Cara membuat aplikasi android secara offline maupun online

by

helmy

TIPS MUDAH MEMBUAT APLIKASI ANDROID SECARA ONLINE-OFFLINE

Cara membuat aplikasi android offline online

Selamat Datang di Blog Orang IT . Penjualan smartphone lebih tinggi dari pada penjualan perangkat elektronik lain nya , hal ini mengakibatkan jumlah pengguna internet yang datang dari web mobile juga mengalami peningkatan dibandingkan pengguna dekstop . Berbagai virus yang diciptakan untuk android juga sudah mulai merebak semenjak OS android menjadi OS yang paling banyak digunakan selain windows . Beberapa developer besar juga mulai menyasar pengguna smartphone android oleh karena itu banyak yang mulai menekuni bidang pembuatan aplikasi game android dan pemrograman mobile
Lagi-lagi perkembangan teknologi semakin pesat , selain membuat aplikasi android secara offline (bersusah payah ngoding seharian) ternyata muncul lagi website yang bisa anda manfaatkan untuk membuat berbagai macam aplikasi android secara instant dan anda bisa langsung memasukkan kode iklan google admob didalamnya kemudian menguploadnya ke playstore
Karena tingginya kata kunci untuk cara membuat aplikasi game android secara online dan offline di google maka saya buat artikelnya , semoga bisa membantu anda yang sedang mencari trik tips mendulang dollar dari google admob . Dijaman modern kita harus berpikir cerdas tinggalkan cara jadul yang tidak efektive dan beralihkan kemetode cerdas memproduksi aplikasi android secara massal hanya dengan beberapa klik . Kita tahu orang yang sukses yang memiliki restoran banyak mereka tidak mengurus semuanya sendiri melainkan menyerahkan kepada ahlinya

A. Membuat Aplikasi Android Dengan Online

Untuk kalian yang kurang memahami bahasa pemrograman, tetapi kalian bermaksud untuk membuat aplikasi android, sebagai rekomendasinya kalian dapat membuat aplikasi android secara online dengan menggunakan tools atau aplikasi online berikut ini :

1. AppGeyser 


Cara membuat aplikasi android offline online

Website atau aplikasi online terbaik pertama untuk membuat aplikasi android tanpa harus mengerti coding adalah AppsGeyser. https://www.appsgeyser.com/merupakan suatu layanan website gratis yang dipublikasikan untuk membuat beberapa kategori aplikasi android.

Aplikasi yang akan dibuat memiliki semua fitur yang kalian butuhkan termasuk perpesanan, sosial-sharing, tab dan dukungan penuh untuk peningkatan HTML5. Dibawah ini adalah kategori yang bisa kalian buat melalui AppGeyser

Mssenger
Website
Browser
Media Player
Music
Online Store
Mobile TV
Dll

2. AppyPie


Cara membuat aplikasi android offline online

Appypie merupakan App Builder Software berbasis cloud yang perkembangannya cukup pesat. Website ini memungkinkan kalian yang tidak atau kurang memahami bahasa pemrograman untuk bisa membuat aplikasi Android & iPhone, dan dengan menggunakan AppyPie, kalian sudah langsung bisa mepublikasikannya ke Google Play dan App Store.

Dengan AppyPie, kalian tidak perlu memasang atau mengunduh perlengkapan apapun, kalian hanya cukup menyeret & melepas (drag and Drop) laman aplikasi untuk membuat aplikasi seluler secara online. Begitu App yang kalian buat diterbitkan, kalian akan menerima aplikasi hybrid berbasis HTML5 yang sesuai dengan Android, iPhone, iPad, Windows Phone ataupun Blackberry sekalipun.

3. BuzzTouch 


Cara membuat aplikasi android offline online

Buzztouch adalah app engine berbasis open source yang ditujukan untuk membuat aplikasi iPhone, iPad, dan Android. Buzztouch sendiri telah dibekali perangkat lunak pengembang iOS dan Android (SDK).

Sementara itu Panel Kontrol BtCentral adalah perangkat lunak yang berbasis web open source , sehingga dapat digunakan untuk mengelola dan membuat aplikasi mobile yang dibuat dengan menggunakan Buzztouch.

4. Andromo 


Cara membuat aplikasi android offline online

Andromo merupakan salah satu situs yang dapat kalian gunakan untuk membuat aplikasi Android dengan mudah dan tanpa harus menguasi bahasa pemrograman (koding). Dengan situs Andromo, kalian dapat membuat aplikasi seperti audio player, map, navigation, aplikasi seperti Facebook, Twitter, video Youtube, dan lain sebagainya.

Selain itu, situs Andromo juga telah dilengkapi dengan fitur monetization , tujuannya agar para pengguna yang membuat aplikasi bisa mendapatkan pendapatan berupa uang dengan cara memasang iklan pada aplikasi yang telah dibuat seperti iklan adSense.

5. MIT App Inventor 


Cara membuat aplikasi android offline online

App Inventor merupakan proyek dari Massachuset Institute of Technology (MIT) yang dibuat untuk ditujukan kepada semua pelaku pembuat aplikasi android, khususnya bagi para pemula dengan block-based programming tool.

App Inventor dapat digunakan dengan cukup mudah, hanya dengan melakukan tarik dan geser serta menambahkan infromasi atau data serta mengatur palette di bagian properties yang kalian kehendaki. App Inventor ini merupakan tools untuk membuat aplikasi Android melalui browser yang cukup lengkap fungsinya. Dibagian palette terlihat banyak sekali fitur yang bisa kalian gunakan seperti sensor, Bluetooth, dan lain sebagainya.

6. Appyet 


Cara membuat aplikasi android offline online

Sama seperti dengan situs diatas, Appyet juga merupakan salah satu situs yang bisa kalian gunakan untuk membuat aplikasi android tanpa harus menguasai bahasa pemrograman. Dengan menggunakan AppYet ini, siapapun termasuk kalian akan mampu membuat aplikasi Android secara profesional.

Pada dasarnya, Appyet ini ditujukan untuk para pengguna yang ingin membuat aplikasi konten yang bersumber dari sebuah website (situs). Cukup memberikan tautan RSS feed/Atom atau alamat situs web, selanjutnya secara otomatis appyet akan mengkonversinya menjadi sebuah aplikasi yang cukup menarik untuk Android.

7. Appclay 


Cara membuat aplikasi android offline online

AppClay diciptakan oleh pakar development ShepHertz Technologies. Sama seperti situs sebelumnya, AppCly juga ditujukan bagi para pemula yang akan mencoba membuat aplikasi android AppClay sendiri memiliki antarmuka yang cukup intuitif, dimana dengan adanya tampilan seperti ini, dapat memungkinkan kalian dengan mudah untuk bisa menjadi seorang pengembang aplikasi android tanpa perlu pengetahuan koding.

8. App Machine

8. App Machine

App Machine , jika dilihat dari segi fiturnya memang snagat memungkinkan kalian untuk membuat aplikasi perusahaan atau pribadi dengan cukup mudah, dan yang paling penting situs ini memberikan label free atau gratis.

Untuk menggunakan situs ini, kalian hanya perlu membangun aplikasi dan selanjutnya App Machine akan mempublikasikannya di toko Apple atau Android store. AppMachine membuat pembuatan aplikasi yang cukup berkualitas tinggi dan gratis.

9. Good Barber

 
9. Good Barber

Dengan menggunakan bantuan situs Good Barber, kalian akan bisa menjadi pengembang aplikasi yang terlihat simpel namun tetap tidak membuang kesan profesional. Sama dengan situs-situs diatas, kalian tidak perlu pengetahuan tentang bahasa pemrograman, dalam hal ini kalian cukup merancang aplikasi, menambahkan konten, dan kemudian kalian dapat mempublikasikannya Google Play Store.

B. Membuat Aplikasi Android Secara Offline Dengan Software

Untuk opsi B ini, telah kalian ketahui bahwa deretan aplikasi – aplikasi dibawah ini memang diperuntukkan bagi kalian yang sudah memahami atau setidaknya kalian senang dengan hal utak-atik koding, maka pilihan dibawah ini adalah software yang cocok untuk kalian

1. Android Studio 


membuat aplikasi android offline online

Android Studio adalah sebuah IDE yang diperuntukkan untuk Android Development, dimana android studio ini dikenalkan oleh pihak google pada acara Google I/O di tahun 2013. Android Studio merupakan suatu pengembangan dari Eclipse IDE, dan dibuat berdasarkan IDE Java populer, yaitu IntelliJ IDEA. Android Studio merupakan IDE resmi untuk pengembangan aplikasi Android.

Sebagai media yang menjadi pengembangan dari aplikasi Eclipse, Android Studio tentunya sudah dilengkapi dengan gaya baru serta mempunyai banyak fitur-fitur baru dibandingkan dengan Eclipse IDE. Berbeda dengan Eclipse yang menggunakan Ant, Android Studio menggunakan Gradle sebagai build environment. Fitur-fitur lainnya yang sudah disematkan pada Android Studio adalah sebagai berikut :

Menggunakan Gradle-based build system yang fleksibel.
Bisa mem-build multiple APK .
Template support untuk Google Services dan berbagai macam tipe perangkat.
Layout editor yang lebih bagus.
Built-in support untuk Google Cloud Platform, sehingga mudah untuk integrasi dengan Google Cloud Messaging dan App Engine.
Import library langsung dari Maven repository
dan masih banyak lagi yang lainnya

2. Eclipse 


2. Eclipse

Eclipse merupaka Integrated Development Environment (IDE). Fungsi uatama dari Eclipse adalah untuk mengembangkan aplikasi Java, tetapi saat ini sudah dapat kalian digunakan untuk mengembangkan aplikasi dalam bahasa pemrograman lain melalui memdia plugin.

Diantara bahasa pemrograman tersebut adakah sebagai berikut :

ABAP,
C atau C ++
COBOL
Fortran
Haskell
JavaScript
Lasso
Lua
ALAMI
Perl
PHP
Prolog
Python
R dan Ruby
Scala
Clojure
Groovy
Skema


Dll Selain itu, software Eclipse ini juga dapat kalian gunakan untuk mengembangkan aplikasi android. Untuk melakukan itu diperlukan tambahan tools pengembang lainnya, seperti Eclipse Java JDT untuk Java dan Scala, Eclipse CDT untuk C / C ++, Eclipse PDT untuk PHP, dan yang akan dibahas Eclipse ADT untuk Android, serta masih banyak lagi.

3. Apache Cordova 


3. Apache Cordova

Apache Cordova meruoakan suatu platform yang ditujukan untuk membuat aplikasi mobile menggunakan HTML, CSS dan JavaScript. Platform yang diidukung diantarnya adalah Android, iOS, Windows Phone dan Blackberry.

Apache Cordova ini menyediakan berbagai fitur API plug-in untuk memudahkan developer dalam mengembangkan aplikasi dengan mengakses beberapa fungsi seperti status baterai, kamera, kontak, perangkat, akselerometer, kompas, sistem berkas, geolokasi, Media, informasi jaringan dan juga keperluan atau komponen yang lainnya. Dengan kata lain kalian dapat membuat aplikasi android hanya menggunakan HTML, CSS dan Javascript.

Dengan kalian menggunakan API dari aplikasi Cordova, kalian tidak perlu membangun sebuah aplikasi dengan menggunakan native code seperti Java, Objective-C dan yang lainnya. Disini kalian hanya perlu menggunakan teknologi web dengan bahasa pemrograman web yang dipasang pada perangkat mobile bersangkutan. Perlu kalian garis bawahi, karena menggunakan Javascript, aplikasi yang kalian ciptakan pada suatu platform mobile dapat digunakan di platform lain dengan sedikit atau bahkan tanpa perlu dilakukan perubahan.

4. NetBeans 


4. NetBeans

Netbeans merupakan Sebuah proyek open source code yang mempunyai pengguna yang sangat luas. Netbeans saat ini mempunyai dua jenis, yaitu Netbeans IDE dan NetBeans Platform. Netbeans IDE adalah salah satu aplikasi IDE yang ditulis dengan dalam Java dan digunakan programmer untuk menulis, mengompile, mencari kesalahan, dan menyebarkan program.

Sedangkan Netbeans Platform adalah fondasi yang modular dan dapat diperluas yang dapat difungsikan sebagai Basic software untuk membuat aplikasi desktop yang berkapasitas besar.

Untuk informasi lainnya, berikut adalah kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi NetBeans

Multiplatform
OOP (Object Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Objek)
Perpustakaan Kelas Yang Lengkap
Bergaya C++
Pengumpulan sampah otomatis

5. Xamarin
5. Xamarin
Xamarin merupakan sebuah software atau aplikasi development, tools ini bisa kalian digunakan untuk membuat dan mengembangkan aplikasi mobile berbasis Android, iOS dan Windows Phone. Software ini dirancang & dipublikasikan oleh perusahaan software yang terletak di San Francisco, California dan berdiri pada bulan Mei 2011.

Sampai saat ini, Xamarin sendiri memiliki dua IDE yang terdiri dari Xamarin terintegrasi Microsoft Visual Studio dan Xamarin Studio. Bagi kalian yang merupakan pengembang aplikasi yang menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows dan alat pengembangan Microsoft Visual Studio, maka kalian cocok menggunakan Xamarin yang terintegrasi Microsoft Visual Studio.

Namun jika kalian menggunakan komputer dengan sistem operasi Macintosh, maka sebaiknya kalian menggunakan Xamarin Studio. Tentu saja dengan adanya Xamarin ini, sudah pasti sangat memudahkan kalian untuk melakukan pengembangan aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman C# .

Related Post