10 software untuk membuat file PDF gratis

by

helmy

10 PROGRAM PDF CREATOR GRATIS TERBAIK 2018

Selamat Datang di Blog Orang IT . Format file PDF atau ebook menjadi format file paling populer dikalangan pengguna perangkat modern , saya sendiri setiap belajar sering menggunakan ebook tinggal dibuka lewat smartphone dan dibaca sambil tiduran . Bagaimana cara mengubah semua tipe file menjadi PDF ? anda membutuhkan software PDF creator kebanyakan software PDF yang kita temukan disitus download pastilah berbayar dan tidak gratis / fitur dibatasi jadi kali ini saya akan share daftar software pembuat file PDF terbaik dan terpopuler 2018
PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi.
PDF creator ini ada yang berupa PDF printer, PDF drag-and-drop, dan PDF creator online. Masing-masing dilengkapi dengan fitur seperti opsi untuk membuat beberapa file PDF sekaligus, setting kualitas PDF, serta tambahan watermarks dan signatures ke file PDF yang dibuat.

Berikut ini daftar software pembuat file pdf terbaik

1. FreePDF Creator

10 software untuk membuat PDF gratis

FreePDF Creator merupakan printer pengubah dokumen menjadi PDF. Saat anda klik print pada dokumen yang akan diubah menjadi file PDF, maka akan muncul interface FreePDF Creator.

Pada interface yang muncul, anda akan bisa melakukan penyesuaian kualitas file, document properties, mengatur security, mengatur lokasi penyimpanan file PDF, atau langsung mengirim file PDF ke email yang diinginkan.

Kalau anda perlu membuat file PDF secepatnya, tidak punya waktu untuk install software, maka anda bisa menggunakan versi online PDF converter yang tersedia di website FreePDF Creator.

2. doPDF

10 software untuk membuat PDF gratis1

doPDF bisa digunakan dalam dua cara. Pertama, sebagai PDF printer untuk mengubah dokumen yang ada di komputer menjadi file PDF. Kedua, menyimpan dokumen dari internet browser, image viewer, word processor, atau sejenisnya ke dalam bentuk file PDF.

Terdapat opsi Microsoft Office add-in yang bisa anda pilih saat proses install. Add-in ini bisa digunakan untuk mengubah file  Word, Excel, dan file Microsoft Office lainnya menjadi file PDF.

doPDF bisa digunakan gratis untuk kebutuhan personal maupun komersil.

3.  7-PDF Maker

10 software untuk membuat PDF gratis2

7-PDF Maker bisa digunakan untuk kebutuhan personal maupun komersial. Ada bisa menginstall software 7-PDF Maker ke komputer seperti biasa, atau download dalam bentuk portable supaya bisa digunakan pada removable device seperti flash drive.

Cara kerjanya sangat sederhana. Pilih dokumen yang akan diubah jadi PDF, klik kanan, lalu pilih “Create PDF (7-PDF)” untuk mulai proses mengubah dokumen secara instant.

Anda bisa mengatur tempat menyimpan file PDF, mengubah ukuran gambar, termasuk mengatur password untuk mengamankan file PDF anda.

4. CutePDF Writer

10 software untuk membuat PDF gratis3

Penggunaan CutePDF Writer sangat mudah, bisa digunakan untuk kebutuhan pribadi maupun komersil, dan semuanya benar-benar gratis.

Download dan install software ke komputer, kemudian klik “print” untuk mengubah dokumen menjadi PDF. Beberapa detik kemudian, file PDF anda sudah siap disimpan. Semudah itu.

Tapi, tidak banyak fitur lain yang ditawarkan oleh software Cute PDF Writer ini. Jika anda membutuhkan PDF creator sederhana tanpa basa-basi, maka CutePDF Writer cocok untuk anda.

5. Free File Convert

10 software untuk membuat PDF gratis5

Free File Convert hanya bisa digunakan secara online. Tidak ada versi software yang bisa diinstall ke komputer.

Free File Convert merupakan pengubah file, untuk mengubah berbagai jenis file menjadi PDF atau sebaliknya. Misal mengubah file MS Word menjadi file PDF, juga sebaliknya, mengubah file PDF menjadi HTML, DOC, atau MOBI.

Anda bisa upload dokumen hingga sebesar 300 MB. Proses mengubah file mungkin makan waktu lama, tergantung ukuran file dan kecepatan koneksi internet yang anda gunakan.

6. PDF reDirect

10 software untuk membuat PDF gratis6

PDF reDirect merupakan software PDF creator yang memiliki banyak fitur. Saking banyaknya, mungkin fitur-fitur ini akan membuat anda bingung.

Fitur basic untuk membuat file PDF dan menyimpannya ke komputer memang mudah digunakan. Tapi anda mungkin perlu meluangkan waktu untuk mempelajari fitur-fitur lainnya.

Beberapa fitur yang tersedia di PDF reDirect di antaranya adalah fitur untuk mengubah kulitas gambar, mengatur warna model, mengatur rotasi halaman, mengubah nama file. Tersedia pula fitur embed fonts untuk dipindah ke PDF baru, mengatur ukuran kertas, mengubah PostScript dan graphics, serta fitur encrypt file PDF.

Anda juga bisa menggabungkan beberapa dokumen menjadi satu file PDF dengan menggunakan fitur Merge List.

7. PDFCreator

10 software untuk membuat PDF gratis6

PDFCreator merupakan software yang berfungsi ganda: sebagai PDF creator dan PDF reader. Fungsi ganda ini disebut sebagai PDF Architect. Anda perlu sign up untuk mendapatkan free activation code, supaya bisa menggunakan software ini secara gratis.

Dokumen yang berasal dari komputer, dokumen hasil scanner, bahkan dokumen dari clipboard contents bisa diubah menjadi file PDF. File yang sudah menjadi PDF bisa dikirim ke email langsung via PDF creator ini. Anda juga bisa mengatur security setting sebelum menyimpan file PDF.

Software PDF creator ini bisa digunakan kapan pun anda mau jika sudah diinstal ke komputer. Tapi, proses install-nya makan waktu lama. Jangan lupa menghapus tanda centang pada baris “change browser” atau “change default search engine” saat proses install.

8. PDF24 Creator

10 software untuk membuat PDF gratis7

Kelebihan dari PDF24 Creator adalah mudahnya membuat satu PDF dari beberapa jenis file. Caranya: masukkan beberapa jenis file dari komputer ke PDF24 Creator, kemudian drag-and-drop (gabungkan) file-file tersebut ke satu file yang diinginkan.

Fitur lainnya adalah extract page PDF, preview PDF, pengubah kualitas PDF, penyesuaian PDF standar, pengatur document properties, penambah watermark dan signature, pengatur halaman, copy text/image, pengatur kualitas JPEG, pengatur komentar, hingga pengatur password dan pengatur izin edit file.

Tersedia dua pilihan software PDF24 Creator, yaitu untuk kebutuhan pribadi, dan untuk kebutuhan bisnis. Keduanya bisa didownload gratis.

Khusus fitur PDF24 Fax tidak gratis. PDF24 Fax adalah fitur premium yang berfungsi untuk mengirim file PDF via fax secara otomatis. Tapi menurut saya tidak masalah, karena fitur PDF Fax tidak dibutuhkan oleh kebanyakan orang.

9. PrimoPDF

10 software untuk membuat PDF gratis9

Ada dua cara menggunakan PrimoPDF: Pertama, drag-and-drop file yang akan diubah ke PrimoPDF desktop shortcut. Maka file akan diubah menjadi PDF secara otomatis kemudian disimpan ke lokasi folder awal. Kedua, ”print” file menjadi bentuk PDF, kemudian simpan file PDF yang sudah diubah ke lokasi folder yang anda inginkan.

Apapun cara yang anda pilih, anda bisa melakukan editing file menggunakan fitur yang tersedia. Seperti penyesuaian document properties, mengatur nama file, pengarang, subjek PDF, edit dan copy file, serta mengatur password keamanan file PDF.

10. FreePDFConvert.com

1110 software untuk membuat PDF gratis

FreePDFConvert.com merupakan PDF Creator online gratis di mana anda bisa membuat file PDF dengan cara mengupload dokumen yang akan diubah menjadi PDF, atau masukkan web URL untuk menyimpan laman web yang sedang anda baca ke dalam bentuk file PDF.

Hasil file PDF yang sudah jadi bisa didownload ke komputer, atau disimpan ke akun Google Drive milik anda.

FreePDFConvert.com juga berfungsi sebaliknya. Di mana anda bisa menggunakan FreePDFConvert.com untuk mengubah file PDF menjadi dokumen MS Word, Excel, PowertPoint, atau bahkan menjadi gambar dengan format file JPG/PNG/TIFF.

Kekurangan dari FreePDFConvert.com adalah anda harus menunggu sekitar 30 menit untuk bisa membuat file PDF lagi. Dengan kata lain, terdapat jeda waktu 30 menit untuk setiap pembuatan satu file PDF. Kalau tidak ingin ada delay, anda harus mendaftar jadi member.

Kembali pada anda, mau menggunakan software PDF printer atau PDF converter online. Anda bisa pilih yang manapun sesuai kebutuhan.

Related Post