5 Aplikasi Cek Resi Terbaik untuk Melacak Paket Pesananmu

by

helmy

Blog Orang IT – Dalam dunia ekspedisi, resi merupakan nomor bukti pengiriman dari ekspedisi yang mengirimkannya. Selain itu, nomor resi juga bisa dibilang sebagai nomor pelacakan, karena bisa digunakan untuk melacak lokasi paket. Pelacakan tersebut bisa digunakan lewat aplikasi maupun situs web. Sekarang, kami akan menjelaskan tentang beberapa aplikasi cek resi terbaik untuk platform android.

Meskipun pelacakan tersebut bisa dilakukan lewat situs web seperti cekresi.com, pluginongkoskirim.com, berdu.id, dan masih banyak lagi. Tapi akan lebih efisien dan terasa mudah jika melakukannya langsung lewat aplikasi di smartphone. Semua aplikasi cek resi yang saya jelaskan sudah dinilai berdasarkan beberapa hal. Diantaranya adalah jumlah unduhan, rating dan juga jumlah ulasan.

Karena itulah, berikut kami jabarkan deretan aplikasi cek resi terbaik di smartphone android.

1. Cek Resi dan Ongkir Kiriman

Cek Resi dan Ongkir Kiriman

Pertama adalah aplikasi besutan dari developer Ayiip yang diluncurkan 16 Mei 2016 lalu. Aplikasi ini memiliki rating yang baik, dan jumlah unduhan cukup banyak di Play Store. Jumlah unduhan lebih dari satu juta, dengan rating 4,2 dan mendapat lebih dari 34 ribu ulasan. 

Dengan aplikasi ini, kamu bisa melacak resi dari berbagai perusahaan ekspedisi. Ada sekitar 30 ekspedisi yang nomor resinya bisa dilacak menggunakan aplikasi ini. 

Diantaranya adalah JNE, J&T Ekspress, SiCepat, ID Ekspress, Tiki, Pos Indonesia, Ninja Ekspress, Anteraja, Indah Logistik, China Post, JET Ekspress, RPX, dan masih banyak lagi. Selain itu, aplikasi ini juga bisa melacak layanan pengiriman paket dari marketplace Shopee dan Lazada, termasuk Shopee Xpress dan Lazada Ekspress.

Selain untuk melacak resi, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengecek ongkos kirim dari beberapa layanan ekspedisi, mulai JNE, Tiki, Wahana, Wahana, SiCepat, Pos Indonesia, J&T, JET, REX, First, dan yang terakhir Lion Parcel.

URL> https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ayiip.cekresi

2. Cariresi – Cek Resi Dalam Satu Aplikasi

Cariresi - Cek Resi Dalam Satu Aplikasi

Meskipun jasa ekspedisi yang bisa dilacak jumlahnya lebih sedikit daripada dari aplikasi sebelumnya, tapi aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan yang siginifikan. Pertama adalah karena desain tampilan/UI yang sangat keren. Kemudian, Cariresi juga menyediakan mode malam di aplikasinya. Hal itu membuat aplikasi ini memiliki nilai tambah yang terlihat lebih baik.

Di Play Store sendiri, aplikasi ini sudah memiliki jumlah unduhan lebih dari 100 ribu sejak diluncurkan pada 15 Desember 2019 lalu. Selain itu, rating dari Cariresi juga cukup baik. Dengan lebih dari 5 ribu ulasan, aplikasi ini mendapatkan rating 4,7. 

Seperti yang saya katakan tadi, jasa pengiriman yang bisa dilacak menggunakan aplikasi ini lebih sedikit daripada aplikasi sebelumnya. Hanya sekitar 20 jasa ekspedisi saja. Diantaranya termasuk JNE, Anteraja, J&T, SiCepat, IDE, SPX, Tiki, Lion Parcel, J-Ekspress, Wahana, Indah logistik, Ninja Xpress, Pos Indonesia, RPX, REX, SAP, PCP, DSE, First Logistics, dan IDL Cargo. Tapi, pihak Cariresi mengatakan bahwa Shopee Xpress tidak disupport lagi.

Selain menggunakan kode, aplikasi ini juga menyediakan fitur pelacakan lewat Scan Barcode dan QR Code. Hal itu tentu saja sangat memudahkan penggunanya. Cariresi juga menyediakan informasi kontak jasa ekspedisi jika saja kamu mau melaporkan keluhan.

URL: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.iglos.cariresi

3. Cek Resi (Parcel Tracker)

Cek Resi (Parcel Tracker)

Nah kalau yang ini hanya khusus untuk cek resi saja, tidak bisa digunakan cek ongkir. Di Play Store, aplikasi ini bernama “Cek Resi – J&T, Ninjavan, Lion, JET, SiCepat, Tiki”. Tapi saat sudah di instal namanya berubah menjadi “Parcel Tracker”.

Selain melacak paket lewat no resi, aplikasi ini juga bisa melacak pesanan lewat scan. Beberapa jasa kirim yang bisa di lacak menggunakan Parcel Tracker ini adalah J&T Express, Lion Parcel, JET Express, Tiki, RPX Indonesia, Ninjavan Indonesia, Shopee Xpress Indonesia, ID Express, Wahana, SiCepat, KGP, First Logistics, RAW Express Manado, DHL Indonesia, UPS Indonesia, FedEx Indonesia, Aramex Indonesia, Anteraja, Penandaan otomatis, dan Paket China.

Sedikit informasi mengenai aplikasi ini. Parcel Tracker di rilis pada 3 Oktober 2017 oleh Tracking Labs. Aplikasi ini juga memiliki rating yang cukup baik di Play Store, yaitu 4,7 dengan lebih dari 33 ribu ulasan. Selain itu, Parcel Tracker juga sudah di download lebih dari 1 juta kali.

4. RajaOngkir – Ongkos Kirim Lengkap dan Cek Resi

RajaOngkir - Ongkos Kirim Lengkap dan Cek Resi

Tidak hanya untuk mengecek ongkos kirim, RajaOngkir juga bisa digunakan untuk melacak paket. Meskipun sistem pelacakannya kurang akurat karena sering terlambat ter-update. Tapi, fitur cek ongkos kirim aplikasi ini patut diacungi jempol. Karena, kamu bisa mengecek ongkir dari 30 lebih jasa kirim. Selain itu, kamu juga bisa cek ongkir untuk pengiriman Internasional.

Ada sekitar 30 jasa kirim yang bisa di lacak resinya lewat aplikasi RajaOngkir ini. Diantaranya adalah Pos, Wahana, Tiki, JNE, J&T, Lion, Ninja, NSS, IDL, SLIS, POP, RCL, EXAC, REX, ZONA, ALFA, NCS, IDE, Anteraja, SIAP, TrawlBens, Sentral, Dakota, RPX, SAP, SiCepat, PCP, JET, DSE, dan FIRST.

Aplikasi RajaOngkir sudah dirilis cukup lama sekitar 7 tahun yang lalu, tepatnya pada 28 Februari 2014. Meskipun begitu, sampai sekarang hanya mendapatkan total unduhan 1 jt+ saja. Jumlah tersebut hampir sama dengan aplikasi cek resi lain yang diluncurkan baru-baru ini seperti Parcel Tracker. Soal rating, RajaOngkir memperoleh rating 4,4 dengan lebih dari 19 ribu ulasan.

Baca juga: Rekomendasi aplikasi edit video terbaik

5. Cek Resi dan Ongkos Kirim

Aplikasi cek resi terbaik yang terakhir adalah “Cek Resi dan Ongkos Kirim” dari Azkidev. Sama seperti Cariresi yang saya sebutkan di atas, aplikasi ini juga memiliki tampilan yang cukup menarik. Selain itu, pihak pengembang juga mennambahkan mode malam pada aplikasi ini.

Sepertinya, nama dari aplikasi ini secara tidak langsung sudah mempresentasikan fungsi dari aplikasi ini. Untuk pengecekan resi, aplikasi hanya bisa melacak paket dari 9 layanan jasa kirim saja. Diantaranya adalah JNE Express, J&T Express, POS Indonesia, TIKI, SiCepat, WAHANA, INDAH, Ninja Express, dan Lion Parcel. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung pelacakan melalui scan Barcode.

Sedikit informasi mengenai data aplikasi ini di Play Store. “Cek Resi dan Ongkos Kirim” dirilis pada tanggal 16 Oktober 2018 oleh AzkiDev. Saat ini, aplikasi ini sudah di download lebih dari 100 ribu kali. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki rating 4,3 dari total 15 ribu lebih ulasan pengguna.

 URL : https://apkcombo.com/developer/AzkiDev/

Demikianlah artikel mengenai aplikasi cek resi terbaik untuk android. Meskipun cek resi lewat aplikasi lebih mudah dan efisien, tapi beberapa aplikasi mungkin saja mengalami keterlambatan dalam update lokasi paket. Karena itulah, mengecek resi lewat situs web menjadi pilihan terbaik, karena lebih akurat.

Meskipun begitu, sepertinya cara pengecekan resi secara manual akan mulai ditinggalkan. Karena, saat ini, banyak orang berbelanja di marketplace. Dan semua marketplace saat ini pasti sudah menyediakan pengecekan resi/tracking barang secara otomatis yang akan langsung memberitahu lokasi pesanan paket anda saat ini.

www,helmykediricom

Related Post