Penyebab komputer lag ketika main game

by

helmy

PENYEBAB PC SERING NGELAG KETIKA BERMAIN GAME

Selamat Datang di Blog Orang IT . Apakabar para pecinta game ? kali ini saya akan share penyebab atau alasan mengapa game yang anda mainkan sering ngelag / patah-patah saat dijalankan dan bagaimana solusinya mengatasi game stutter parah . Ketika sedang asyik bermain game tiba-tiba gamenya ngelag otomatis permainan akan terganggu dan player kalah , meskipun game macet secara grafis namun game tersebut masih berjalan . Tidak mudah memang menemukan penyebab mengapa game suka ngelag ketika dimainkan baik di PC , tablet , smartphone dll yang paling umum biasanya karena spesifikasi hardware yang kurang mumpuni 
Berikut ini 6 masalah penyebab game sering ngelag ketika dimainkan oleh playernya yang paling sering terjadi

1. Spesifikasi komputer tidak memadai
Nah ini penyebab utama mengapa game yang anda mainkan selau Lag, sebelum memainkan game coba lihat
spesifikasi minimal gamenya nya di GOOGLE. Jika Spesifikasi komputer anda terlalu rendah atau minimal spesifikasi maka bisa menyebabkan Stutter/Lag saat main game.
Lag juga disebabkan oleh banyak faktor seperti vram penuh, ram penuh,
bottleneck sana sini, dll yang tidak akan cukup apabila di jelaskan
satu-per-satu dalam artikel ini. Jika anda bingung cukup cek spesifikasi Komputer/Laptop anda sebelum memainkan game melalui situs berikut http://www.game-debate.com/can-I-run/
 
Masukan spesifikasi komputer anda seperti jenis processor , kapasitas RAM , graphic dan game yang ingin anda mainkan di
sana. Nanti Situs tersebut akan menentukan apakah PC/LAPTOP yang anda miliki
sanggup memainkan game tersebut dengan lancar atau tidak.
Situs itu juga memberikan informasi graphical settings apa yang harus anda gunakan serta FPS yg di dapat.
1. Spesifikasi komputer tidak memadai

Jika spesifikasi komputer anda tidak memenuhi persyaratan Minimum Requirement maka jangan di paksakan. Memang hasil yang di berikan oleh game debate tidak 100% akurat tapi minimal bisa menjadi referensi bagi anda nantinya sebelum menginstall game kekomputer . Jika anda ingin hasil yang lebih akurat , coba lihat benchmark di YouTube dengan spesifikasi komputer yang mirip/mendekati spesifikasi komputer anda. Untuk smartphone bisa cek spesifikasi minimalnya di google/playstore di deskripsi game nya. Selamat Mencoba.
2. PING terlalu tinggi juga penyebab lag
2. PING terlalu tinggi juga penyebab lag

Hardware komputer anda memang sudah cukup spesifikasi untuk memainkan game yang anda inginkan , namun mengapa masih sering ngelag saat bermain ?

Untuk anda yang memang hobi nya main game online seperti Dota2, League of legend, Point Blank, Crossfire, Counter Strike Go, Dll. Pasti sering mendengar atau mungkin belum mendengar istilah Ping. Singkatnya lebih rendah ping nya maka semakin bagus koneksinya. Ping yang baik minimal harus 50ms untuk online game. Jika di bawah 20ms itu berarti sangat bagus, dan Jika di atas 100ms itu termasuk lambat.

Ping yang tinggi akan menyebabkan Lag saat main game contoh saat anda bergerak/mengeklik tapi karakter nya telat/putus-putus merespon . Tujuan koneksi melakukan ping ing adalah guna menstabilkan koneksi internet yang didapatkan

Untuk mengecek ping bisa masuk ke situs speed tester http://www.speedtest.net/

Bagaimana cara mengatasinya?
  • Pertama-tama jangan gunakan koneksi wireless melainkan harus dengan kabel.
  • Tutup semua browser/download/torrent.
  • Turunkan graphical setting dalam game.
  • Cek apakah ada orang lain di rumah yang menggunakan koneksi internet seperti download/lihat youtube.
Jika Ping masih tinggi juga, hubungi customer services ISP anda masing-masing dan ajukan komplain.
3. Komputer overheat
Jaman dulu ketika suhu komponen Desktop/Laptop kita terlalu tinggi maka sistem akan secara otomatis mematikan PC/Laptop kita untuk mencegah kerusakan. Sampai sekarang terkadang komputer akan merestart sendiri ketika overheat

Semakin berkembangnya teknologi , sistem akan melakukan hal yang berbeda yang di namakan dengan Thermal Throttling.

Jika suhu komponen Desktop/Laptop/Smartphone anda terlalu tinggi sistem tidak akan lagi mematikan Pc/laptop/smartphone anda. Melainkan sistem akan menurunkan performa agar suhu tidak naik.

Nah saat itu terjadi maka game yang anda mainkan akan macet-macet karena performa sistem turun. Mungkin layarnya akan meredup dan beberapa game yang berjalan grafisnya jadi samar-samar sampai ngelag . Bagaimana cara mengatasinya kalau sudah overpanas ?

Pertama-tama cek suhu komputer/laptop anda menggunakan software Coretemp untuk Cpu dan Gpu-z untuk Vga/Kartu Grafis lalu mainkan gamenya.

Mainkan sampai kurang lebih 30 menit kemudian exit gamenya. Buka Coretemp dan Gpu-Z. Untuk Coretemp lihat suhu Average nya di sana. Untuk GPU-Z masuk ke Tab Sensor Klik Gpu Temperature sampai keluar Text AVG/Average (rata-rata)

Jika suhu terlalu tinggi di atas atau mendekati 80’c maka silahkan bawa ke tukang servis untuk di ganti thermal pasta nya. Atau jika anda mempunyai keahlian bongkar pasang laptop/pc maka cukup beli thermal pasta (jangan yang murahan) dan ganti pasta nya. Untuk smartphone biasanya sangat jarang terjadi, Bila terjadi lebih baik di bawa ke tukang servis saja/biasanya ganti baterai karena baterai yg tidak baik menyebabkan sangat panas saat bermain game.

4. Terjadi Cpu, Gpu, Disk Spike
4. Terjadi Cpu, Gpu, Disk Spike

Apa yang di maksud Spike?

Spike itu jika salah satu komponen di atas seperti Cpu, Gpu/Vga dan Disk/hard disk/ssd yang tiba-tiba pemakainya melonjak ke 100% tanpa ada alasan yang jelas. Ketika hal tersebut terjadi maka Game yang anda mainkan akan macet/stutter/lag. Hal ini sering di alami oleh para gamer PC/Laptop, Namun jarang terjadi di smartphone

Untuk mengecek pemakaian CPU dan disk anda saat main game bisa menggunakan Task Manager (ctrl+atl+delete). Atau Msi afterburner+Rivastatistic tuner (1 bundle dengan afterburner) Tutorial bisa di lihat di google.

Bagaimana cara mangatasinya ?

Jika LAG masih terjadi setelah melakukan tips 1-3 bukalah task manager karena yang sering spike biasanya CPU dan DISK.

Masuk ke Tab Process (windows 8/10) atau performance (windows 7). Di sana nanti ada Daftar aplikasi yang terbuka dan ada keterangan seberapa besar aplikasi tersebut memakai Cpu/Disk anda.

Jika ada aplikasi yang memakai mendekati 100% (Selain game anda) berarti itu penyebabnya dan anda harus mencari tahu cara menghapus/uninstal aplikasi tersebut atau cukup di close saja process nya.Tapi kalau yang 100% itu game yang sedang anda mainkan bagaimana?

Berarti hardware anda belum cukup kuat untuk memainkan game yg anda mainkan (kembali ke tips no 1 atau turunkan graphical settings nya)

CPU spike dan disk spike juga bisa di karenakan Virus. Oleh karena itu selalu gunakan anti virus yang up todate , lakukan scanning secara berkala dan pemindaian registry windows

5. Disk mengalami fragments
5. Disk mengalami fragments

Apa itu Fragment?

Pernahkah anda mendengar istilah Disk Defragment yang fungsinya untuk menyusun tatanan files agar mudah di temukan dalam hard disk?

Fragment adalah pecahan suatu files di dalam hardisk anda, Data tersebut terpisah satu sama lain.
Fungsi dari Disk Defragment adalah menyatukan files2 tersebut agar lebih mudah di temukan oleh HDD.

Singkatnya cara kerja Disk Defragment itu seperti kumpulan file arsip lama baru yang saling tercampur ketika pengguna membutuhkan sistem akan mencari file yang diminta lebih lama karena bagian file mengalami fragment.  Kita akan membahas secara mendalam tentang cara kerja disk defragment pada artikel yang akan datang jika anda sudah tidak sabar bisa baca-baca sekilas digoogle

Cek apakah memang ada banyak file Fragment di komputer anda dengan membuka disk defragment dan klik analyze pada partisi yg di tentukan.

Jika terdapat banyak file Fragmentasi maka Defrag lah partisi tersebut. Proses defrag biasanya memakan waktu yg lama akan tetapi tergantung dengan jumlah file Fragmentasinya. Jika anda menyimpan Gamenya di SSD maka tidak perlu di defrag karena SSD itu sangat cepat dan jika di defrag justru akan memendekan umurnya. 


6. V-SYNC ON
Untuk para PC GAMER jika semua hal di atas sudah anda lakukan tapi masih saja sering lag maka cek apakah V-Sync statusnya enable/on di graphical setttings game anda.
6. V-SYNC ON
Jika ON maka disable atau turn off V-Sync nya. Singkatnya V-Sync di gunakan untuk mencegah Screen Tearing/Gambar lag saat main game.

Akan tetapi jika kekuatan hardware komputer anda tidak sanggup memainkan game tersebut di 60FPS secara stabil maka FPS akan anjlok seketika menjadi 30FPS. Hal di itu di sebut dengan FPS DROP/STUTTER.

Apa itu Fungsi (kelebihan dan kekurangan) V-Sync dan Screen Tearing ?

V-Sync adalah singkatan dari Vertical Synchronization, sebuah opsi setting grafis yang membatasi jumlah frame yang dihasilkan oleh graphic card untuk menyesuaikan dengan jumlah refresh rate yang dimiliki oleh monitor yang kita gunakan. Jika Xenomers menggunakan monitor dengan refresh rate 60Hz (monitor merefresh gambar pada layar setiap 60 kali per detik), maka V-Sync akan mengatur framerate dari game yang kita mainkan menghasilkan maksimal 60 frame per detik.
Screen Tearing adalah masalah visual dengan pemrosesan gambar yang dialami oleh Monitor Komputer ketika refresh rate pada monitor komputer terlambat untuk menyesuaikan dengan refresh rate Kartu grafis.Masalah ini menyebabkan satu gambar memiliki fragmentasi di berbagai bagian gambar yang dimunculkan monitor komputer.

Related Post