai Main GPU jika di pasang, Namun terkadang ada juga yang tidak dan hal itu menjadi penyebab no display.

Jika hal tersebut terjadi coba pindahkan kabel Output Display dari VGA ke Motherboard dan jika tampil maka anda harus mengganti pengaturan Main Display Output di BIOS.

Setiap BIOS mempunyai Layout dan nama Opsi yang berbeda jadi anda harus membaca manual mobo anda. Akan tetapi tidak salahnya mencoba mencari Opsi di bawah ini.

Cari Opsi ” Initial Display Output ” ganti Onboard ke PCIe.

Cara mengatasi komputer no displayvv

Jika sudah Save dan Exit Bios maka komputer akan restart secara otomatis, Saat itu terjadi pindahkan kabel Output Display dari Mobo ke VGA.

Cara mengatasi komputer no displayc

3. Kabel Yang Bermasalah

Cara mengatasi komputer no displayb

Kabel yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab komputer tidak tampil/no display.

Berbeda dengan kabel VGA (itu lho yang warna biru) HDMI itu menggunakan sinyal Digital sedangkan VGA (Video Graphics Array) menggunakan sinyal Analog.

HDMI (High Definition Multimedia Interface) menggunakan sinyal Digital, Jadi hanya ada 2 kemungkinan yaitu Bisa (Tampil) dan Tidak bisa (Tidak Tampil)

Berbeda dengan kabel VGA, Tebal kabel dan panjang kabel dapat mempengaruhi kualitas sinyal gambar.

Jika komputer anda no display maka coba untuk mengetes kabel tersebut di komputer lain.
Jika tampil maka masalahnya ada di komputer nya bukan di kabelnya, Jika tidak tampil berarti kabel nya yang bermasalah.

Jika kabelnya bermasalah maka anda hanya perlu mengganti kabel nya dan tidak perlu untuk membeli yang mahal-mahal, Cukup beli yang seharga 100Rb.

4. Monitor Yang Bermasalah

Cara mengatasi komputer no displayn

Hal yang satu ini jarang terjadi akan tetapi masih tetap ada kemungkinan untuk terjadi, Monitor yang bermasalah bisa menjadi penyebab nya.

Jika komputer mengeluarkan suara beep 1x/lampu indikator troubleshot tidak ada yang nyala biasanya kondisi komputer tersebut normal.

Jika anda sudah melakukan cara di atas dan komputer beep 1x tapi tidak tampil maka coba untuk menggunakan monitor yang lain.

Solusi lain adalah dengan mencoba Output Display yang lain karena ada kemungkinan Port Input Display di monitor anda ada yang rusak.

Jika terdapat lebih dari 1 Port seperti HDMI, VGA dan DVI maka coba untuk menggunakan Port yang lain.

5. Backlight Monitor Yang Mati

Cara mengatasi komputer no displayc

Masalah ini terkadang terjadi bagi para pengguna Laptop walaupun kemungkinan terjadinya itu sangat kecil.

Saat ini terjadi komputer/laptop anda itu normal-normal aja akan tetapi Backlight layar nya yang mati sehingga gambar tidak dapat di lihat dengan jelas.

Monitor membutuhkan Backlight (Kecuali OLED) yaitu sebuah lampu yang di gunakan sebagai sumber cahaya untuk menerangi layar dari belakang.

Tujuanya agar gambar dapat di lihat dengan jelas, Tanpa Backlight anda tidak akan bisa melihat gambar dengan jelas. Masih ingat jaman dahulu waktu main GameBoyColor? Jika di malam hari/tempat gelap layar tidak dapat di lihat dengan jelas karena tidak mempunyai Backlight.

Jika hal tersebut terjadi coba untuk menerangi layar dengan lampu senter/flashlight smartphone anda. Jika gambar terlihat berarti Backlight monitor/layar tersebut mati dan tidak ada cara lain selain harus menggantinya.

6. RAM Yang Bermasalah

Cara mengatasi komputer no displayx

RAM yang bermasalah itu penyebab komputer tidak tampil/no display yang No.1#

Jika komputer tidak mengeluarkan suara beep 1x/lampu indikator memory menyala maka coba untuk mengecek RAM nya.

Bersihkan pin RAM menggunakan penghapus pensil dan pasang kembali, Hidupkan komputer dan biasanya maka komputer akan kembali normal.

Jika masih tetap tidak tampil maka coba untuk mengganti RAM nya atau hanya memasang satu keping RAM.
Jika RAM anda lebih dari 1 keping, Untuk Motherboard yang slot RAM nya 4 maka coba satu per satu di SLOT No.2 sampai komputer tampil.

Jika SLOT nya 2 maka biasanya pasang RAM di SLOT No.2 atau cek manual Motherboard anda untuk lebih jelasnya.
Cek RAM satu per satu jika salah satu ada yang membuat komputer kembali normal maka RAM yg lain itulah yang bermasalah.

Jika sudah tampil pastikan lagi dengan mengecek kesehatan RAM anda, Caranya bisa dibaca di artikel ini.

Jika garansi masih ada maka RMA RAM tersebut jika tidak maka gantilah dengan yang baru dan usahakan agar sama persis dengan RAM yang lama.

7. Cek Komponen Komputernya

Cara mengatasi komputer no displayz

Jika komputer tidak tampil/no display coba untuk mengecek apakah semua sudah terpasang dengan benar dari RAM, CPU, VGA, Kabel PSU, Dll

Jika semua sudah terpasang dengan benar dan anda 100% yakin tapi komputer masih no display silahkan lanjutkan membaca.

8. VGA Yang Bermasalah

Cara mengatasi komputer no displaym

Jika semua sudah terpasang dengan benar dan anda sudah melakukan semua hal di atas tapi komputer masih tidak tampil, Coba untuk mengecek VGA nya.

Coba untuk memindah VGA pada SLOT PCIE yang lain jika masih tidak tampil maka coba untuk menggunakan nya di Komputer lain.

Jika VGA tersebut ternyata bekerja dengan normal di komputer lain maka berarti SLOT PCIE motherboard anda kemungkinan bermasalah.

Akan tetapi jika VGA tersebut juga tidak bisa di pakai di komputer lain maka VGA tersebutlah yang bermasalah.
Jika CPU/Processor anda terdapat iGPU maka gunakanlah iGPU untuk sementara selagi anda mencari VGA pengganti Atau jika VGA nya bergaransi maka RMA VGA tersebut.

9. Motherboard Yang Bermasalah

Cara mengatasi komputer no displayh

Motherboard juga bisa menjadi penyebab komputer tidak tampil/no display.
Coba untuk mengecek kapasitor Motherboard terutama yang model lama untuk mengetahui apakah ada yang melembung.

Kapasitor yang melembung akan menyebabkan banyak masalah seperti komputer sering mati, BSOD, Dll.

10. Salah Menggunakan Konverter

Cara mengatasi komputer no displayt

Konverter di gunakan agar anda bisa menggunakan Input Display yang tidak di support oleh Monitor dari VGA/Kartu Grafis anda atau sebaliknya.

Perlu anda ketahui ada dua jenis Display Converter yaitu Active dan Passive.

VGA (Video Graphic Array) adalah konektor yang paling sering di jumpai, Itu lho yang warna biru.
VGA masih menggunakan sinyal Analog, Tebal dan Panjang kabel mempengaruhi kualitas gambar yang di hasilkan.

HDMI/DVI-D menggunakan sinyal Digital jadi tebal dan panjang kabel tidak mempengaruhi namun masih tetap ada panjang maksimal untuk kabel Digital yaitu 15 Meter untuk HDMI dan 4.5 Meter untuk DVI.

Note: Untuk kabel DVI-I, DVI-I bisa menggunakan sinyal analog dan digital.

Ok sekarang kembali ke topik.

Contoh monitor anda itu hanya mempunyai input VGA tapi VGA anda hanya ada Output DVI-D, DP dan HDMI, Jika anda membeli Converter Passive seperti gambar dibawah maka tidak akan ada gambar yang tampil (Tapi produknya ada dan di jual wkwkwk).
Source: tokopedia

mengatasi komputer no display

Kenapa karena DVI-D adalah Digital sedangkan VGA adalah Analog. Untuk mengkonversi Analog menjadi Digital atau sebaliknya maka anda harus membeli Converter Active.

mengatasi komputer no displayg

Perbedaanya Converter Active mempunyai komponen khusus di dalamnya yang akan mengkonversi sinyal Analog ke Digital atau sebaliknya.

Harga Converter Active tentunya lebih mahal dari Converter Passive.

Lain kali jika komputer anda tidak tampil dan anda menggunakan konverter cek benar-benar converternya.

11. Clear CMOS

mengatasi komputer no displaya

CMOS di gunakan untuk memberi daya kepada Chip BIOS agar pengaturanya tetap tersimpan dan tidak hilang saat komputer di matikan.

Jika anda telah melakukan semua hal di atas akan tetapi komputer masih tetap tidak tampil, Maka coba untuk melakukan Clear CMOS.

Matikan komputer anda dan cabut semua kabel power nya.

Cari Jumper di Motherboard anda yang terdapat tulisan CLR_CMOS atau CLR_RTC, Pindahkan posisi Jumper dari 1-2 ke 2-3 dan tekan tombol power selama 10-15 detik.
Pasang kembali Jumper ke posisi semula yaitu 1-2 dan pasang semua kabel lalu hidupkan komputer nya.

Cara lain adalah dengan melepas baterai CMOS/CR2032 dan tekan tombol power selama 10-15 detik lalu pasang kembali dan hidupkan komputer.

Cara yang sama bisa di lakukan untuk laptop tapi hati-hati jika anda belum pernah membongkar laptop.

Baca juga : Alasan orang menggunakan software bajakan

Related Post