10 Alternatif pengganti microsoft office terbaik

by

helmy

Selamat Datang di Blog Orang IT . Microsoft office merupakan salah satu alat untuk pekerjaan kantoran yang paling sering digunakan oleh pengguna komputer , saking banyaknya pengguna microsoft office mereka tidak segan melakukan pembajakan melalui crack atau keygen , lagi pula meskipun sofware microsoft office dibiarkan sampai masa trialnya habis aplikasi tersebut masih bisa digunakan secara normal mungkin beberapa menu tidak berfungsi dan muncul popup untuk mengaktivasi program office , meski demikian karena bisa diclose banyak pengguna yang mengabaikan hal ini
Bagi anda yang ingin menghindari produk bajakan atau mencoba alternatif pengganti microsoft office sebenarnya ada banyak sekali perangkat lunak open source yang mendukung open dokumen seperti LibreOffice . Standar terbuka berguna ketika pengembang menghentikan perangkat lunak, pengguna mungkin tidak dapat mengakses dokumen yang disimpan dalam format kepemilikan. Ini telah terjadi di masa lalu untuk mantan pengguna Microsoft Works.
Jika perusahaan anda berskala kecil kurang dari 50 karyawan mungkin anda tidak akan sanggup membayar lisensi microsoft office untuk setiap komputer , alternatifnya anda bisa menggunakan perangkat lunak gratisan untuk mengolah dokumen misal WPS Office . Logikanya anda pasti malu kan kalau client melihat komputer anda terinstall microsoft office bajakan hehe
Setiap perangkat lunak office yang berbeda memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing , 10 software alternatif microsoft office berikut dipilih berdasarkan kelebihan yang tidak dimiliki oleh microsoft seperti mengkonversi format pdf ke doc
Semua software alternatif microsoft berikut mendukung fungsi pengeditan format file yang disimpan dengan microsoft office DOCX, XLSX, dan PPTX.

* FreeOffice

pengganti microsoft office terbaik
Alternatif gratis pengganti microsoft office ini tampilannya sangat mirip dengan MS Office

Pengganti Microsoft Office Terbaik

+ Tampilan sangat mirip dengan MS Office

+ Kompatibilitas layar sentuh

– Tidak ada versi macOS

Jika Anda mencari alternatif Microsoft Office yang gratis dan mudah, maka FreeOffice adalah pilihan terbaik untuk Anda. Perusahaan, SoftMaker, telah mengembangkan perangkat lunak office sejak 1987 dan FreeOffice ini adalah produk andalan mereka.

FreeOffice adalah perangkat office lengkap yang bebas digunakan baik untuk rumah maupun di tempat kerja. Ini dikembangkan untuk Windows dan Linux, dan menawarkan versi dasar untuk pengguna Android.

Suite ini sendiri sepenuhnya kompatibel dengan semua format Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Ini berarti Anda tidak hanya dapat melihat tetapi menyimpan file dalam format seperti DOCX, XLSX, dan PPTX. Ini juga mendukung jenis file yang lebih lama seperti PPT dan XLS.

Antarmuka baru yang diluncurkan tahun ini memberi Anda pilihan untuk bekerja dengan menu dan bilah alat modern atau klasik. Hal ini membuat peralihan dari Microsoft Office mudah dilakukan karena antarmukanya sangat mirip.

Bagi para pengguna yang memiliki kemewahan PC touchscreen Anda dapat menggunakan mode sentuh dengan ikon yang lebih besar. Mode ini tersedia untuk tampilan versi yang lebih baru dan antarmuka berbasis menu klasik.

Untuk mengunduh FreeOffice, Anda harus mendaftarkan akun melalui situs web terlebih dahulu. Tautan unduhan kami sediakan dibawah.

Anda dapat mengunduh FreeOffice di sini

* LibreOffice

pengganti microsoft office terbaikv
Suite Office yang fleksibel dan cukup ringan

Alternatif Pengganti Microsoft Office Terbaik 2018

LibreOffice adalah turunan dari The Document Foundation dan terpisah dari OpenOffice pada tahun 2010. Paket itu sendiri gratis dan open source, dan terdiri dari pengolah kata, spreadsheet, dan perangkat lunak presentasi, dan tersedia dalam 110 bahasa.

Sementara LibreOffice menggunakan format ODF (OpenDocument) masih menggunakan berbagai jenis format lain seperti yang digunakan di Microsoft Office. LibreOffice adalah suite default untuk sebagian besar distro Linux dan juga tersedia untuk digunakan pada Windows dan macOS. Ada juga LibreOffice untuk Android.

Seperti kebanyakan perangkat lunak open source, semua dukungan teknis Anda berasal dari online, tetapi lihat betapa mudahnya menggunakannya, dukungan jarang diperlukan. Platform ini juga menawarkan opsi untuk mengekspor file Anda ke dalam format PDF seperti yang lainnya.

Anda dapat menambahkan fitur tambahan ke LibreOffice melalui ekstensi dari situs webnya. Ini termasuk template tambahan untuk dokumen.

Meskipun ukuran unduhan lebih kecil dari Microsoft Office, LibreOffice memiliki kapasitas 228 MB sehingga masih cukup besar untuk dipasang.

Salah satu kritik yang telah dicatat dalam kaitannya dengan LibreOffice adalah bahwa jika Anda membuat dokumen dalam pengolah kata dan kemudian membukanya dalam dokumen Word, itu dapat mengganggu font dan pemformatan.

Anda dapat mengunduh LibreOffice di sini

* WPS Office

pengganti microsoft office terbaikc
Memiliki fitur gratis dan canggih yang sangat baik untuk pelanggan

Alternatif Pengganti Microsoft Office Terbaik 2018

+ Edisi gratis

+ Dukungan multi-bahasa

– Aplikasi Android terlalu besar

WPS Office dirilis pada tahun 2016 oleh pengembang perangkat lunak Cina Kingsoft. Ini adalah office suite yang tersedia untuk Windows, Linux, Android dan iOS. Suite ini tersedia dalam bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, Portugis, Polandia, dan Rusia.

Software alternatif ini menawarkan edisi gratis dan premium. Edisi gratis memungkinkan Anda untuk menggunakan Writer, Presentation and Spreadsheets, yang merupakan alternatif untuk Microsoft Office suite yang juga sangat mirip. WPS menawarkan konverter PDF ke Word yang cepat dan mudah digunakan. Mendukung ekspor massal dan juga dapat membagi-penggabungan file PDF jika diperlukan.

Paket ini menawarkan 1GB penyimpanan cloud gratis untuk pengguna iOS dan PC, tetapi layanan ini belum tersedia untuk Android.

WPS telah dikritik karena tidak mengizinkan kolaborasi di luar yang melacak perubahan dan memungkinkan pengguna untuk memasukkan komentar. Pengguna juga mengatakan bahwa antarmuka dapat sangat lambat pada saat-saat ketika memuat dokumen. Pengguna Linux telah menyebutkan bahwa tidak semua font dimasukkan secara otomatis dan harus dipasang secara terpisah.

Untuk instalasi pengguna Android cukup besar dan rata pengguna mengeluhkan soal kapasitas yang besar, mereka meminta pengembang atau developer membuatnya lebih ringan.

Anda dapat mengunduh WPS Office di sini

* iWork

pengganti microsoft office terbaikx
Sebuah office suite yang bagus, gratis dan mudah digunakan

Alternatif Pengganti Microsoft Office Terbaik 2018

+ Antarmuka yang indah

+ Mudah digunakan

– Hanya tersedia untuk Mac

iWork adalah alternatif Apple untuk Microsoft Office. Ini terdiri dari Pages, Keynote and Numbers. Ini secara luas setara dengan Word, PowerPoint, dan Excel. Ini eksklusif untuk macOS untuk instalasi lokal, tetapi ada versi di cloud yang dapat dinikmati oleh pengguna platform lain.

iWork jauh lebih ringan daripada MS Office dan ini akan cocok untuk sebagian besar pengguna. Ada banyak fitur di MS Office yang mayoritas pengguna bahkan tidak tahu ada yang tidak pernah benar-benar digunakan.

iWork gratis dan dapat diunduh dari App Store di Mac Anda. Ada tiga aplikasi terpisah, masing-masing untuk pengolah kata, menyiapkan presentasi dan untuk membuat spreadsheet. Nomor, alternatif spreadsheet Apple, menawarkan kanvas kosong bagi Anda untuk memulai alih-alih menampilkan tampilan kisi-kisi yang menakutkan di spreadsheet Anda. Ini menghilangkan perasaan itu menjadi buku besar dan itu sangat mudah digunakan dan menambahkan gambar, tabel dan grafik saat Anda pergi.

Pengolah kata, Pages, sangat sederhana dan sangat cocok untuk dokumen yang sederhana, dan tidak dibanjiri dengan lapisan opsi yang ada dalam MS Word. Halaman juga memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dalam pekerjaan mereka dan kini telah menambahkan fitur yang mendukung EPUB, yang dapat dibuat dan dibagikan ke iBooks jika Anda mau melakukannya.

Aplikasi presentasi, Keynote, telah disebut sebagai alternatif yang lebih baik untuk PowerPoint oleh pengguna online karena mudah digunakan. Ini menciptakan presentasi yang indah tanpa kerumitan yang dapat dikaitkan dengan PowerPoint.

MS Office mungkin tidak dapat membuka dokumen yang dibuat di iWork, tetapi semua aplikasi iWork dapat mengekspor ke format lain yang kompatibel dengan suite lain.

Anda dapat mengunduh iWork di sini

* Calligra

pengganti microsoft office terbaikc
Sebuah office suite gratis dengan beberapa fitur canggih yang sangat baik

Alternatif Pengganti Microsoft Office Terbaik 2018

+ Perangkat lunak open source gratis

+ Visualitas dan alat manajemen proyek

– Masalah kompatibilitas MS Office

Calligra Office suite awalnya dirilis pada Oktober 2000 sebagai bagian dari KOffice. Ini adalah perangkat office yang dikembangkan oleh KDE serta cocok untuk digunakan untuk desain seni grafis. Ini tersedia di Linux, macOS, Windows dan Android.

Calligra adalah perangkat lunak gratis dan open source dan dapat diunduh langsung dari situs webnya sendiri atau dari halaman unduhan KDE. Ini benar-benar berbeda dari LibreOffice.

Meskipun LibreOffice memiliki tampilan dan nuansa yang familiar dari MS Office, Calligra tidak. Banyak tab fitur yang dapat digunakan diatur di sisi kanan layar dan bukan di atas seperti MS Office dan suite kantor lainnya. Ini berarti bahwa halaman yang sedang Anda edit tidak memenuhi layar penuh.


Salah satu fitur tambahan yang membuat Calligra menonjol adalah ia menawarkan pemetaan gambaran dan alat pengelolaan proyek. Biasanya ini dikenakan biaya tambahan.

Calligra memungkinkan Anda untuk membaca DOCX dan DOX format tetapi Anda tidak dapat mengeditnya. Ini dapat menyebabkan kesulitan jika teman Anda mengirim dokumen Microsoft Office, jadi minta mereka untuk menggunakan format yang berbeda seperti ODT (open dokumen text) sebagai gantinya.

Anda dapat mengunduh Calligra di sini

* OfficeSuite

pengganti microsoft office terbaiks
Memiliki beberapa alat pengeditan yang sangat baik bagi Anda yang bersedia membayar lebih

Alternatif Pengganti Microsoft Office Terbaik 2018

+ Memungkinkan sinkronisasi di seluruh perangkat

+ Edisi gratis

– Tersedia gratis dengan hanya fitur dasar

OfficeSuite adalah aplikasi yang dikembangkan oleh MobiSystems dan tersedia untuk Android, iOS dan Windows. Perangkat yang dibuat oleh Amazon, Toshiba, Sony, dan Alcatel dilengkapi dengan OfficeSuite yang sudah diinstal sebelumnya. Aplikasi Android telah dinamai di antara aplikasi teratas untuk bisnis.

Anda dapat mensinkronisasi antar perangkat menggunakan akun OfficeSuite Anda dan hanya satu lisensi yang diperlukan untuk semua perangkat Anda.

Ini memiliki beberapa tingkatan untuk dipilih. Tier ‘Dasar’ gratis dan memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengedit dokumen Word, Excel dan PowerPoint. Suite ini memiliki kompatibilitas penuh dengan sebagian besar format seperti ODT, RTF, CSV, DOC, dan ZIP. Tingkatan gratis juga memungkinkan pengguna untuk melihat dokumen PDF dan menawarkan dukungan cloud melalui layanan seperti Dropbox, OneDrive, dan Google Drive.

OfficeSuite telah menerima banyak pujian online tetapi juga dikritik karena mendorong pengguna untuk membeli langganan premium.

Anda dapat mengunduh OfficeSuite di sini

* Polaris Office

pengganti microsoft office terbaikr

Gunakan Polaris untuk mengedit dan membuat beberapa jenis file

Alternatif Pengganti Microsoft Office Terbaik 2018

+ Edisi gratis yang sangat baik

+ Lintas-platform

– Iklan dapat mengganggu

Polaris Office dikembangkan oleh Intraware dan awalnya dirilis pada Maret 2014. Ini adalah office suite gratis yang tersedia untuk Android, iOS, Windows dan macOS. Tampaknya menjadi suite populer di antara bisnis dan digunakan oleh orang-orang seperti Amazon dan Samsung.

Meskipun versi gratisnya sangat murah hati, ada versi bisnis yang dapat Anda tingkatkan versinya. Untuk menanyakan tentang biaya, Anda perlu mengirimkan Polaris ‘Formulir Permintaan Pembelian’ yang dapat ditemukan di situs web mereka.

Dengan suite canggih ini Anda dapat mengedit berbagai format file termasuk PPT, XLS, DOCX, dan HWP. Saat akun Anda disinkronkan di antara perangkat Anda, Anda akan dapat mengedit dan membuat dari mana pun Anda berada. Semua data Anda dijamin oleh AWS (Amazon Web Services).

Dengan edisi terbaru Polaris Anda sekarang dapat mengkonversi dan mengedit dokumen PDF. Pengguna juga dapat mengkonversi file suara dan gambar ke dokumen jika diperlukan.

Suite ini mendukung beberapa bahasa yang berbeda seperti Prancis, Jerman, Korea, Inggris, dan Rusia.

Satu-satunya kritik yang nyata ada di Polaris adalah bahwa sementara edisi gratis menawarkan sejumlah besar fitur iklan mengganggu penggunanya.

Anda dapat mengunduh Polaris Office di sini

* Only Office

pengganti microsoft office terbaiki

Berbagai fitur bermanfaat bagi pengguna yang tidak membutuhkan dokumentasi ekstensif

Alternatif Pengganti Microsoft Office Terbaik 2018

+ Sumber gratis dan terbuka

+ Versi gratis yang sangat baik

– Masalah dukungan

OnlyOffice adalah paket office open source yang dikembangkan oleh Ascensio Systems SIA. Ini tersedia dalam lebih dari 22 bahasa dan membanggakan Oracle menjadi salah satu klien utama mereka.

Versi gratis, yang dikenal sebagai ‘Community Edition’ paling cocok untuk bisnis kecil dan memungkinkan hingga 20 koneksi sekaligus. Suite ini tidak hanya menawarkan fitur biasa seperti pengolah kata atau spreadsheet tetapi sangat berguna dalam kaitannya dengan pemenuhan pesanan dan untuk mendokumentasikan penjualan.
Baca Juga:  10 Mesin Pencari Terbaik Di Dunia 2018

Fitur kalender berguna memungkinkan pengguna untuk tetap up to date dengan tugas-tugas pribadi dan pekerjaan yang terkait serta mengawasi tenggat waktu. Integrasi pihak ketiga juga didukung. Anda dapat membuat Kotak Surat Anda sendiri dengan alat ‘Mail’.

Seperti halnya dengan office suite lainnya ada kemampuan untuk membuat dan mengedit dokumen, spreadsheet, dan presentasi. Pengguna dapat berkolaborasi dalam proyek dan membuat komentar dalam file jika diperlukan.

Pengguna telah melaporkan bahwa dukungan dapat sulit ditemukan dan bahwa komunitas forum obrolan online yang digunakan untuk memberikan bantuan dapat sedikit sulit untuk dinavigasi.

Anda dapat mengunduh OnlyOffice di sini

* WordPerfect

pengganti microsoft office terbaikl
Alternatif Pengganti Microsoft Office Terbaik 2018

+ Versi uji coba gratis

+ Kompatibel dengan MS Office

– UI nya berat

WordPerfect dikembangkan oleh Corel hampir 40 tahun yang lalu dan hanya tersedia di Windows. Itu paling populer di 80-an di mana ia dikenal untuk DOS dan Microsoft Windows versi. Itu segera hilang cahayanya oleh Microsoft Office pada saat rilisnya.

Ini adalah suite kantor all-in-one. Edisi standar berharga ($ ​​432) untuk versi lengkapnya. Menawarkan pengolah kata sendiri, program spreadsheet, dan pembuat slideshow. Versi terbaru sekarang termasuk penyempurnaan foto dan manajemen yang lebih baik. WordPerfect menawarkan versi uji coba gratis yang dapat Anda unduh dari situs utama.

Seperti halnya suite lain, ia dapat menyimpan ke berbagai format seperti DOCX, PDF, dan HTML. Ekstensi file umum untuk file WordPerfect adalah WPD. Ini juga menawarkan penerbitan ebooks dan manajemen makro.

Fitur PDF memberi pengguna kemampuan untuk mengedit dan mengisi formulir melalui PDF, serta mengubah tampilan form misalnya font / warna. WordPerfect mendukung membuka banyak dokumen sekaligus.

Ulasan online telah mengkritik UI yang mengatakan bahwa itu tidak ramah pengguna dan dapat menyebabkan masalah dengan font. Anda juga kadang-kadang harus menyelidiki manual untuk memperbaiki masalah yang tidak akan menjadi masalah jika menggunakan MS Word.

Anda dapat mengunduh WordPerfect di sini

* Apache OpenOffice

pengganti microsoft office terbaikq
Sebuah suite produktivitas yang mudah digunakan dan dapat diandalkan

Alternatif Pengganti Microsoft Office Terbaik 2018

+Performa konsisten

+ Gratis dan mudah digunakan

– Template presentasi rudimenter

Apache OpenOffice (AOO) adalah open source office suite yang tersedia di semua platform. Dengan lebih dari 20 tahun pengembangan di belakangnya, suite ini adalah pemain serba konsisten.

Seperti LibreOffice, OpenOffice menggunakan format Open Document (ODF). Ini dapat melihat dan mengedit sejumlah besar jenis file lainnya, terutama file MS Office. OpenOffice tidak dapat menyimpan atau mengedit dokumen menggunakan format XML terbuka, misalnya DOCX. Namun Anda dapat membuka file ini dan menyimpannya sebagai format yang berbeda.

Karena merupakan open source, siapa pun yang memiliki pengetahuan dapat menyarankan perbaikan atau memperbaiki bug. Seperti aplikasi open source lainnya, komunitas daring yang hebat selalu bersedia membantu pengguna lain.

Sementara alat rumus, Matematika, memiliki fitur dasar yang diperlukan untuk menghitung persamaan, itu bukan untuk pengguna tingkat lanjut. OpenOffice memiliki opsi untuk membuat presentasi dasar melalui Impress, tetapi ada sangat sedikit template desain dibandingkan dengan PowerPoint.

Anda dapat mengunduh Apache OpenOffice di sini

Itulah tadi beberapa Alternatif Pengganti Microsoft Office Terbaik 2018 yang kami rangkum dari berbagai sumber untuk Anda yang jenuh atau bosan dengan microsoft office dari microsoft. Silahkan gunakan sesuai kebutuhan Anda.

Related Post