Cara membuka smartphone yang lupa sandi

by

helmy

Selamat Datang diBlog Orang IT . Memberikan sandi keamanan kedalam ponsel smartphone merupakan suatu keharusan demi melindungi data privasi anda dari tangan orang jahil . Jenis sandi yang diberikan ke smartphone bisa berupa kode teks , pola , finger print , PIN dsb namun entah bagaimana ceritanya ada sebagian pengguna smartphone yang tidak sengaja melupakan sandinya mungkin karena ulah si anak yang memberikan sandi asal atau karena kita memang lupa dengan kata sandi yang rumit
Akibat lupa kata sandi , pengguna smartphone tidak bisa lagi mengoperasikan ponselnya dengan normal . Memang menjengkelkan ketika kita bertanya dibeberapa group dan forum bukan nya mendapatkan solusi tetapi malah kita malah dituduh maling 
Salah satu cara menghapus kata sandi yang saya tau adalah dengan factory reset , sayangnya beberapa data penting otomatis akan dihapus dan ponsel dikembalikan kepengaturan default bawaan pabrik
Jangankan orang lain , saya sendiri juga pernah lupa kata sandi . Kejadian nya saat saya membaca artikel tentang peretasan akhirnya saya memberikan sandi kepada ponsel secara spontan , seingat saya sandinya sama dengan sandi keamanan milik pacar namun entah mengapa sudah dicoba 20x dengan kombinasi berbeda masih saja salah

Trik membuka smartphone yang lupa kata sandi

1. Menggunakan Android Device Manager


 membuka smartphone yang lupa sandi 
Cara membuka HP yang lupa kata sandi yang pertama adalah dengan menggunakan Android Device Manager. anda bisa menggunakan browser di smartphone Android teman anda atau menggunakan komputer untuk mengakses layanan. Pastikan, anda masuk dengan akun Google yang sama dan smartphone terhubung dengan internet.

v membuka smartphone yang lupa sandi 

Sekarang buka link Android Device Manager, di sana terdapat tiga pilihan yakni Deringkan, Kunci, atau Hapus. Lalu anda pilih Kunci atau Lock. Jika Android Device Manager mengalami kesulitan menemukan perangkat anda, klik tombol refresh browser beberapa kali.

Setelah klik tombol Kunci atau Lock, anda akan diminta untuk memasukkan sandi baru, yang akan menggantikan pola, PIN, atau password lama yang anda lupakan. Ketik password baru dua kali untuk mengonfirmasi pilihan anda, lalu klik tombol Lock. Dari sini, tunggu setidaknya 5 menit. Nah, sekarang harusnya anda sudah bisa membuka smartphone yang terkunci dengan password baru.

2. Gunakan Samsung Find My Mobile

v membuka smartphone yang lupa sandi

Jika cara di atas tidak berhasil dan kebetulan anda menggunakan perangkat Samsung. anda bisa mencoba layanan yang serupa dengan Android Device Manager khusus dari Samsung yakni Find My Mobile. Caranya buka link Find My Mobile dari browser, kemudian login ke akun Samsung. Jika anda belum pernah mengatur akun Samsung, metode ini tidak akan bekerja.

Setelah anda login ke akun Samsung, klik tombol Lock my screen di panel sebelah kiri. Dari sini, masukkan PIN baru dan klik tombol Lock. Dalam satu atau dua menit, sandi lockscreen harusnya diubah ke PIN baru yang anda masukkan dan anda gunakan untuk membuka kunci perangkat.

3. Gunakan Fitur Forgot pattern

 membuka smartphone yang lupa sandiv

Jika perangkat anda masih menjalankan Android 4.4 KitKat atau lebih rendah, anda masih bisa menggunakan fitur Forgot pattern. Setelah 5 usaha yang gagal, anda akan melihat pesan yang mengatakan “Coba lagi dalam 30 detik”. Dari situ, anda pilih Forgot pattern, yang letaknya di bagian bawah layar.

 membuka smartphone yang lupa sandif

Biasanya ada dua metode yang tersedia, yakni menjawab pertanyaan keamanan atau masuk dengan akun Google anda. Jika anda memilih yang kedua, Google akan mengirimkan email dengan pola pembuka kunci atau anda juga dapat mengubahnya saat itu juga.

4. Gunakan ADB untuk Menghapus Password

 membuka smartphone yang lupa sandifg

Cara membuka HP yang lupa kata sandi atau pola berikutnya, hanya akan bekerja jika sebelumnya anda telah mengaktifkan USB Debugging dan anda memiliki komputer yang sudah pernah anda hubungkan dengan smartphone melalui ADB. Jika anda sudah pernah melakukan root atau install kustom ROM pasti sudah nggak asing dengan proses ini.

Mulailah dengan menghubungkan smartphone anda ke komputer dengan kabel data, kemudian buka jendela command prompt di direktori instalasi ADB anda. Dari sini, ketik perintah berikut, kemudian tekan Enter.

adb shell rm /data/system/gesture.key


Selanjutnya, reboot smartphone anda dan seharusnya sandi di lockscreen anda sudah tidak ada. Tapi ini hanya sementara, jadi pastikan anda menetapkan sandi baru sebelum melakukan proses reboot berikutnya.

5. Gunakan Safe Mode

 membuka smartphone yang lupa sandib

Seperti yang anda ketahui, banyak banget aplikasi pengaman lockscreen di Android. Beberapa di antaranya sangat mengesankan karena mampu mengubah sandi sesuai dengan kombinasi jam dan menit, tanggal, hingga status baterai. Namun, terkadang ada bug dan tiba-tiba anda sudah tidak masuk ke smartphone anda.

Nah, jika permasalahan datang dari aplikasi pihak ketiga, anda bisa coba lakukan boot ke Safe Mode. Caranya beragam, tergantung dari jenis dan merek smartphone anda. anda bisa browsing untuk menemukan kombinasi yang sesuai untuk masuk ke Safe Mode smarpthone anda.

Setelah berhasil masuk ke Safe Mode, kunci layar dari aplikasi pihak ketiga yang sementara akan dinonaktifkan. Dari sini, anda dapat langsung uninstall aplikasi tersebut dan kemudian reboot smartphone anda untuk keluar dari Safe Mode.

6. Bikin Crash Lockscreen

 membuka smartphone yang lupa sandik

Metode ini memanfaatkan bug pada smartphone yang menjalankan Android 5.0-5.1.1 Lollipop. Selain dari itu, metode ini tidak akan dapat bekerja. Pertama, tekan Panggilan Darurat yang muncul di layar kunci. Kemudian gunakan antarmuka dialer dan masukkan 10 tanda bintang. Kemudian ketuk dua kali untuk menyorot teks yang anda masukkan dan pilih copy. Ulangi lagi lalu paste di situ sehingga jumlah karakter bintangnya menjadi dua kali lipat. Ulangi proses ini, copy dan paste untuk menambahkan lebih banyak karakter sampai pada batasnya.

 membuka smartphone yang lupa sandis

Selanjutnya, kembali ke layar kunci dan membuka shortcut kamera. Dari sini, tarik jendela notifikasi dan tekan ikon Settings, maka anda akan diminta untuk memasukkan password. Tekan lama di kolom input dan pilih paste. Kemudian ulangi proses ini beberapa kali sehingga kunci layar akan crash dan memungkinkan anda untuk mengakses seluruh antarmuka smartphone.

7. Lakukan Factory Reset

 membuka smartphone yang lupa sandia

Jika semua cara membuka HP yang lupa kata sandi di atas sudah anda lakukan dan tidak dapat bekerja juga. Cara terakhir adalah dengan melakukan Factory Reset. Itu artinya anda harus merelakan semua data yang tersimpan di memori internal anda. Factory Reset adalah cara membuka HP yang lupa kata sandi atau pola paling ampuh.

Nah untuk proses masuk ke Recovery Mode ini bervariasi tergantung pada jenis dan merek smartphone anda. Gampang deh, anda tinggal browsing. Tetapi biasanya dimulai dengan mematikan smartphone dan menyalakannya, ketika layar hitam pergi, tekan tombol power dan tahan volume bawah secara bersamaan untuk masuk ke “Recovery mode”.

Dari sini, gunakan tombol volume untuk menyorot pilihan Wipe Data/Factory Reset, lalu tekan tombol daya untuk memilihnya. Ketika proses selesai, pilih Reboot system now dan smartphone anda kembali dalam keadaan baru lagi.

Baca juga : Jenis botloop dan cara mengatasinya

Related Post