Memperbaiki Flashdisk Write Protected

by

helmy

Cara Memperbaiki USB Flashdisk Write Protected

Cara Mengatasi USB Flashdisk Write Protected
Flashdisk Write Protected
Selamat Datang di Blog Orang IT . Masalah pada flashdisk mungkin banyak membuat orang menjadi kebingungan. Setelah kita sempat membahas tentang cara memperbaiki USB Device Not Recognized, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi USB Flashdisk Write Protected
Memang problem flashdisk yang satu ini jarang dialami oleh banyak orang dibandingkan dengan masa;ah flashdisk yang lainnya. Namun jika flashdisk sudah menunjukkan write protected ataupun berarti kesalahan dalam menulis maka untuk mengatasi dan memperbaikinya bisa dibilang sangat rumit. Tetapi anda tidak usah bingung-bingung karena pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi USB flashdisk write protected pastinya secara lengkap.

USB Flashdisk Write Protected ini biasanya akan muncul saat anda ingin memformat flashdisk tersebut. Biasanya saat anda menemui kesalahan berupa usb flashdisk write protected ini akan muncul tulisan sebagai berikut.

Cannot delete namaflashdisk : The disk is write-protected

Remove the write-porotection or another use another disk

Biasanya dalam memperbaiki USB flashdisk write protected ini, kebanyakan pengguna akan menggunakan aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk cara memperbaiki flashdisk terbaca 0 byte. Namun yang perlu anda ingat bahwa masing-masing software maupun aplikasi memiliki fungsi dan juga kegunaan yang berbeda-beda. Dan pastinya tidak mungkin software yang anda gunakan untuk memperbaiki flasdisk terbaca 0 byte bisa anda gunakan dalam cara memperbaiki usb flashdisk write protected ini.

Langsung saja berikut cara yang bisa anda coba  untuk memperbaiki USB flashdisk write protected  sebagai berikut.

Memperbaiki USB Flashdisk Write Protected Melalui Safe Mode

1. Restart Laptop atau Komputer Anda

2. Setelah booting pada BIOS (sebelum muncul logo windows), cepat-cepatlah untuk menekan tombol F8 pada keyboard anda sampai muncul gambar seperti yang di bawah ini.

Cara Mengatasi USB Flashdisk Write Protected
Boot Manager

3. Pilih Safe Mode dan tekan Enter

4. Setelah masuk ke Windows, lalu klik kanan pada USB Drive (Flashdisk) anda

5. Setelah itu, klik format. Pilih Quick Format

6. Jika berhasil maka muncul tulisan “Format is Complete”. Apabila gagal, silahkan coba cara yang kedua di bawah ini.

Memperbaiki USB Flashdisk Write Protected Melalui Registry

1. Colokkan USB Flashdisk ke Komputer atau Laptop anda
2. Setelah flasdisk terpasang. Buka registry windows. Caranya klik start, lalu tulis run di bagian kolom search. Lalu ketik REGEDIT

3. Setelah itu masuk ke jendela registry editor, cari key berikut

HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentcontrolsetControl 

dan cari string StorageDevicePolicies.

Jika anda tidak menemukan, silahkan lakukan langkah sebagai berikut:

  • Klik HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentcontrolsetControl lalu klik kanan di folder Control

  • Memperbaiki Flashdisk Write Protected
4. Pilih New – Key lalu ubah namanya menjadi StorageDevicePolicies 

5. Klik kanan di folder StorageDevicePolicies yang baru dibuat tadi, lalu pilih DWORD(32-bit) untuk yang memiliki OS 32bit, atau DWORD(64-bit) untuk yang memilki OS versi 64 bit.

6. Ganti nama DWORD yang baru saja kita buat menjaid WriteProtect dan double click lalu ganti value datanya menjadi 0 dengan heksadesimal.

Memperbaiki Flashdisk Write Protected

7. Setelah itu tutup jendela Registry Editor. Selanjutnya, restart komputer anda

8. Lalu kembali colokkan flashdisk anda .  Lalu lakukan langkah-langkah untuk memformat flashdisk anda

Begitulah cara mengatasi usb flashdisk yang mengalami write protected. Dengan langkah tersebut mungkin flashdisk anda tidak akan error write protected lagi. Namun jika telah melakukan kedua cara di atas flashdisk anda tetap error write protected.

Maka kemungkinan terbesar bahwa flashdisk anda merupakan flashdisk yang hanya memiliki kemampuan untuk membaca. Bukan flashdisk yang bisa memiliki fitur untuk menulis suatu perintah. Maka dari itu, sebelum membeli sebuah flashdisk, pastikan flashdisk yang anda beli memiliki kemampuan yang cukup lengkap yaitu bisa digunakan untuk read (membaca) dan juga write (menulis).

Related Post