Cara Mengetahui dan Mengatasi Keyloger

by

helmy

CARA MENGATASI KEBERADAAN KEYLOGER TERBARU 2016

keylogger Cara Mengetahui dan Mengatasi Keyloger

Selamat Datang di Blog Orang IT . Pada postingan sebelumnya saya telah share tutorial CRUD Android Dengan JSON dan MySQL . Postingan kali ini saya akan share software canggih untuk mendeteksi keberadaan keyloger di komputer PC ataupun Laptop selain mendeteksi Software Keyloger juga bisa mendeteksi file log yang berisi user dan password yang diketikkan / yang merekam ketikan tersebut.

Keyloger atau log atau catatan adalah software jahat yang diinstall seseorang untuk merekam ketikan keyboard dengan tujuan mencuri akun ( facebook , paypal , kartu kredit dll ) kemudian menyimpan rekaman ketikan tersebut kedalam sebuah file log . Sebenarnya program keyloger selain bisa digunakan untuk kejahatan juga bisa untuk kebaikan misal untuk memantau aktivitas anak kita ketika menggunakan komputer untuk berselancar di internet.
Berawal dari banyak teman yang kehilangan hak akses terhadap akun facebook , twitter dll karena password akun mereka diganti ternyata setelah diselidiki beberapa komputer di Lab Komputer telah dipasangi software keyloger oleh beberapa siswa nakal bahkan Browser terkenal seperti Mozilla Firefox pun terdapat Add Ons Keyloger yang digunakan sehingga tidak terdeteksi antivirus saat dijalankan 

Beberapa Software dan Trik untuk mendeteksi keberadaan keyloger diantaranya :

1. Software Keylogger Detector ( Yang saya gunakan )

 kl Cara Mengetahui dan Mengatasi Keyloger

Keylogger Detector merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mencari, menemukan dan dapat menghapus program spyware termasuk password stealing programs, chat and email logging software, keystroke loggers, screen capturing programs, dan program sejenis lainnya yang mampu merekam aktivitas komputer anda.

Software pendeteksi keyloger lain yang saya sarankan :

I Hate KeyLogger
Software ini adalah hasil karya dari Yohanes Aristanto. Fungsi dari software ini untuk melindungi komputer dari keylogger, spyware dan remote administration tool.

PMS AntiKeylogger
Fungsi dari software gratis ini selain untuk melindungi komputer dari keylogger, juga dapat digunakan untuk mencegah Screen/Form capturers.

Snoop Privacy Shield

Software gratis ini berfungsi mencegah terjadinya aktifitas perekaman tombol saat pengetikkan, form yang dibuka dan screen capture yang lazim dilakukan oleh keylogger.

My PlanetSoft – Anti KeyLogger

MyPlanetSoft Anti-Keylogger merupakan salah satu tool antikeylogger dengan ukuran file paling imut, yaitu 36 kb.

2. Mengganakan CMD

Capture Cara Mengetahui dan Mengatasi Keyloger

a) Di Jendela Command Prompt. Secara Default, anda berada di Drive C. Ketikkan Dir lalu enter. 
Perintah Dir adalah perintah untuk menampilkan isi suatu drive, termasuk menampilkan jumlah memori yang tersisa pada drive tersebut. Disinilah yang perlu anda perhatikan. Catatlah jumlah memori yang tersisa pada kertas. Tutup jendela Command Prompt
b) Buka Notepad. Gunakan kombinasi tombol Windows + R, lalu ketikkan notepad. ketikkan apa saja di notepad tersebut, tapi jangan disimpan filenya.

c) Ulangi langkah ke b. Perhatikan jumlah memori yang tersisa. Jika jumlahnya sama dengan yang anda catat, maka komputer tersebut aman dari keylogger.

d) Bila angka yang anda catat berubah bisa jadi ada keylogger atau spyware yang terinstall di komputer anda. Dan tugas anda selanjutnya adalah mencari penangkal dari keylogger tersebut.

3. Menggunakan Kombinasi Shorcut

Coba periksa komputer anda dengan cara tekan ctrl+shift+alt+F8 jika muncul sesuatu maka itu adalah keylogger. Segera nonaktifkan keylogger tersebut baik dengan mencari program mencurigakan di TaskManager , melakukan Scanning dengan Antivirus Lengkap atau melakukan Restore System

4. Menggunakan Virtual Keyboard

Jika anda menggunakan komputer baik warnet maupun lab sekolah untuk login kedalam akun , anda bisa menggunakan fasilitas keyboard Onscreen Keyboard untuk menghindari rekaman keyboard anda. Caranya buka run atau pencarian dan ketikkan osc.exe kemudian jalankan

Capture Cara Mengetahui dan Mengatasi Keyloger

5. Mengelabui Keyloger

Ada cara lain yang cukup unik untuk mengelabui program keylogger dalam menangkap password yang anda ketikkan, yaitu dengan mengetikkan huruf-huruf acak di dalam password, lalu kemudian menghapus kembali huruf-huruf acak tersebut. Misalnya password anda adalah “royal“, maka anda bisa menuliskan dua huruf pertama lebih dahulu, yaitu “ro” lalu mengetikkan huruf-huruf acak seperti “ytjhfj234“, lalu disambung lagi dengan sisanya yaitu “yal” dan diakhiri dengan beberapa huruf-huruf acak lainnya seperti “rhgwc7“. Maka yang akan dideteksi oleh keylogger seperti ini: “roytjhfj234yalrhgwc7”. Lalu anda kemudian menghapus kembali huruf-huruf acak tadi dengan cara menyortir lalu menekan tombol DELETE, sehingga tulisannya kembali menjadi “royal”. Cara ini cukup unik namun bisa dijadikan alternatif.

6. Scan Komputer Online

Capture Cara Mengetahui dan Mengatasi Keyloger

Jika anda menggunakan komputer warnet ataupun lab komputer yang mayoritas banyak virus dan database virusnya kadaluarsa anda bisa melakukan scanning komputer secara online . Ada beberapa situs yang menyediakan pembersihan komputer dari program jahat seperti online seperti Eset Online Scanner, Bitdefender Online Scanner, F SCure Online Scanner dll

7. Ganti Password

Setelah login menggunakan komputer publik warnet, lab dll alangkah baiknya anda mengganti password untuk menjaga keamanan akun anda dari aktifitas pencurian keyloger

8. Install DeepFreeze

DeepFreeze adalah software pembeku hardisk yang akan selalu mengembalikan kondisi hardisk kedalam ke adaan semula , jika anda melihat deepfreeze komputer tersebut mati anda bisa mengaktifkan nya kembali atau anda bisa menginstall komputer tersebut software deepfreeze dengan begitu anda tidak perlu khawatir akan ancaman keyloger yang akan mencuri data anda.

9. Hardware Keyloger

smbsecurity Cara Mengetahui dan Mengatasi Keyloger

Selain dalam bentuk software ternyata keyloger juga ada dalam bentuk hardware , silahkan periksa belakang CPU anda untuk mengetahui ada atau tidaknya tambahan perangkat yang mencurigakan jika ada waspadailah itu adalah keyloger. 

Related Post