Belajar Unity Membuat Objek dan Script

by

helmy

BAGIAN 1 UNITY : MEMBUAT OBJEK  DAN SCRIPT MENYALAKAN LAMPU SEDERHANA

Belajar Unity Membuat Objek dan Script

Selamat Datang di Blog Orang IT . Hari ini saya baru belajar tutorial dasar membuat game sederhana dengan bantuan  Software Unity 3D, namun pada Bagian 1 ini saya akan membahas mengenai   pengertian Unity , bagaimana memasukkan Objek kedalam Unity dan pengetahuan Script sederhana Unity untuk menyalakan dan mematikan lampu . Jika anda baru mengenal Unity seperti saya silahkan belajar bersama .

Pengenalan Unity 

Unity 3D merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan aplikasi yang profesional. Editor pada Unity dibuat degan user interface yang sederhana. Editor ini dibuat setelah ribuan jam yang mana telah dihabiskan untuk membuatnya menjadi nomor satu dalam urutan rankking teratas untuk editor game. Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX. Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti semua format dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat beroperasi pada Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac, Windows, Wii, iPhone, iPad dan Android.
Perizinan atau license dari Unity ada dua bentuk. Ada Unity dan Unity Pro. Versi Unity tersedia dalam bentuk gratis, sedang versi Unity Pro hanya dapat dibeli. Versi Unity Pro ada dengan fitur bawaan seperti efek post processing dan render efek texture. Versi Unity merupakan yang gratis memperlihatkan aliran untuk game web dan layar splash untuk game yang berdiri sendiri. Unity dan Unity Pro menyediakan tutorial, isi, contoh project, wiki, dukungan melalui forum dan perbaruan kedepannya. Unity digunakan pada iPhone, iPod dan iPad operating system yang mana iOS ada sebagai add-ons pada Unity editor yang telah ada lisensinya, dengan cara yang sama juga pada Android.

Fitur-Fitur Unity 

– Rendering 
Graphics engine yang digunakan adalah Direct3D (Windows, Xbox 360), OpenGL (Mac, Windows, Linux, PS3), OpenGL ES (Android, iOS), dan proprietary APIs (Wii). Ada pula kemampuan untuk bump mapping, reflection mapping, parallax mapping, screen space ambient occlusion (SSAO), dynamic shadows using shadow maps, render-to-texture and full-screen post-processing effects.[4]
Unity dapat mengambil format desain dari 3ds Max, Maya, Softimage, Blender, modo, ZBrush, Cinema 4D, Cheetah3D, Adobe Photoshop, Adobe Fireworks and Allegorithmic Substance. Asset tersebut dapat ditambahkan ke game project dan diatur melalui graphical user interface Unity.
– Asset Tracking
Unity juga menyertakan Server Unity Asset ā€“ sebuah solusi terkontrol untuk defeloper game asset dan script. Server tersebut menggunakan PostgreSQL sebagai backend, sistem audio dibuat menggunakan FMOD library (dengan kemampuan untuk memutar Ogg Vorbis compressed audio), video playback menggunakan Theora codec, engine daratan dan vegetasi (dimana mensuport tree billboarding
– Scripting 
Script game engine dibuat dengan Mono 2.6, sebuah implementasi open-source dari .NET Framework. Programmer dapat menggunakan UnityScript (bahasa terkustomisasi yang terinspirasi dari sintax ECMAScript, dalam bentuk JavaScript), C#, atau Boo (terinspirasi dari sintax bahasa pemrograman phyton). Dimulai dengan dirilisnya versi 3.0, Unity menyertakan versi MonoDevelop yang terkustomisasi untuk debug script.
– Platforms
Saat ini platform yang didukung adalah BlackBerry 10, Windows 8, Windows Phone 8, Windows, Mac, Linux, Android, iOS, Unity Web Player, Adobe Flash, PlayStation 3, Xbox 360, Wii U and Wii. Meskipun tidak semua terkonfirmasi secara resmi, Unity juga mendukung PlayStation Vita yang dapat dilihat pada game Escape Plan dan Oddworld: New ā€˜nā€™ Tasty.
–  Asset Store
Diluncurkan November 2010, Unity Asset Store adalah sebuah resource yang hadir di Unity editor. Asset store terdiri dari koleksi lebih dari 4,400 asset packages, beserta 3D models, textures dan materials, sistem particle, musik dan efek suara, tutorial dan project, scripting package, editor extensions dan servis online.

Download dan Instal Unity

Jika anda ingin belajar membuat Game dengan SOftware Unity 3D anda bisa men Download versi Free atau gratis pada situs resminya yaitu https://unity3d.com/get-unity , pilih personal silahkan melakukan Registrasi dan Download . Karena saat Penginstalan unity membutuhkan lisensi dari Data yang anda buat tadi. Atau anda bisa men Download versi premium crack di internet silahkan browsing
Jika ketika menginstall Software Unity muncul pesan peringatan Error NSIS , silahkan kunjungi postingan saya sebelumnya mengenai
Saat menginstall Unity biasanya muncul pesan bahwa Unity membutuhkan Net Frame Works 3.5 agar bisa menjalankan editor coding dan script C# ( di baca SiSam )

Membuat Objek pada Unity 

1. Pada TAB Hierarki – create – kemudian masukkan objek yang ingin anda masukkan misalnya cube , sylinder , pane dll . Pilih Cube untuk membuat kubus.
Sementara untuk mengatur ukuran bisa menggunakan tombol di atasnya ada rotate , skala , hand , size

Belajar Unity Membuat Objek dan Script
MEmasukkan Obyek
2. Setelah membuat Objek kubus , selanjutnya tambahkan objek lingkaran  TAB Hierarki – create – pilih sphere
Pada bagian transform agar Objek tepat pada tengah-tengah untuk X dan Y isikan 1

Belajar Unity Membuat Objek dan Script
Penempatan Obyek

3. Setelah itu tahap memberi warna pada bagian projek buatlah folder baru  , dan didalamnya buatlah objek create – material kemudian beri nama bola dan papan .

Untuk memberi warna pilih objek misal  bola , kemudia buka jendela Inspector sebelah kanan pilih Shader nanti akan muncul jendela color disebelah kiri . Silahkan pilih warna yang dikehendaki.

Setelah itu material Bola akan berwana  misal hijau , seret material bola ke objek yang ada pada jendela editor sampai bola berwarna hijau. Untuk papan sama saja caranya

Belajar Unity Membuat Objek dan Script
Pewarnaan Obyek
4. MEmberikan pencahayaan dengan menambahkan Matahari , pada jendela Hierarki sebelah kiri pilih create pilih directional light
kemudian atur dengan menggunakan kontrol rotate , hand , size , scala pastikan matahari tepat menyinari objek bola
Belajar Unity Membuat Objek dan Script
Tambahka Matahari
5. Selanjutnya membuat Script pada jendela console , sebuah script yang berfungsi untuk mematikan dan menyalakan lampu dengan tombol space
Pada Tab Inspector pilih create – C# ( disini kita menggunakan bahasa Sisam ) kemudian akan ada Icon dengan  engine klik kanan dan Open . 
Masukkan Script Berikut ini :
using UnityEngine;
using System.Collections;

public class matiyala : MonoBehaviour { // nama Script
   
    private Light lampp;
    public bool saklar;

    // Use this for initialization
    void Start () {
   
    lampp = GetComponent<Light> (); // variabel lampu
   
    }
   
    // Update is called once per frame
    void Update () {
   
    if (Input.GetKeyDown (KeyCode.Space)) { // aksi jika tombol space di tekan
       
        lampp.enabled=!lampp.enabled; // bisa nyala jika tidak mati
    }
   
    }
}

Jika sudah tarik file script tersebut ke Hierarky – Directional Light
Belajar Unity Membuat Objek dan Script
Masukkan Script
6. Jalankan project dengan menekan tombol play , setelah itu coba tekan tombol spasi . Jika berhasil maka lampu akan menyala dan mati

Belajar Unity Membuat Objek dan Script
Hasil Tutor

Oke Sementara sampai disini dulu untuk Tutorial Unity Bagian 1 : mengenai PEmbuatan Objek dan Script Dasar Menyalakan dan Mematikan Lampu . Semoga bermanfaat jika membutuhkan contoh project hasil tutorial sederhana Bagian 1 silahkan di download melalui link di Bawah ini.

** Dalam Unity hanya menyediakan Objecct Klasik seperti blola  kubus , kerucut dll , jika anda ingin membuat object 3D secara detail anda bisa menggunakan bantuan Software Blender 3D untuk membuat Object Detai . Silahkan cari di pencarian membuat gerobak dengan blender 

Oleh https://www.helmykediri.com

Related Post