Mengatasi layar touchscreen bergerak sendiri

by

helmy

TIPS MENGATASI LAYAR SMARTPHONE BERGERAK-GERAK

Selamat Datang di Blog Orang IT . Ketika melihat layar smartphone berkedip atau bergerak sendiri scroll sendiri , buka aplikasi sendiri membuat pengguna android merasa takut padahal fenomena semacam ini sering terjadi pada smartphone . Penyebab nya pun ada banyak yang paling sering karena layarnya basah terkena percikan air atau ghost touch saat dicharger / di isi daya,  error seperti ini selain terjadi pada smarphone kadang juga terjadi pada iphone samsung , lenovo , asus dan merek lainya berikut beberapa tips bagaimana cara memperbaiki layar smartphone touch screen yang bergerak sendiri atau error berkedip silahkan dipahami
1. Lakukan Reboot/Restart
Mengatasi layar touchscreen bergerak sendiri

Pada tips yang pertama ini cukup sederhana, kalian bisa mencoba untuk merestart perangkat yang mengalami error. hal Ini bertujuan untuk merefresh perangkat setelah digunakan dalam waktu yang lama.


Kemungkinan ghost touch disebabkan karena smartphone anda bekerja diluar batasnya sehingga mengalami overheat.

2. Charger yang Rusak atau Tidak Cocok


Jika saat HP di cas dan touchscreen mengalami error anda bisa mencoba untuk mengganti chargernya dengan yang asli. Penggunaan charger KW bisa menyebabkan berbagai masalah dan bahkan kerusakan pada perangkat

3. LCD yang Bermasalah

LCD yang Bermasalah karena pernah jatuh. Selain jatuh mungkin terkena air ataupun ada debu yang menempel di bagian layar.
Mengatasi layar touchscreen bergerak sendiri1

hal tersebut juga bisa menyebabkan layar sentuh tidak dapat merespon dengan baik dan melompat-lompat.

Jika belum parah mungkin kalian masih bisa memperbaikinya, namun jika sudah tidak dimungkinkan maka harus mengganti layar LCD nya dengan yang baru.

4. Anti Gores atau Screen Guard yang Kotor

Penggunaan anti gores pada layar smartphone dimaksudkan untuk melindunginya dari debu atau air. Selain itu anti gores juga dapat meminimalisir kerusakan seperti goresan dan benturan dengan benda keras.

Namun karena digunakan dalam waktu yang lama debu dan kotoran banyak menempel. hal itu akan menyebabkan performa dari layar sentuh menjadi tidak maksimal. Silahkan ganti anti gores dengan yang baru.

Baca juga : Membersihkan layar smartphone


5. Baterai yang Rusak atau Kehabisan Daya

Jika daya baterai tersebut masih banyak dan layar sentuh masih bergerak sendiri, maka ada kemungkinan komponen baterai sudah waktunya untuk diganti. Umur baterai yang sudah mencapai batasnya juga akan mempengaruhi performa dari sebuah smartphone.

6. Perangkat dan Layar Mengalami Overheat

Mengatasi layar touchscreen bergerak sendiri2

Penggunaan yang berlebihan akan mengakibatkan overheat. Jika suhu dari perangkat tersebut mencapai batas wajar tentu akan mengakibatkan banyak masalah.

Layar atau LCD juga akan terkena dampak dari suhu panas ini dan akhirnya terjadilah ghost touch. Usahakan untuk menggunakan perangkat sebagaimana mestinya, jangan memaksakan mereka untuk bekerja diluar batas kemampuan yang akhirnya menyebabkan overheat.

7. Bug atau Error pada ROM yang Dipakai


ROM pada smartphone pun biasanya mengalami pembaharuan. Hal ini dimaksudkan untuk memperbaiki fitur dan menghilangkan bug yang ada pada versi sebelumnya. Namun tidak semua proses pembaharuan ROM ke versi terbaru bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

terkadang antara hardware dan ROM tersebut tidak sinkron dan akhirnya mengakibatkan error. Selain itu sebaik apapun sebuah ROM dibuild, pasti ada bug di dalamnya. Jika memang mengalami masalah setelah berganti ROM maka kemungkinan memang tidak cocok untuk perangkat smartphonemu.

8. Kinerja yang Berlebihan


Gunakan smartphonemu sesuai dengan spesifikasi dan kemampuannya, jangan paksakan low spec untuk mengoperasikan banyak multitasking secara bersamaan

Related Post