Cara buat akun sosial media bernilai agar laku dijual

by

helmy

Cara Membuat Akun  Email (Gmail) 

1. Buka browser PC/HP anda, bisa menggunakan Chrome, Mozilla, atau browser yang biasa anda pakai.  

2. Lalu ketikkan gmail.com pada laman browser anda lalu tekan enter.  

3. Jika sudah sampai terbuka laman gmail.com, lalu klik “Buat Akun”  

4. Setelah itu akan muncul pilihan “Untuk diri sendiri”, “Untuk Keluarga” dan “Untuk mengelola bisnis saya”, lalu klik atau pilih “Untuk diri sendiri” 

5. Setelah itu kita diperintahkan mengisi data pribadi, seperti tanggal lahir, email pemulihan, password dll : 

6. Jangan lupa, ketika selesai isi data dan klik/pilih “daftar” nanti akan muncul “pop-up” save password maka klik “save”. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses login selanjutnya tetapi kalau anda menggunakan PC publik sebaiknya tidak disimpan user passwordnya di browser untuk menghindari penyalahgunaaan akun

Buat Akun Publik  

Untuk penamaan akun publik kita, pastikan nama yang kita buat adalah hasil riset yang baik dan benar bukan asal buat. Agar akun kita mudah dikenal dan diingat oleh calon follower kita. Berikut cara riset yang baik dan benar : 

1. Disini kita bisa menggunakan aplikasi yang sudah ada di Playstore dan Appstore. Nama aplikasinya “In Tags”. Silahkan cari dan download. 

apk pencari tag

2. Jika sudah didownload, silahkan buka Aplikasinya.  
3. Lalu klik pada kolom search aplikasi “In Tags” sesuai kata kunci yang kita mau. Disini baiknya gunakan kata kunci yang sangat relevan. Misal teman-teman mau buat akun publik Tips Parenting. Nah teman-teman bisa langsung search dikolom aplikasi “In Tags” dengan kata kunci Tips Parenting.  
memilih tag

4. Nanti akan muncul beberapa Hashtag dan keterangan popularitas dari Hashtag tersebut. 
5. Pastikan cari Hashtag yang populer untuk dijadikan username. Namun hashtag popular rata-rata sudah digunakan untuk dijadikan username. Nah disini ada tips yaitu cari beberapa hashtag popular 3-5 Hashtag atau lebih, lalu gabungkan beberapa hashtag tersebut untuk dijadikan username. Disini kreatifitas kita ditantang. Ketika sudah ketemu langsung amankan. 
 
Note : Disini perlu ditekankan untuk menghindari penggunaan (.) titik, (,) koma, atau (_) underscore pada username akun public kita, karena hal tersebut bisa saja malah mempersulit calon follower untuk mencari akun kita. Jika memang terpaksa sebaiknya menggunakan (_) underscore diakhir username, jangan ditengah ataupun diawal username. 

Membuat Bio Akun Publik 

Bio di Instagram pada dasarnya adalah digunakan untuk memperkenalkan siapa kita dan apa tujuan akun kita. Misal akun publik kita bertemakan “Tips Parenting” bisa kita jelaskan di Bio kita dengan kalimat yang menarik, Misal : “Dapatkan update Tips Parenting terbaru setiap hari”. 
 
Jangan lupa juga di Bio akun publik kita, beri kalimat ajakan untuk Follow. Misal : “Bantu mimin untuk tembus 10K dengan cara follow 
akun ini” 
 
Ataupun bisa diisi dengan kreatifitas kita sebagai tuan dari akun tersebut. Intinya kenalkan akun kita dengan baik dan selalu isi dengan kalimat ajakan untuk follow. 

Tips Tambahan (Buat Akun Publik) 

Follow akun-akun yang setipe dengan akun kita, missal kita lagi bangun akun Niche “Tips Parenting”. Cari juga akun-akun yang satu tipe/niche dengan akun kita. Tujuanya adalah untuk selalu memantau (spy) konten-konten viral diakun tetangga yang bisa kita duplikasi atau kita kembangkan dengan gaya bermain kita. Karena bisa jadi viral diakun tetangga, ketika kita upload ulang jadi lebih viral dan meledak diakun kita. 
1. Kita bisa cari konten viral berdasarkan hashtag atau hasil dari explore instagram. Untuk kali ini kita riset konten menggunakan hashtag. 
2. Cari hashtag di Instagram, misal “Tips Parenting”. Nah klik atau pilih hashtag tersebut dan cek mana saja konten yang sedang viral dan cari konten yang belum lama dipost tapi jumlah view (jika video) atau Like/Love (Jika konten gambar) itu tinggi.  
3. Posting hasil riset kita segera. 
4. Untuk aplikasi download konten instagram, pengguna HP bisa menggunakan aplikasi “Video Downloader – Unduh Video Instagram” By InShot Inc. 
apk download video

5. Dan untuk pengguna PC atau Laptop bisa menggunakan website : savefrom.net 

Materi Caption 

Untuk caption sendiri amatlah penting dalam suatu konten, karena dari caption lah audience paham dan tau apa isi dari konten yang akan ditonton nantinya. Nah disini sebisa mungkin buatlah caption yang Menarik, Sedikit Kontroversi, dan Membingungkan audience. Jadi semakin menarik dan  membingungan akan membuat audience atau calon follower kita semakin penasaran dengan isi dan maksud dari konten yang kita posting. Terkadang gambar biasa saja pun bisa viral hanya bermodalkan caption yang menarik. #Materi Riset Hashtag 
1. Carilah hashtag yang relevan dengan akun kita, misal akun kita tentang “Tips Parenting” maka carilah hashtag yang relevan. Contoh #tipsparenting #mengasuhanak dll. 
2. Gunakan hashtag paling popular, cari sampai 29 hashtag dan sisakan 1 slot untuk kita isi dengan hashtag nama akun kita. Misal nama akun publik kita “Tips Parenting” jadi gunakan hashtag #tipsparenting. Hal ini berguna untuk menaikan hashtag tersebut dan menjadikanya popular di Instagram.   
3. Selalu update per 2 minggu sekali, dan explore hashtag yang lainya.  
4. Untuk explore hashtag bisa juga menggunakan aplikasi “In Tags” pilih/klik menu “Pembangkit”. Masukan hashtag yang mau kita explore, bisa sampai 6 hashtag. Misal Misal #tipsparenting #mengasuhanak #anakindonesia #ilmumengasuh #orangtuapintar. 
Setelah itu kita klik/pilih hasilkan, setelah itu nanti aplikasi “In Tags” akan memunculkan hasil explore hashtag dari 6 hashtag tadi. Silahkan cari yang popular dan yang ingin kita gunakan. Untuk lebih jelas silahkan cek gambar berikut :

riset hastag

Materi Cara Baca Insight 

Insight disini berguna untuk kita melihat perkembangan akun kita. Jadi kita tau apa yang harus dilakukan ke depan nya terhadap akun yang sedang kita bangun. Ada beberapa data yang perlu kita pantau selalu, diantaranya : 
 
1. Kunjungan/Profil Visit, data ini menampilkan berapa banyak audience yang datang untuk berkunjung ke akun kita. Semakin banyak yang berkunjung maka semakin bagus dan menarik akun kita dimata audience. Biasanya semakin banyak kunjungan akan berdampak pada semakin banyaknya follower yang bertambah. Contoh tampilan menu Insight (Jangkauan) : 
engagement sosmed

2. Jangkauan/Reach, data ini menunjukan seberapa banyak akun kita menjangkau audiences di Instagram. Semakin tinggi jangkauan biasanya adalah efek dari konten kita yang viral. 

engagement sosmed2

3. Impresi, data ini untuk mengukur seberapa banyak audiences melihat konten kita. Misal akun kita menjangkau 1.000 audiences dan impresi kita 2.000. Berarti per 1 audiences melihat akun/postingan kita sebanyak 2 kali. Rumusnya (Impresi : Jangkauan = hasil berapa kali dilihat). 

engagement sosmed3

Untuk Insight : Beranda, Tagar, Jelajah, dan Lainya. Ini bisa dilihat pada Insight Postingan kita 
*Untuk lebih jelasnya simak gambar berikut : 
engagement sosmed4
*Ini bisa diakses ketika akun sudah dialihkan menjadi akun bisnis 
Silahkan pilih/klik “Lihat Insight” 
 
4. Beranda/Home, data ini menunjukan berapa besar audiences yang melihat konten kita. Biasanya data yang dihasilkan pada Insight Beranda/Home adalah hasil dari follower aktif kita yang melihat konten kita diberanda Instagram mereka. 
engagement sosmed6

5. Tagar/Hashtag, seperti namanya data ini menunjukan darimana datangnya audience berdasarkan dari hashtag yang kita gunakan pada postingan kita

6. Jelajah/Explore, data ini menunjukan darimana datangnya audience. Explore adalah hasil dari viralnya konten kita dan instagram biasanya akan memboosting konten kita ke audience baik yang sudah follow akun kita maupun belum mem-follow.

7. Lainya/Others, data ini biasanya menunjukan darimana datangnya audience ke akun kita. Biasanya ini datang dari follower ataupun non follower kita yang mengirimkan konten kita by DM ke sesama pengguna instagram atau mengirimkan konten kita ke story mereka.  

www,,helmykediricomn

Related Post