iFun Screen Recorder : Software perekam layar gratis dari iObit

by

helmy

iFun Screen Recorder merupakan aplikasi perekam layer dekstop yang digunakan untuk melakukan recording screen dan mendukung web cam. Kelebihan iFun Screen Recorder salah satunya adalah dukungan untuk melakukan capture berdasarkan region atau area screen tertentu, juga mampu melakukan recording audio saat video recording berlangsung.

iFun Screen Recorder merupakan aplikasi perekam layar gratis, mudah digunakan, disamping itu juga memiliki dokumentasi aplikasi yang terbilang baik. Aplikasi ini tidak memberikan limit waktu record , yang artinya Anda bisa melakukan recording video tanpa batasan waktu, yang mana hal ini tidak bisa dilakukan oleh aplikasi sejenis yang memberikan recording time limit. 

iFun Screen Recorder

Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk keperluan presentasi, webinar, dan tutorial lession. Penggunaan simulasi mouse click dengan highlight dan penambahan animasi menjadikan hasil video lebih baik. Disamping juga, Kita bisa mengambil capture layar pada saat proses recording berlangsung, guna mendapatkan detail atau menyorot bagian penting tertentu.

Beragam format populer seperti MP4, FLV, MOV, didukung oleh iFun Screen Recorder, termasuk GIF (dengan keterbatasan fitur).

Kelebihan iFun Screen Recorder :

1. Tersedia untuk Steam. Aplikasi iFun Screen Recorder tersedia untuk platform Steam, sehingga mendapatkan dukungan komunitas dari game steam

2. Tersedianya efek mouse. Penambahan animasi pada event klik, beberapa efek tersedia untuk dipilih.

3. Dukungan format yang banyak. iFun Screen Recorder mendukung beberapa format populer seperti MP4, MOV, dan juga GIF.

4. Fitur editing video yang terintegrasi. Beberapa fitur seperti cut, split, melakukan capture video, dan Lain-lain. Proses recording video juga terbilang stabil dan tanpa masalah berarti.

5. Fitur Share ke Social Media. iFun Screen Recorder memiliki fitur untuk melakukan sharing video hasil editing ke platform social media online seperti Facebook, dan Instagram.

6. Screen Capture. Kita bisa melakukan capture screen selagi video recording berjalan.

7. Anda bisa memilih untuk menambahkan custom watermark pada video melalui menu setting yang disediakan. Disamping itu juga, aplikasi ini tidak memberikan batas waktu untuk recording, sehingga Anda bisa melakukan recording selama mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda.

8. Recording dengan model full-screen. Ini merupakan fitur yang sangat membantu untuk gamer dalam membuat video cast atau streaming game khususnya, dimana Kita bisa melakukan recording pada mode full, tanpa lag atau gangguan yang berarti. 

9. Mendukung fitur recording video & webcam. Fitur ini sangat membantu bagi Youtuber terutama game youtuber, dengan menyediakan recording video & web cam on-demand, viewer bisa menyaksikan gameplay dan sekaligus youtubernya pada saat bersamaan, melalui frame yang disediakan pada screen yang biasanya terletak di sudut-kanan bawah video. Disamping itu, kualitas 4K video juga didukung oleh aplikasi ini, dengan syarat spesifikasi sistem dan video Anda telah mendukungnya.

Kekurangan iFun Screen Recorder :

1. Mini Fitur

Untuk aplikasi sejenis, iFun Screen Recorder memiliki fitur yang terbilang lebih minim padahal dari sisi harga, iFun Screen Recorder terbilang lebih mahal, dibandingkan aplikasi sejenis;

2. Fitur video editor yang masih terbilang mendasar.

Meskipun aplikasi ini mengintegrasikan fitur untuk video editing, tetapi fiturnya masih terbilang basic (dasar), beberapa fitur yang disediakan kebanyakan masih terbilang basic, dan dari sisi kualitas pun terbilang masih mendasar. Jadi, kemungkinan Kita perlu add-ons third party untuk melalukan tweak terhadap video yang dihasilkan;

3. Tidak adanya dukungan shortcut key untuk recording.

Shortcut key memudahkan untuk melakukan aksi seperti Start/Stop, tanpa bantuan klik mouse, cukup menekan kombinasi key yang didefinisikan di dalam aplikasi ini;

4. Tidak bisa melakukan capture screen diluar mode recording.

Hal ini bisa menjadi salah satu kekurangan iFunScreen Recorder, karena fitur capture screen hanya tersedia saat video recording berlangsung saja.

Fitur-fitur iFun Screen Recorder

1. Custom Watermark

Dengan menggunakan fitur custom watermark, Kita bisa menambahkan background atau stamp pada video yang Kita hasilkan, untuk menghindari duplikasi dan pemotongan video dari pihak yang tidak bertanggung jawab, disamping alasan estetika. Ada beberapa opsi yang disediakan untuk fitur custom watermark. Kita juga bisa menggunakan watermark sendiri.

2. Simulasi Mouse Klik

Dengan fitur ini, Kita bisa memilih menampilkan kursor mouse beserta simulasi clicknya. Hal ini akan mempermudah bagi viewer video Kita untuk bisa mengetahui posisi serta simulasi klik mouse berada.

3. Recording Schedule

Recording schedule merupakan salah satu fitur menarik dari iFun Screen Recorder dimana fitur ini memungkinkan Kita untuk melakukan screen recording dengan penjadwalan otomatis. Artinya Kita bisa mengatur kapan waktu mulai dan berhenti proses recording secara otomatis, tanpa perlu melakukan klik tombol Start/Stop secara manual melalui float toolbar yang ada.

Cara Menggunakan iFun Screen Recorder

1. Buka alamat website produknya di https://recorder.iobit.com;

2. Download aplikasi dan instal pada sistem Anda;

3. Buka aplikasi iFun Screen Recorder. Maka window aplikasi utama akan muncul;

4. Pilih ukuran layar dari beberapa opsi yang disediakan : Full Screen, Select Window, Select Region, Fixed Ration (4:3), atau Fixed Ration (16:9).

5. Masuk ke tab Quick Settings :

a. Save recorder files to, tentukan lokasi dimana video akan disimpan.

b. Watermark Overlay, untuk memberikan watermark / background pada video.

c. Recording Schedule, untuk menggunakan fitur penjadwalan recording, Kita bisa melakukannya melalui tab ini. Disini Kita bisa mengatur start time, end time, atau duration, dan aksi apa yang akan dijalankan setelah recording selesai (sleep atau shutdown);

6. Klik tombol REC untuk mulai recording;

7. Saat proses recording, akan muncul float toolbar di sudut-kanan bawah, yang bisa digunakan untuk melakukan Start/Stop/Pause recording;

8. Silahkan lakukan proses recording sesuai kebutuhan;

9. Setelah selesai, klik tombol Stop pada float toolbar untuk menyelesaikan proses recording;

10. Window utama aplikasi akan muncul kembali, dan hasil video download akan dimunculkan pada list yang ada. Untuk melakukan pengeditan, klik button di bagian paling kanan dari nama file, dan klik Edit. Untuk menghapus, klik button Delete.

Baca juga: Aplikasi perekam layar smartphone terbaik

Kesimpulannya, iFun Screen Recorder merupakan aplikasi screen recorder yang memiliki fitur mumpuni, mudah digunakan, mengintegrasikan fitur dasar editing video, dan berbagai fitur menarik lainnya. iFun Screen Recorder bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari mendokumentasikan course online, membuat dokumenter pribadi, merekam video conference, dan masih banyak lagi. 

Jika diperhatikan pada website resminya, iFun Screen Recorder menyediakan beragam fitur yang menarik untuk dicoba, salah satunya adalah fitur Recording Schedule, merupakan fitur yang memungkinkan Anda untuk mengatur waktu mulai dari berhentinya proses recording.

iFun Screen Recorder juga menyediakan plan subscribtion tahunan yang memberikan akses ke banyak fitur dan dukungan/support terhadap user.

www..helmykediricom

Related Post