Cara Membuat Font Sendiri Untuk Windows

by

helmy

CARA MUDAH MEMBUAT KARAKTER FONT UNTUK WINDOWS

Selamat Datang di Blog Orang IT . Postingan saya sebelumnya Mengaktifkan Fitur GodMode Pada Windows   kemudian untuk postingan kali ini mengenai Bagaimana membuat karakter font sendiri dengan mudah pada operating system windows anda .
Jika anda seorang desainer logo atau tipografi tentu anda ingin menghasilkan sesuatu yang unik bahkan beda dari yang lain , salah satunya adalah dalam hal memilih font untuk tulisan huruf . Memang tersedia ribuan font baru untuk di download namun membuat font sendiri tentunya lebih seru apalagi kalau hasilnya bagus . Ada banyak software mulai dari yang berbayar hingga gratisan untuk membuat font . Silahkan anda pilih sesuai selera anda .

Berikut beberapa software yang biasa di gunakan untuk membuat font sendiri :

1. Private Character Editor

Capture Cara Membuat Font Sendiri Untuk Windows
Pengguna Windows pasti sudah tidak asing lagi dengan nama aplikasi Private Character Editor. Aplikasi pembuat font Windows ini sudah ada sejak Windows 2000/Windows XP, bahkan di Windows 10 pun juga dihadirkan. Private Character Editor memang bukanlah softwar yang baru, sayangnya hanya sebagian orang yang memperhatikannya. Mungkin karena letak aplikasi yang tersembunyi dan jarang diperlihatkan ke publik oleh Microsoft.
Untuk membuka Private Character Editor di Windows caranya cukup mudah, tekan Win+R untuk membuka Windows Run, ketikkan eudcedit dan tekan Enter. Sekilas kamu mungkin akan bingung melihat dokumen yang dipenuhi grid. Tapi ini sebenarnya akan memudahkan kamu dalam membuat font sendiri. Software ini hanya memiliki fitur dasar untuk membuat font.

2. FontForge

ff 4 Cara Membuat Font Sendiri Untuk Windows
Software ini memiliki lebih banyak fitur dan tools yang kamu butuhkan untuk membuat font kustom.
Anda akan lebih memudahkan dalam pembuatan font karena adanya glyphs dari karakter dan simbol, jadi kamu tinggal memodifikasi karakter yang sudah ada seperti yang kamu inginkan. FontForge juga mendukung dengan berbagai format font seperti TrueType dan Opentype.

3. Fontstruct

Capture Cara Membuat Font Sendiri Untuk Windows
Fontstruct memiliki tampilan yang sama persis dengan Private Character Editor, ada halaman editor dengan banyak grid dan ada banyak bentuk stencil yang bisa kamu pilih. Disinilah letak keunikan layanan online pembuat font ini, stencil memiliki banyak aneka bentuk, menghasilkan font yang unik. Selain itu banyak tools yang akan memudahkan kamu untuk membuat font sendiri, seperti erase, draw rectangle dan draw lines. Silahkan kunjngi >> http://fontstruct.com

 4. Font Creator

Software ini dilengkapi dengan banyak opsi yang ditampilkan Anda bisa memilih draw, Kotak, Glyph, serta Align maupun Distribute toolbar.  Dengan software ini Anda bisa membuat dengan akurat desain font Anda sendiri, Font Creator cukup baik digunakan oleh pemula dan ahli.

5. Font Maker

Anda juga bisa menggunakan Font Maker. Lebih unik karena ini hanya sebagai aplikasi kecil namun bisa membuat font bagus dan berkualitas. Saking kecilnya aplikasi ini dirancang sebagai alat yang sangat ringan serta tidak perlu dilakukan dengan installer atau dikompresi dalam  

6. FontLab

fontlab
FontLab Studio  memungkinkan Anda untuk mengedit font yang kompatbel dengan Mac dan Windows. Perangkat lunak ini memiliki koleksi font yang sangat besar, menawarkan jenis desain yang profesional, typo graphs dan graphic designs. Support windows dan Mac

7. BirdFont

software pembuat font untuk komputer laptop
BirdFont merupakan salah satu alternatif anda untuk membuat font yang menarik sesuai dengan apa yang anda inginkan. Software ini adalah open-source yang memungkinkan Anda membuat karakter font yang beragam dari awal dengan menggambar vektor garis. Aplikasi ini juga memungkinkan mengekspor dan mengimpor font dalam format TTF, EOT dan SVG. Aplikasi ini menawarkan antarmuka yang cukup sederhana.

8. Type light

04 typelight Cara Membuat Font Sendiri Untuk Windows

Hanya tersedia untuk Windows, Jenis cahaya adalah font editor freeware yang dapat Anda gunakan untuk mengedit file font yang sudah ada atau merancang font sendiri dari awal. Alat ini dapat menangani TrueType, OpenType dan format huruf PostScript, dengan kemampuan untuk mengkonversi file font dari satu ke yang lain. Perangkat lunak ini gratis untuk penggunaan pribadi dan untuk penggunaan komersial terbatas

9. BitfontMaker

03 bitfontmaker Cara Membuat Font Sendiri Untuk Windows
Alat ini font-bangunan online memungkinkan Anda untuk membuat font yang memiliki sederhana, bentuk geometris. Ini adalah font editor bitmap, yang berarti bahwa Anda menggambar karakter font yang Anda (disebut sebagai mesin terbang) pixel demi pixel. 

Itu mati mudah digunakan dan, setelah Anda selesai dengan desain font Anda, Anda dapat mengunduh dan menyimpan font Anda sebagai file TrueType.

Download BitfontMaker Gratis
 

10. Download 13.000++ Font

Jika anda malas membuat font dan lebih suka mencari font , berikut situs yang menyediakan lebih dari 13.000 font gratis yang bisa anda pakai . Anda hanya tinggal perlu memindahkan font yang sudah anda download kedalam folder drive C:/windows/font kemudian gunakan font pada pengaturan yang di inginkan .

Windows menggunakan teknologi penampilan font TrueType dan sedangkan Mac atau Linux menggunakan teknologi penampilan font Opentype. jika anda  menyadari bahwa tampilan tulisan font di Mac dan Linux lebih halus
Demikian Postingan saya mengenai Cara Membuat Font untuk Windows semoga bermanfaat . Bonus silahkan Download Backlink Speed Pro Full Crack untuk meningkatkan website anda dan menanamkan link anda ke beberapa situs terkenal yang memiliki PR tinggi .  Link Ini

Related Post