Situs untuk cek artikel plagiat atau original

by

helmy

DAFTAR SITUS PLAGIARSM CEK ARTIKEL HASIL COPAS ATAU ORIGINAL 

Selamat Datang di Blog Orang IT . Jika anda pemilik dari sebuah website kemudian anda berniat membeli beberapa artikel ke jasa penulis atau anda menerima artikel dari penulis tamu yang berkontribusi langsung pastinya anda memerlukan layanan situs plagiarisme checker untuk mengetahui apakah konten yang mereka kirim original atau hasil copy paste dari blog lain . Jika konten tersebut unik google biasanya akan memberikan peringkat lebihpada situs tersebut sementara jika konten mereka copas anda merugi membeli artikel hasil copas atau menerbitkan artikel kontributor yaang meminta imbalan dalam bentuk lain seperti backlink namun artikelnya copas .
Ada banyak dampak negatif jika anda terlalu sering menerbitkan konten hasil copas diblog diantaranya blog akan mendapatkan teguran dari DMCA jika pemilik konten asli menggunggat anda secara hukum digital , blog tidak akan mendapatkan posisi terbaiknya karena konten serupa hanya akan disembunyikan dari halaman penelusuran , anda dirugikan dari segi biaya beli artikel copas atau menerima artikel copas , gak berfaedah dll

Selengkapnya : Melaporkan blog copas kegoogle

Sementara jika anda sendiri seorang penulis konten anda perlu memastikan bahwa artikel yang anda tulis bebas dari plagiat dan bernilai unik , ada beberapa situs check plagiarsm namun saya sudah merangkumnya menjadi beberapa hal yang lebih ringkas

Membuat konten original itu sulit meskipun artikel yang anda tulis murni ditulis dari awal sampai akhir dengan gaya bahasa sendiri namun masih belum bisa dikatakan 100% original bahkan artikel yang ada diblog saya saja yang dicopas blog lain juga masih terdeteksi original konten terlepas dari akurat atau tidaknya setiap situs plagiarsm checker ini bukanlah metrik yang pasti
Tidak bisa dipungkiri bahwa tidak semua artikel bisa kita buat unik meskipun ditulis sendiri terkadang masih ada saja persamaan kalimat dan frasa seperti diblog lain , anda tinggal membalik beberapa kalimat agar berbeda dari yang lain dan mendapatkan skor 100% bagi yang sudah terbiasa tentu saja hal ini mudah
Ada situs plagiars versi gratis dan berbayar semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan , jika plagiat checker versi gratis tidak semua artikel kita dicek hanya beberapa kalimat saja yang diambil jadi hasilnya tidak 100% akurat jika berbayar semua kalimat akan dicek keoriginalan nya
Ada 2 jenis layanan plagia chercker yang biasa digunakan untuk memeriksa konten
1. Alat untuk memeriksa keseluruhan isi blog. Anda hanya perlu memasukkan url blog ke alat online ini untuk memeriksa isi blog milik anda. Apakah bebas dari duplicate content atau ada konten copas yang perlu diperbaiki misal http://helmykkediri.com/artikel.html
2. Alat untuk memeriksa keunikan konten yang akan ditayangkan di blog. Dengan alat ini, anda perlu memasukkan satu per satu konten yang akan ditayangkan. Kalau hasilnya 100% unik, berarti tidak ada masalah.
Berikut daftar situs plagiat checker gratis yang bisa digunakan untuk memindai artikel hasil plagiat atau unik konten
Siteliner berbeda dengan kebanyakan plagiarism checkers tool. Siteliner digunakan untuk memeriksa  duplicate content pada blog atau website yang sudah ada. Kalau anda sudah lama memiliki blog dan sejak dulu tidak biasa menggunakan plagiarism checker, maka anda perlu menggunakan Siteliner mulai dari sekarang , harus memeriksa konten satu per satu artikel yang sudah tayang di blog anda pastinya merepotkan, apalagi kalau blog anda memiliki lebih dari seribu artikel.

Situs untuk cek artikel plagiat atau asli
Karena itu, cara terbaiknya adalah dengan menggunakan Siteliner yang bisa memeriksa keseluruhan isi blog anda dalam sekali waktu. Anda hanya perlu memasukkan url blog anda, klik Go, lalu tunggu hasilnya. Selain memeriksa duplicate content, Siteliner juga bisa memeriksa waktu loading rata-rata, jumlah kata per laman, masalah link yang rusak, internal links, external links, dan inbound links di setiap laman.
Intinya, Siteliner adalah alat yang bagus untuk memeriksa konten dan keunikan blog anda. Dan bagian terbaik dari semuanya: gratis. Anda bisa menggunakan Siteliner kapan pun tanpa bayar dan tanpa membuat akun.
Ringkasnya : Fungsi site liner hanya bisa memeriksa duplikat konten antara halaman blog tersebut misalnya buat artikel A dan kemudian buat artikel B karena konten nya ada kemiripan dibagian selamat datang di blog orang it blablabla maka hal tersebut dianggap plagiat atau jika anda menerapkan pesan pembuka dan penutup yang sama disetiap artikel maka hal itu juga dianggap plagiat .

Menurut saya, Small SEO Tools adalah plagiarism checker gratis paling terkenal di antara plagiarism checker yang paling banyak digunakan dan dipercaya oleh webmater . Sebagai penulis konten, saya menulis untuk beberapa blog milik orang lain, dan mereka selalu menyarankan untuk cek konten yang saya tulis di Small SEO Tools sebelum dikirim.

Situs untuk cek artikel plagiat atau asli1
Teman-teman blogger yang di grup selalu menggunakan Small SEO Tools untuk memeriksa konten yang mereka beli. Penulis konten juga selalu menunjukkan screenshot hasil pemeriksaan artikel dari Small SEO Tools, untuk membuktikan bahwa artikel yang mereka jual unik dan bukan hasil copas. Small SEO Tools sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu memasukkan teks konten ke dalam box yang tersedia, klik Check Plagiarism, lalu tunggu hasilnya.
Setelah itu, anda akan bisa melihat konten anda unik atau tidak. Hasil laporannya juga bisa didownload kalau anda mau.Lewat Small SEO Tools ini, anda juga bisa memeriksa konten dalam bentuk file .docx atau file .txt, serta file konten dari Dropbox dan Google Drive .Jumlah kata maksimal untuk sekali cek adalah seribu kata, tapi setelah itu anda bisa melakukannya lagi berapa kali pun yang anda mau. Selain fitur plagiarism checker, Small SEO Tools juga menyediakan fitur Grammar Checker, Keyword Position, Online Ping Website Tool, Google Page Rank Checker, Article Rewriter, dan masih banyak fitur lainnya. Dengan semua fitur yang tersedia dan mudah digunakan, maka tidak heran kalau Small SEO Tools jadi plagiariasm checker gratis paling populer di seluruh internet.
Meskipun banyak yang menggunakan tapi saya kurang percaya karena artikel yang sudah saya terbitkan tetap saja terdeteksi 100% unik harusnya kan 100% plagiat karena sudah diterbitkan di artikel blog helmykkediri.com
3. Plagiarisme detector
Plagiarism Detector bisa digunakan untuk memeriksa konten bule ataupun konten Indo. Tapi ada limit 1000 kata per search. Wajar, sama seperti Small SEO Tools. Cara kerjanya mudah. Masukkan konten ke text box, klik check plagiarism, lalu tunggu hasilnya. Plagiarism Detector akan menunjukkan keunikan konten anda.

Situs untuk cek artikel plagiat atau asli2
Kalau hasilnya plagiat, anda akan melihat daftar blog yang punya konten serupa.Plagiarism Detector juga akan menunjukkan total kata, total karakter, dan rasio keywords dari konten yang anda periksa.Kekurangan dari Plagiarism Detector adalah hasilnya tidak akurat 100%, dan fitur cek page URL sepertinya tidak berfungsi. Saya coba cek dua konten, artikel bule dan artikel Indo, keduanya adalah konten hasil copas dari blog. Hasilnya: konten bule dinyatakan 100% plagiat, tapi konten Indo hanya 25% plagiat. Padahal dua-duanya sama-sama 100% konten copas.
Cara kerja Dupli Cheker berbeda dengan Small SEO Tools, walaupun intinya sama. Dupli Checker digunakan untuk memeriksa jika ada blog atau website lain yang mempunyai konten sama. Dupli Checker bisa digunakan gratis untuk memeriksa konten artikel, essay, atau tulisan lain dalam bentuk file .docx dan file .txt. Masukkan konten yang ingin diperiksa, kemudian klik check plagiarism. Setelah itu, Dupli Checker akan menunjukkan daftar link website atau page yang memiliki konten serupa dengan konten milik anda.

Situs untuk cek artikel plagiat atau asli4
Anda perlu melakukan sign up untuk membuat akun gratis sebagai pengguna Dupli Checker. Setelah memiliki akun, anda bisa melakukan cek konten gratis sampai 50 konten per hari. Tapi jika tidak memiliki akun, anda hanya bisa melakukan satu kali cek konten gratis per hari. Dupli Checker tidak bisa digunakan untuk cek konten bahasa Indonesia. Saya sudah coba cek artikel copas dari blog Indo milik saya, hasilnya: No plagiarism detected.Padahal jelas-jelas konten yang dicek adalah hasil copas. Sepertinya Dupli Checker tidak mendukung konten bahasa Indonesia.
Cara kerja Solid SEO Tools sangat mirip dengan Small SEO Tools: masukkan teks konten yang akan dipersiksa ke dalam text box yang tersedia, klik Check For Plagiarism, lalu tunggu hasilnya.Solid SEO Tools juga bisa digunakan untuk memeriksa keunikan essay dalam file format .doc, .docx, .pdf, dan .txt. Sedangkan fitur cek Website Link yang disediakan Solid SEO Tools hasilnya kurang efektif. Selain plagiarism checker, Solid SEO Tools menyediakan pula Backlink Checker, Link Analyzer, Alexa Rank Checker, Page Speed Checker, dan masih banyak lagi.

Situs untuk cek artikel plagiat atau asli5
Kelemahan nya saat anda mengecek sebuah URL artikel maka semuanya seperti judul postingan populer diwidget , arsip , link label , related konten juga dihitung misalnya semua judul dari related post juga discan
Tapi ada satu fitur yang tidak saya rekomendasikan, yaitu Article Rewriter.Article Rewriter disebut juga Spinner Tool adalah alat untuk menulis ulang artikel secara otomatis. Dengan cara mengubah kata-kata atau posisi frasa. Alat ini populer di antara blogger yang malas nulis.Article Rewriter sangat tidak direkomendasikan karena hasilnya sangat tidak alami. Kalimatnya menjadi acak-acakkan dan sulit dipahami.
Quetext 100% gratis, tidak ada limit kata, tampilannya simple banget dan mudah digunakan. Tapi, tidak untuk konten bahasa Indonesia. Kalau anda penasaran, lakukanlah uji coba cek dua jenis konten. Satu konten unik hasil tulisan anda sendiri dan satu lagi konten hasil copas dari blog milik orang lain. Masukkan konten yang ingin dicek ke kotak teks yang tersedia, klik Check Plagiarism, lalu tunggu hasilnya.

Situs untuk cek artikel plagiat atau asli7
Quetext tidak saya rekomendasikan karena:– Quetext tidak bisa mendeteksi dan memeriksa konten bahasa Indonesia. Quetext akan tetap menunjukkan hasil No plagiarism detected walaupun konten Indo yang dicek adalah artikel hasil 100% copas.– harus buat akun kalau mau cek konten beberapa kali. Ribet. Bisa sih diakali dengan cara hapus cache atau hapus history browsing, tapi tetap ribet.
PlagiarismChecker.com langsung dihubungkan dengan search engine Google dan Yahoo. Tapi bukan bagian dari perusahaan Google ataupun Yahoo. Anda bisa menggunakan PlagiarismChecker.com gratis berkali-kali setiap hari tanpa harus membuat akun. Tapi karena PlagiarismChecker.com terhubung dengan search engine, maka cara kerjanya juga sama dengan Google dan Yahoo.Artinya, anda hanya bisa memeriksa konten sepanjang 32 kata, sesuai dengan search engine Google’s word limit. Kalau anda ingin melakukan cek konten, masukkan sebanyak 32 kata dari konten anda. Pilih Google atau Yahoo di kotak Search with, lalu klik Search.Kalau konten hasil copas, anda akan langsung diarahkan ke laman Google atau Yahoo. Di sana anda akan bisa melihat daftar blog yang punya konten sama dengan konten milik anda.

Situs untuk cek artikel plagiat atau asli0
Tidak ada yang istimewa dari situs ini sama seperti halnya anda mengetikkan beberapa kalimat dipencarian google , untuk hasilnya sendiri memang bagus dan akurat meskipun terkadang ada banyak situs AGC yang muncul membuat saya sedih
Paper Rater gratis 100%, tapi hasilnya tidak akurat 100%. Saya sudah lakukan uji coba dengan melakukan tiga kali cek konten. Saya masukkan konten ke kotak teks, centang box di samping tulisan “I have read and agree to the terms of service below”, kemudian klik Get Report.Dua konten yang saya cek adalah artikel copas dari dua blog bule milik orang lain.
Hasilnya:– Artikel pertama dinyatakan 32% original, selebihnya adalah plagiat dari blog lain.– Artikel kedua dinyatakan 100% original. Padahal jelas-jelas saya menggunakan artikel 100% copas untuk melakukan uji coba. Harusnya dua konten itu dinyatakan 100% plagiat.Satu lagi konten yang saya cek adalah artikel copas dari blog Indo. Hasilnya: Sorry, but PaperRater’s plagiarism check is not designed for non-English documents. However, if you upgrade to premium, we’ll let you do it anyways!Artinya, Paper Rater tidak bisa digunakan untuk cek konten selain bahasa Inggris, kecuali kalau mau bayar versi premium.Intinya, Paper Rater tidak saya rekomendasikan. Mending gunakan plagiarism checker yang lain aja deh.
Situs untuk cek artikel plagiat atau asli0
 Saya akan meringkas kelebihan dan kekurangan dari Plagiarisma:
Kelebihan:
– Plagiarisma bisa digunakan untuk memeriksa keunikan konten blog, artikel, karya ilmiah, atau tulisan lain.
– Support lebih dari 190 bahasa.
– Support Google, Bing, Goole Scholar, Grammar Check, dan lain-lain.
– Tersedia tiga cara penggunaan: Pertama, masukkan teks konten ke dalam text box. Kedua, enter URL blog atau URL laman yang ingin diperiksa. Ketiga, upload file dokumen dari Google Drive ataupun dari komputer
Kekurangan:
– Harus buat akun via sosial media kalau ingin dapat hasil lebih baik.
– Tidak support bahasa Indonesia, mungkin. Padahal katanya Plagiarisma support lebih dari 190 bahasa.
Seperti biasa, saya lakukan dua kali cek konten hasil copas dari blog, bule dan Indo. Konten bule terdeteksi 0% Unique, tapi konten Indo terdeteksi 100% Unique. Padahal dua-duanya adalah konten hasil copas 100%.
Intinya, kalau anda pemilik blog Indo atau penulis konten Indo, jangan gunakan Plagiarisma.
PlagScan sebenarnya adalah content checker berbayar, tapi menyediakan free trial. Harusnya, free trial ini hanya bisa digunakan sekali, tapi anda bisa mengakalinya kalau mau menggunakan free trial lebih dari sekali. Dengan cara menghapus cache atau history browsing.Saya mengujicoba dengan memeriksa konten copas, bule dan Indo. Hasilnya, konten bule terdeteksi 99% plagiat. Sedangkan konten Indo yang dicek di PlagScan dinyatakan 100% original, walaupun sebenarnya konten itu hasil copas dari blog.Jadi menurut saya, PlagScan tidak bisa digunakan untuk cek konten bahasa Indonesia. Selain itu, PlagScan merepotkan walaupun memiliki banyak fitur.

Related Post