70+ tools seo terbaik dan gratis

by

helmy

DAFTAR TOOLS SEO GRATIS DAN TERBAIK REKOMENDASI PAKAR SEO

70+ tools seo terbaik dan gratis

Selamat Datang di Blog Orang IT . Postingan ini hanyalah untuk backup pribadi mengenai daftar tools seo online gratis untuk mengoptimalkan pekerjaan sebagai seorang blogger agar lebih cepat dan praktis sekaligus bagi anda yang membutuhkan beberapa refferensi alat seo gratisan demi memaksimalkan ranking blog dihalaman mesin pencari dan meningkatkan visitor blog sayang sekali untuk melewatkan membaca artikel yang saya buat ini
Ada lebih dari 50 alat seo yang direkomendasikan oleh situs Blog Orang IT kemudian saya membaginya kedalam 3 kategori yaitu :
  • 15 alat seo gratis terpopuler
  • 38 alat seo gratis kurang terkenal
  • 19 free dengan fitur premium
  • Sisanya alat seo favorit yang biasa digunakan

 15 alat seo gratis terpopuler

Meskipun tools ini gratis bukan berarti mereka tidak berguna sebaliknya layanan seo gratis ini banyak digunakan oleh para webmaster diluaran sana termasuk saya dalam hal memudahkan aktivitas ngeblog
Answer the public :  fitur google auto complete untuk mengungkap pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh orang-orang lewat database google
UberSuggestMenemukan ratusan kata kunci lengkap dengan volume pencarian, BPK, dan metrik persaingan dari kata kunci utama. Tidak perlu mendaftar dan semua kata kunci dapat diekspor ke file CSV.
– Soovle Scrape Google, Bing, Yahoo, Wikipedia, Amazon, YouTube, dan Answers.com untuk menghasilkan ratusan ide kata kunci dari kata kunci utama. Alat yang sangat hebat, meski UI nya sangat sederhana ( saya pakai )
– Editor Hemingway – Meningkatkan kualitas tulisan Anda dengan menyoroti kalimat yang sulit dibaca, kata-kata “lemah”, dan sebagainya. Sangat berguna bagi blogger sayangnya hanya untuk artikel bahasa ingris

Editor Hemingway

– Chrome developer tools – alat debugging halaman web Google Chrome yang built-in. Gunakan untuk debug masalah pagespeed, meningkatkan kinerja rendering halaman web, dan banyak lagi. Dari sudut pandang teknis SEO
– Beam Us Up – Perayapan perangkat lunak SEO. Alternatif gratis yang bagus untuk Screaming Frog. Terintegrasi dengan Excel dan Google Drive. Hanya tersedia untuk Windows
– Google Tools : Cari dan teliti kata kunci (Keyword Planner) , kenali tren (GoogleTren). Identifikasi dan perbaiki masalah situs web (Alat Webmaster). Analisis berapa banyak orang yang mengunjungi situs web Anda, siapa mereka, dan dari mana asalnya (GoogleAnalytics). Kumpulkan dan analisis semua jenis data terkait SEO (GoogleSpreadsheet).
– Bing Webmaster Tools – rangkaian alat resmi Bing untuk webmaster. Sangat mirip dengan Google Webmaster Tools. Tambahkan peta situs, identifikasi masalah dengan halaman web, dll.

– Yandex Metrica – 100% perangkat lunak analisis web gratis. Termasuk peta situs, form analytics, session reply, dan banyak fitur lain yang biasanya tidak Anda lihat di alat gratis. 

30 alat seo gratis kurang terkenal

Beberapa tools seo gratis ini memang kurang terkenal karena kebanyakan webmaster hanya bergantung pada alat seo all in one premium namun khusus bagi pengguna gratisan beberapa tools pendukung seo ini bisa melengkapi optimasi anda
Mixer Kata Kunci – Kombinasikan kata kunci yang ada dengan berbagai cara untuk mencoba dan menemukan alternatif yang lebih baik. Juga berguna untuk menghapus duplikat dari daftar kata kunci Anda. ( saya pakai )

Catatan: MergeWords melakukan (hampir) pekerjaan yang persis sama meskipun dengan UI bersih. Namun, tidak ada pilihan untuk menghilangkan duplikat daftar. Biasanya para pemain blog wallpaper menggunakan cara ini untuk menghilangkan duplikat title pada gambar mereka

Mixer Kata Kunci
Keyword shitter – Menghasilkan ratusan dan ribuan saran kata kunci dari kata kunci yang Anda cari. Anda juga dapat mendownload semua saran kata kunci ke file .txt dalam sekali klik (tidak diperlukan pendaftaran).lalu menghilangkan duplikat keyword dengan bantuan keyword mixer atau langsung memasukkannya ke list tools keyword everywhere untuk mulai riset kata kunci ( saya pakai )

Keyword shitter

LSIgraph – Generator kata kunci Latent Semantic Indexing (LSI). Masukkan kata kunci benih, dan ini akan menghasilkan daftar kata kunci LSI (yaitu kata kunci dan topik yang dimaksud dengan kata kunci benih anda). TextOptimizer adalah alat yang sangat mirip yang sedang mengerjakan pekerjaan yang kira-kira sama.
SERP keyword research – Menemukan ribuan kata kunci dalam hitungan detik. Ini juga memberi Anda kemampuan untuk memfilter kata kunci tersebut dan mengekspornya ke file CSV (tidak diperlukan pendaftaran).
Small seo tools plagiars checker – Mendeteksi plagiarisme dengan memindai miliaran dokumen di seluruh web. Berguna untuk menemukan mereka yang telah mencuri / menyalin karya Anda tanpa atribusi.

Small seo tools plagiars checker
Google SERP Snippet – Mengidentifikasi masalah pemotongan dengan judul dan deskripsi meta. Juga menghasilkan pratinjau langsung tentang bagaimana halaman web Anda saat ini muncul di hasil pencarian Google
Catatan: CoSchedule’s Headline Analyzer juga menunjukkan bagaimana tag judul Anda terlihat di SERPs, plus memberi saran tentang cara memperbaikinya dan mendapatkan lebih banyak klik.

Google SERP Snippet
Bulk Webpage Word Counter (dengan Alat Review SEO) – Jumlah kata cek massal hingga maksimal 10 URL.
SEO Hero – Menemukan semua konsep, entitas dan N-Gram yang terkait dengan topik atau kata kunci Anda. Atau, dalam bahasa Inggris sederhana, ini mengungkap “Kata Kunci LSI” yang dapat Anda tambahkan ke konten Anda untuk meningkatkan relevansi.
RankTank.org – Open source “DIY” alat SEO yang ada di Google Spreadsheet.
iSearchFrom.com – Meniru pencarian Google menggunakan lokasi, perangkat, atau bahasa apa pun. Anda dapat menyesuaikan semuanya dari setelan TelusurAman ke penelusuran hasil personalisasi.
Delim.co – Mengkonversi daftar koma-delimited (yaitu CSV) dalam hitungan detik. Belum tentu alat SEO tapi pasti sangat berguna untuk banyak tugas yang berhubungan dengan SEO.
Drop My Link – Menggabungkan kata kunci Anda dengan operator pencarian Google yang canggih untuk menemukan peluang membangun tautan. Sangat berguna untuk menemukan peluang posting tamu, link / resource pages, link roundups, dll. ( saya pakai )
Keyworddit – Ekstrak kata kunci dan frase yang paling sering digunakan dari subreddit manapun. Ini juga memberikan volume pencarian bulanan untuk setiap kata kunci.
Sitecost ? – Memberitahu Anda berapa harganya setiap kunjungan visitor ke situs web Anda di jaringan seluler di seluruh dunia berdasarkan negaranya. Sangat berwawasan untuk orang yang terbiasa dengan penjelajahan web unlimited 50mbps + 4G
Keep Valid Valid SEO Tool – Memeriksa apakah sebuah situs web (atau daftar situs web) mendukung koneksi yang sangat cepat. Kebanyakan orang menggunakan koneksi yang super cepat dan terkadang sebuah website gagal dimuat sepenuhnya karena hal itu
Iam responsive ? – Cek seberapa responsive situs web anda dengan menunjukkan tampilannya pada desktop, laptop, tablet, dan ponsel.

Iam responsive ?
HEADMasterSEO – Kode status massal sederhana (misalnya 200, 301, 404, dll.) Dan pemeriksa ulang. Juga periksa waktu respon, header respon, dan bidang header HTTP (X-Robots-Tag, Link, Vary). Termasuk penyaringan dan sekumpulan fitur canggih lainnya.
SERPLab – pemeriksa peringkat Google gratis. Pembaruan hingga 50 kata kunci setiap 24 jam sekali (server mengizinkan). ( saya pakai )
Varvy – Memeriksa apakah sebuah halaman web mengikuti panduan Google. Jika situs web Anda gagal, ini memberi tahu Anda apa yang perlu diperbaiki. ( saya pakai )

Varvy
JSON-LD Schema Generator – Generator markup JSON-LD schema. Saat ini mendukung enam jenis markup termasuk: produk, bisnis lokal, acara, dan organisasi.
KnowEm Social Media Optimizer – Menganalisis halaman web Anda untuk melihat apakah itu dioptimalkan dengan baik untuk berbagi sosial. Ini memeriksa markup dari Facebook, Google+, Twitter, dan LinkedIn. ( saya pakai )
Where goes – Menunjukkan kepada Anda seluruh jalur meta-refresh dan pengalihan untuk setiap URL. Sangat berguna untuk mendiagnosis masalah tautan (misalnya link pengalihan kompleks).
Google Business Review Link Generator – Menghasilkan tautan langsung ke cantuman Google Bisnis . Anda dapat memilih antara tautan ke semua ulasan Google saat ini, atau ke kotak ulasan bintang 5 yang sudah diisi sebelumnya.
Cari & Ekstrak Pengguna Twitter + “Temukan pengguna di Setiap Niche” – Temukan influencer yang telah berbagi konten apa pun di Twitter dalam 7 hari terakhir. Juga berguna untuk menemukan influencer yang telah berbagi konten dari domain tertentu. Atau tentang topik tertentu.

19 Freemium seo tools terbaik

Sebagian besar alat seo berbayar menyediakan versi trial atau kita sebut freemium , dalam versi ini pengguna diberikan akses untuk mencoba beberapa fitur premium dan membatasi akses lebih lanjut selama beberapa hari
Contohnya pengguna ahrefs menyediakan versi trial selama 14 hari atau pengguna MOZ diberikan akses freemium yang benar-benar terbatas
Karena banyaknya tools seo premium yang menyediakan akses percobaan atau saya sebut freemium , saya yakin kebanyakan pakar seo professional pasti menggunakan beberapa tools seo berikut

Ahrefs – Alat SEO all-in-one terdepan di industri. Gunakan Site Explorer untuk memeriksa backlink, Keywords Explorer untuk penelitian kata kunci, dan Content Explorer untuk penelitian konten. Kami juga memiliki Tracker Rank dan banyak tool lainnya. Daftar lengkap alat dan fitur disini. ( saya pakai )
SimilarWeb – Perkiraan metrik lalu lintas untuk (hampir) situs web manapun. Ini juga memberi tahu Anda dari mana lalu lintas berasal (misalnya organik, berbayar, dll) dan bahkan mencantumkan domain rujukan teratas. Sangat kuat untuk riset yang kompetitif. ( saya pakai )
Readable – Menganalisis “keterbacaan” konten Anda dan membantu Anda “memotong bacaan“. Ini memeriksa berbagai nilai keterbacaan (misalnya Flesch-Kincaid, Gunning Fog, dll.), Komposisi teks, dan banyak lagi.
PublicWWW – Mencari web untuk halaman yang menggunakan jejak berbasis kode sumber. Berguna untuk menemukan pesaing Anda, situs web dengan kode Google Analytics yang sama, dan banyak lagi.
Screaming Frog – Perangkat lunak perayapan web terkemuka di industri. Tersedia untuk Windows dan Mac. Gratis untuk 500 halaman web (dengan fungsionalitas terbatas).

Screaming Frog
Keywordtool.io – Scrapes Google Autosuggest untuk menghasilkan 750 saran kata kunci dari satu kata kunci biji. Ini juga bisa menghasilkan saran kata kunci untuk YouTube, Bing, Amazon, dan banyak lagi. ( saya pakai )
KWFinder – Menemukan kata kunci ekor panjang dengan kesulitan yang rendah dari kata kunci benih. Juga menampilkan volume pencarian, Cost-Per-Click (BPK), dan kesulitan kata kunci. ( saya pakai )
SERPWatcher – Alat pelacakan peringkat dengan beberapa metrik unik (misalnya “indeks dominasi”). Ini juga menunjukkan perkiraan kunjungan dan grafik distribusi peringkat, antara lain. ( saya pakai )
Kraken.io – Mengoptimalkan gambar situs web untuk meningkatkan kecepatan pemuatan situs web. Ini juga membantu menghemat ruang penyimpanan dan bandwidth.
Buzzsumo – Menemukan konten yang paling ditautkan dan dibagikan di sembarang ceruk, bersama dengan konten berkinerja terbaik pesaing Anda. Jika sudah memiliki konten, Anda dapat menemukan influencer yang mungkin memperkuat konten tersebut. ( saya pakai )

Menemukan konten
Grammary – Tingkatkan tulisan Anda dengan mengungkap kesalahan ejaan dan tatabahasa. Ini juga menawarkan saran untuk perbaikan. Aplikasi berbasis browser, namun juga terintegrasi dengan Microsoft Office. ( saya pakai )
GTMetrix – Alat industri terkemuka untuk menganalisis kecepatan pemuatan situs web Anda. Ini juga memberikan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti tentang cara membuat situs web Anda lebih cepat. ( saya pakai )
Mondovo – Kumpulan alat SEO yang mencakup segala hal mulai dari penelitian kata kunci hingga pelacakan peringkat. Ini juga menghasilkan berbagai laporan SEO.
Checkup Situs SEO – Menganalisis berbagai masalah SEO on-page / teknis, memantau peringkat, menganalisis pesaing, membuat laporan label putih kustom, dan banyak lagi.
Copyscape – Alat industri terkemuka untuk mengungkap konten yang menjiplak. Bukan untuk pengguna gratisan
Hunter.io – Menemukan alamat email yang terkait dengan domain dalam hitungan detik. Ini juga dapat menemukan alamat email untuk orang-orang tertentu yang bekerja untuk organisasi tertentu. Yang Anda butuhkan hanyalah nama dan domain. ( saya pakai )
Yoast SEO – Mungkin satu-satunya plugin SEO yang Anda perlukan untuk situs web berbasis WordPress. Memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan tag dan konten meta, membuat peta situs instan, dan banyak lagi.
Whitespark Local Citation Finder – Menemukan situs web dan direktori tempat Anda harus mendaftarkan bisnis Anda. Ini juga memeriksa pesaing Anda dan memantau pertumbuhan kutipan. Yang harus dimiliki bagi siapa saja yang terlibat dalam SEO lokal.
URL Profiler – Alat audit isi dan backlink. Terintegrasi dengan Ahrefs, Google Search Console, Google Analytics dan sebagian besar alat SEO besar lainnya. Ini juga berguna untuk scraping web.
Demikian referensi alat seo tools gratisan dan terbaik yang saya rekomendasikan , jika anda mau menambahkan beberapa tools yang sering anda gunakan silahkan berkomentar dibawah nanti akan saya masukkan kedalam artikel sekian dan terimakasih telah berkunjung

Related Post