Mencegah facebook mengambil data pengguna

by

helmy

Selamat Datang di Blog Orang IT . Masih ingat kisah cambridge analytic dimana aplikasi pihak ketiga memanen data sampai 50 juta akun pengguna facebook menyebab kan facebook krisis besar-besaran mulai dari penarikan model oleh investor sampai krisis kepercayaan dari para pengguna layanan sosial media facebook , rasanya kok agak aneh ya kalau pengguna mengaku tidak tau menau bahwa facebook sering kali merekam dan menyimpan data pengguna nya saat menggunakan jejaring sosial media ini bagaimana dengan google yang harus selalu disinkronkan baik pada perangkat smartphone maupun dekstop bukankah harusnya google memanen milyaran data pengguna setiap hari ? kebetulan saya sedang tidak membandingkan keduanya jadi postingan kali ini hanya membahas bagaimana cara mencegah facebook merekam dan melacak aktivitas pengguna kedalam databasenya
Menyimpan data pengguna seperti sandi , gambar , video , username dll merupakan suatu keharusan masalah jika sampai data tersebut bocor kepihak ketiga apalagi sampai diteruskan kepihak ke empat . Sebenarnya dibrowser mozilla firefox ada sebuah fitur yan otomatis aktif yaitu tracking protection dimana browser melindungi aktivitas pengguna dari pelacakan mulai dari tempat login , aktivitas dsb

Beberapa waktu lalu mozilla firefox telah meluncurkan sebuah ekstensi baru bernama facebook container , fungsinya untuk mencegah layanan seperti facebook merekam setiap aktivitas penggunanya 

Cara mencegah facebook memata-matai penggunanya

Cara ini hanya bekerja bagi pengguna browser mozill firefox alias pengguna web browser selain mozilla mungkin bisa seperti palemoon dsb, jika anda ingin data privasi anda aman silahkan browsing menggunakan mozilla firefox , nah mas bukanya mozilla sering mengalami kebocoran memori ? itu dulu sejak dirilisnya versi quantum sekarang mozilla menjadi lebih baik dan stabil dibandingkan versi sebelumnya .
Minggu lalu mozilla mengeluarkan ekstensi baru bernama facebook container , fungsinya sebagai tempat penyimpanan sementara untuk menyimpan semua data pengguna aktivitas dsb selama menggunakan facebook dalam sebuah lokasi penyimpanan sendiri yang akan membuat facebook sulit untuk mengakses data aslinya

Bagaimana cara kerjanya ?

Dengan menggunakan ekstensi ini semua riwayat penggunaan Facebook, maupun riwayat akses situs lain di tab lain akan disimpan ke sebuah wadah tersendiri. Facebook akan sulit mengakses wadah tersebut, jadi data kita akan lebih aman. Akan tetapi ini tidak berlaku untuk data-data lama sebelum kita menginstall ekstensi ini

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Pastinya anda harus punya browser Firefox dan juga sudah login ke akun Firefox anda. Lalu download terlebih dulu ekstensi ini melalui menu add-ons.


Langkah 1

Pertama anda harus membuka browser Firefox terlebih dahulu. Lalu pilih icon Menu di sudut kanan atas. Setelah itu klik pilihan Add-Ons. Atau anda bisa juga langsung menggunakan shortcut Ctrl+Shift+A.

Mencegah facebook mengambil data pengguna

Setelah masuk ke menu add-ons, di sebelah kiri atas layar klik Extensions. Lalu di kolom pencarian di sudut kanan atas masukan keyword Facebook Container.

Mencegah facebook mengambil data pengguna1

Langkah 2

Setelah memasukkan keyword maka ekstensi yang kita cari akan muncul. Pilih ekstensi Facebook container dengan icon gambar pagar berlatar warna pink dan jingga.

Mencegah facebook mengambil data pengguna2
Langkah 3

Mencegah facebook mengambil data pengguna3

Lalu, anda akan masuk ke menu ekstensi Facebook Container. Klik tombol + add to Firefox yang berwarna biru, guys! Disini anda juga bisa menbaca penjelasan mengenai ekstensi ini secara lengkap.


Langkah 4

Mencegah facebook mengambil data pengguna4

Setelah anda memilih +add to Firefox, di sudut kiri atas akan muncul pop-up notification yang meminta ijin untuk menambahkan dan mengaktifkan ekstensi ini di browser anda. Klik saja Add, maka ekstensi ini secara aktif akan bekerja di browser anda.


Akhir Kata

Dengan menggunakan ekstensi ini seakan anda membangun tembok atau batasan agar Facebook tidak mengakses semua riwayat penggunaan Facebook anda. anda bisa mulai mencobanya dari sekarang, agar data anda jadi lebih aman. Jadi tidak perlu pusing harus hapus akun atau tidak, kan?

Related Post