18 Rekomendasi situs belajar pemrograman HTML, CSS, Javascript terbaik

by

helmy

Blog Orang IT – Pekerjaan sebagai programmer dan developer website akhir-akhir ini menjadi sangat populer. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya perusahaan yang menyadari perlunya website untuk pengembangan bisnis mereka.

Lantaran kebutuhan yang tinggi, profesi programmer atau developer website kini menjanjikan penghasilan tinggi.

Kebanyakan lulusan IT saat ini tidak menguasai coding dan kemampuan mereka dalam dunia pemrograman sangat rendah, itulah sebabnya beberapa perusahaan merekrut programer dengan mengabaikan latarbelakang title ijasah dan lebih fokus pada skill individu

Rekomendasi situs belajar pemrograman

Seperti diketahui, programmer website dituntut memiliki kemampuan mumpuni mengenai teknik pengkodean (coding) berbasis bahasa pemrograman HTML, CSS, maupun JavaScript.

Bagi Anda yang belum memiliki dasar tersebut, atau ingin mendalami bahasa pemrograman berupa HTML, CSS dan JavaScript, bisa mempelajarinya secara online di situs-situs berikut.

1. W3Schools

Daftar situs yang pertama ini menyediakan tutorial coding, resource, dan studi kasus. W3Schools menyediakan banyak opsi bahasa pemrograman website, mulai dari HTML, CSS, JavaScript, SQL dan PHP, Phyton dan Java, C++ serta C#.

Program pembelajaran dimulai dari mengikuti kuis untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman peserta tentang materi yang akan dipelajari. Hal ini akan membantu dalam menentukan awal pembelajaran.

2. BitDegree

Situs ini menawarkan pembelajaran pemrograman secara gratis. Selain pemrograman website, situs ini turut menyediakan materi tentang pengembangan (development) game.

Pilihan bahasa pemrograman yang dijadikan sebagai materi pembelajaran utama adalah HTML, CSS, PHP, JavaScript, SQL, dan JQuery.

Ada dua metode pembelajaran utama yang ditawarkan oleh BitDegree yakni, pembelajaran online standar dan gamifikasi. Untuk metode terakhir, prosesnya berlangsung interaktif agar peserta bisa mengikutinya sesuai keinginan yang dicapai.

3. Coursera

Coursera menggandeng sejumlah kampus ternama untuk menghadirkan tutor berpengalaman. Situs ini menyediakan tutorial, resource coding serta menawarkan pengalaman belajar yang nyaman dan mudah. 

Setiap program pembelajaran di situs ini tersedia secara gratis. Namun jika ingin mendapatkan sertifikat, peserta harus mengeluarkan biaya tambahan. 

Beberapa materi kursus bahasa pemrograman yang bisa dipelajari di sini adalah Phyton, Java, HTML dan CSS.

4. Code Academy

Satu lagi situs belajar coding gratis adalah Code Academy. Situs belajar coding telah diikuti lebih dari 24 juta peserta.

Di sini peserta mempelajari berbagai topik kursus pemrograman dasar sampai tingkat lanjut. Metode pembelajaran yang ditawarkan interaktif, Sehingga peserta bisa langsung mengaplikasikannya.

Sejumlah bahasa pemrograman yang dapat dipelajari dengan total durasi kursus lebih dari 300 jam di code Academy adalah JavaScript, HTML, CSS, JQuery, PHP, Python dan Ruby. 

5. edX

Pembelajaran online yang satu ini telah diikuti lebih dari 5 juta peserta. Website ini tidak hanya mempelajari seputar pemrograman, namun juga computer science.

Tutorial yang bisa dipelajari di situs ini meliputi bahasa pemrograman HTML, CSS, Java, JQuery, Python, C++, C#, SQL dan mobile app development.

Baca juga: Daftar bahasa pemrograman paling dibutuhkan

6. Khan Academy

Khan Academy adalah tempat kursus online yang ideal untuk mengembangkan pengetahuan coding. Kursus yang tersedia di situs ini meliputi dasar-dasar pemrograman komputer sampai tingkat lanjut.

Seluruh materi diajarkan oleh ahli. Peserta juga bisa membagikan pengalaman selama mengikuti kursus.

Kursus bahasa pemrograman yang bisa dipilih di situs ini adalah HTML, CSS, dan JavaScript.

7. Code Wars

Codewars memiliki keunikan dalam hal metode pembelajaran. Dalam mengajarkan bahasa pemrograman situs pembelajaran online ini menggunakan metode tantangan.

Metode tersebut terinspirasi dari seni bela diri yang tujuannya mempertajam skill yang telah dimiliki atau memotivasi pemula. Peserta diharuskan mampu melalui satu tantangan untuk meningkat ke tantangan berikutnya.

Setiap tantangan memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Sehingga, dengan metode tersebut peserta bisa melihat perbandingan di tiap tantangannya agar mudah untuk mencari solusi ketika nantinya menangani suatu masalah pemrograman.

Di sini peserta bisa mempelajari bahasa pemrograman Java, JavaScript, Python, SQL dan lain-lain. 

8. code.org

code.org menjadikan pemrograman sebagai kurikulum pendidikan umum. Situs belajar coding online gratis ini menyediakan metode pembelajaran yang bebas dipilih oleh peserta.

Peserta dapat memilih tutorial berdurasi 1 jam atau pembelajaran secara terstruktur.

code.org mengkategorikan peserta dalam beberapa level atau tingkatan berdasarkan usia. mulai dari usia 5 tahun, 6-12 tahun sampai universitas. 

9. Udemy

Portal pembelajaran online yang satu ini menyediakan ribuan kursus gratis dan berbayar. Udemy kerap memberikan kupon potongan harga atau versi gratis dari kursus berbayar.

Materi kursus yang bisa dipelajari di Udemy antara lain, pengembangan web, situs e-commerce, aplikasi seluler, dan pengembangan game serta bahasa pemrograman.

10. Dash General Assembly

Kursus online gratis selanjutnya adalah Dash. Di situs ini peserta bisa mempelajari HTML5, CSS3, dan JavaScript. Peserta juga bisa mempelajari cara kerja bahasa pemrograman untuk membangun website modern.

11. Free Code Camp

Free code camp adalah sebuah website yang menawarkan komunikasi reallife seputar pembelajaran bahasa pemrograman. Pada situs ini, peserta bisa mempelajari coding dan berpartisipasi dalam berbagai challenge (tantangan).

Para pesertanya akan mendapat akses ke tutorial dan kursus pemrograman untuk menyelesaikan tantangan. Beberapa bahasa pemrograman yang dipelajari di situs ini antara lain, HTML5, CSS3, JavaScript, React.js dan database. 

12. Code Conquest

Code Conquest merupakan tempat ideal untuk belajar coding online secara gratis. Situs ini akan membantu peserta mempelajari baris kode pemrograman dari dasar.

Bahasa pemrograman yang bisa dipelajari di situs ini adalah HTML, CSS, JavaScript, PHP, Phyton, dan MySQL.

Peserta yang telah menyelesaikan pembelajaran direkomendasi memperpanjang pembelajarannya menggunakan tools dan platform berbeda.

13. MIT Open Courseware

Open courseware initiative menyediakan kursus online untuk undergraduate dan graduate MIT. Di situs ini, peserta kursus bisa mengakses dan memperoleh pendidikan setingkat MIT. 

Di sini peserta bisa mengikuti kursus bahasa pemrograman seperti Phyton, C dan Java.

Baca juga: Alasan mahasiswa IT goblok coding

14. The Odin Project

The Odin Project bisa dimanfaatkan untuk mempelajari pengembangan website online secara gratis. Satu di antara keunggulannya yakni menawarkan materi yang dirangkum dari berbagai sumber terbaik.

Di website ini peserta bisa mempelajari bahasa pemrograman HTML, CSS, JavaScript dan database.

15. Hackr.io

hackr.io menyediakan pilihan kursus online yang sesuai dengan keinginan mulai dari tingkat pemula hingga menengah. Di situs ini peserta juga bisa memilih bahasa pengantar pembelajaran.

Peserta dapat memilih belajar bahasa pemrograman Python, JavaScript, Java, Android development, PHP dan lainnya secara gratis atau premium.

16. Bento.io

Halaman situs bento.io menyediakan semua teknik coding yang bisa leluasa dipilih untuk dipelajari. Peserta kursus juga dapat memilih tes yang diminati.

Situs ini menawarkan fasilitas membuat rencana pembelajaran. Tujuannya agar peserta bisa memperkirakan durasi yang dibutuhkan dalam mempelajari sebuah materi.

Materi kursus yang bisa dipelajari di situs ini adalah HTML, JavaScript, Python, dan SQL.

17. Code Avengers

Code Avengers memberlakukan metode pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Beragam kursus online yang bisa dipelajari yakni coding website, aplikasi serta membangun game atau game development.

Penyelesaian materi pembelajaran dibatasi sampai dengan 12 jam. Materi-materi khusus bahasa pemrograman yang ditawarkan Code Avengers adalah HTML, CSS, Phython, dan JavaScript.

Untuk biaya kursus, Code Avengers menyediakan layanan trial gratis selama 7 hari. 

18. Solo Learn

Solo Learn merupakan website pelatihan bahasa pemrograman yang mobile friendly. Website ini juga memuat halaman berbagi kode pemrograman yang sekaligus bisa dimanfaatkan untuk berdiskusi tentang pemrograman web.

Materi-materi pelatihan yang disediakan Solo Learn antara lain, HTML, CSS, PHP, SQL, JavaScript, Python, C dan C ++.

Mempelajari bahasa pemrograman website kebanyakan tidak gratis. Untuk dapat menguasainya pun membutuhkan proses yang panjang.

Kursus pemrograman website secara online dan berbayar tetap menjadi pilihan terbaik. Daftar situs yang menyediakan pembelajaran secara gratis seperti diulas di atas bisa dijadikan sebagai alternatif yang ideal.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menentukan situs belajar HTML, CSS, dan JavaScript.

www..helmykediri.com

Related Post