Mengatasi RAM Penuh pada Laptop

by

helmy

SOLUSI MENGATASI RAM TIBA-TIBA PENUH PADA PC LAPTOP

unnamed Mengatasi RAM Penuh pada Laptop
Selamat Datang di Blog Orang IT . Postingan saya kali ini akan berbagi solusi bagaimana menurunkan memory RAM yang tiba-tiba penuh pada laptop komputer , karena jika memory RAM laptop penuh tentu akan mempengaruhi proses kerja laptop anda mulai dari lelet , macet atau malah ngeblank banyak program yang mengalami Not Responding
Memory RAM adalah singkatan dari “Random Access Memory” yang memiliki fungsi penting untuk membantu kinerja komputer atau laptop. Memory RAM sendiri bertugas sebagai tempat penyimpanan sementara yang termasuk salah satu memory utama dalam komputer atau laptop. Maksud dari tempat penyimpanan sementara adalah waktu komputer atau laptop dalam keadaan hidup memory RAM bertugas sebagai tempat penyimpanan sementara untuk proses menjalankan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan
Meskipun memory RAM saat ini sudah berkapasitas besar mulai dari 2GB , 4 GB dst namun perkembangan memory RAM ternyata diimbangi dengan semakin banyak Software Canggih dan Game yang membutuhkan kapasitas RAM berkapasitas besar , sehinggan laptop anda mengalami Overload anda bisa melakukan pengecekan total memory  yang dipakai melalui Task Manager ( Ctrl + Shift + Esc)
Berikut cara mengurangi kapasitas RAM yang berjalan sehingga menyebabkan Overload :

1. Matikan Program Yang tidak Perlu

Cara ini termasuk cara yang paling mudah jika anda mengalami  overload terhadap memory RAM. Task Manager akan menampilkan seluruh data aplikasi yang sedang berjalan baik itu pada layar utama atau yang sedang berjalan di background (Background Processe).

Untuk menampilkan jendela atau tampilan task manager teman-teman dapat klik kanan pada taskbar di bawah layar lalu cari tulisan task manager. ( Ctrl + Shift + Esc)

Setelah jendela Task Manager terbuka anda lihat program yang sedang berjalan dan memakan banyak memory atau program yang mengalami not responding atau program tidak penting yang sedang berjalan, silahkan pilih program tersebut dan pilih End Task

2 Mengatasi RAM Penuh pada Laptop

2. Buat ShortCut Pembersih RAM

Anda bisa membersihkan memory RAM anda setiap saat , jika anda ingin cara pintas sebenarnya anda bisa membuat shorcut atau tombol pintas yang bisa membersihkan memory anda hanya dengan 2x klik . Cara membuat shorcut pembersih memory RAM pada jendela Dekstop Klik kanan – New – Shorcut – Masukkan pada kotak Shorcut ” %windir%system32rundll32.exe advapi32.dll,ProcessIdleTasks ” – beri nama terserah – Finish
Mengatasi RAM Penuh pada Laptop
Jika anda melihat memory anda penuh silahkan jalankan Shorcut yang anda buat tadi dengan klik 2x 

3. Gunakan Software Utility

Anda bisa menggunakan bantuan Software pihak ke 3 untuk membersihkan semua cache dan file sampah yang tersimpan dalam memory anda , saran saya silahkan gunakan Software Utility seperti CCleaner Download CCleaner terbaru  , RAM Booster seperti IObit RAM Booster , Tune Up Utility atau cukup gunakan pembersih bawaan windows .
Mengatasi RAM Penuh pada Laptop
Mengatasi RAM Penuh pada Laptop

4. Menambah Kapasitas RAM

Jika anda ingin laptop anda tidak cepat penuh anda harus meng Upgrade perangkat RAM anda dari 2 GB menjadi 4 GB atau lebih , namun jika anda tidak memiliki dana lebih anda bisa menambah kapasitas RAM anda dengan Flashdisk atau Hardisk anda agar laptop anda terasa lebih ringan dan cepat.

5. Software Pengatur MeMory RAM

Ada sebuah software pihak ke 3 yang membantu mengontrol pemakaian memory RAM pada komputer ,  salahsatunya adalah Process Lasso adalah software untuk mengurangi beban kerja CPU (CPU usage) dengan cara mengurangi prioritas kerja program yang tidak digunakan sehingga performa komputer akan meningkat dan responsif. Selain itu process lasso bekerja secara real time sehingga dipastikan komputer sobat akan selalu cepat dan tidak lelet lagi.

Process Lasso adalah software pengurang beban cpu yang bekerja mengatur penggunaan beban pada masing-masing proses yang terjadi di dalam sistem sehingga performa komputer akan meningkat.

6. Gunakan Software Disable Time Freeze

img3File Mengatasi RAM Penuh pada Laptop



Dilihat dari namanya sudah jelas bahwa fungsi dari software ini adalah memblock semua aktivitas Upgrade dan Update segala jenis software , namun tidak semua software di block untuk terkoneksi internet ada beberapa software yang diperbolehkan seperti browser dan antivirus . Anda juga harus mematikan Proses Update otomatis dari OS anda kecuali jika anda memang ingin meng Update nya secara online.

Penyebab Memory RAM Penuh :

1. Laptop Terkena Virus , virus menginfeksi beberapa program
2. Banyaknya program aplikasi yang terinstall atau dijalankan atau update
3. Usia RAM yang sudah lama dan jarang dibersihkan dengan Software Utility 
4. Program yang tidak support sehingga menyebabkan crash not respponding
5. Terlalu banyak cache yang disimpan dalam RAM anda
6. Software atau Game yang memang membutuhkan source memory yang besar

Demikian Postingan cara mengatasi RAM Memory Penuh pada Laptop PC semoga bermanfaat , jika ada pertanyaan silahkan tanyakan pada kotak komentar dibawah . Kunjungi postingan saya sebelumnya mengenai Software Pembuat Kartu Ucapan terbaik .

Related Post