Cara mengatasi HP disadap dengan cepat dan mudah

by

helmy

Blog Orang IT – Di dalam smartphone kita, terdapat banyak data penting yang harus dilindungi dari peretasan hacker atau penjahat cyber. Mengingat data ini sangatlah rahasia dan riskan apabila disalah gunakan, maka anda perlu tahu ciri-ciri HP sedang disadap dan bagaimana cara mengatasinya. 

Lantaran hal ini berguna untuk menjaga keamanan data seperti internet banking, e-wallet, toko online, pinjol dan banyak lainnya.

Cara Mengetahui HP Kita Disadap Atau Tidak

Banyak cara untuk mengetahui apakah ada aktivitas penyadapan pada smartphone anda atau tidak. Mulai dari pesan masuk kode OTP tertentu hingga munculnya aplikasi tidak dikenal. Semuanya  berguna untuk proteksi awal guna menghindari peretas yang meresahkan. 

3 cara langkah mudah mengatasi HP disadap;

1. Aktivitas Tidak Wajar

Seiring berkembangnya teknologi dan informasi, dibarengi dengan peningkatan kesadaran masyarakat untuk menjaga keamanan data privasi agar tidak disalahkan oleh orang lain. Beberapa informasi yang saya baca, orang-orang mengeluh tidak bisa mengakses aplikasi kredit online (kredivo, spaylater, kreditpintar) setelah memberikan kode OTP kepada nomor yang mengaku ingin memberikan cashback belanja, setelah login ternyata batas limit kredit akunnya telah dihabiskan untuk membeli voucher game dan pulsa oleh orang lain

Salah satu hal yang menjadi fokus keamanan HP anda adalah keberadaan aktivitas mencurigakan diluar otoritas penggunaan

Cara mengetahui HP kita disadap orang, bisa dengan melihat history akun browser (cek juga history pada akun google), pemberitahuan e-mail, IP lokasi address akses yang tidak biasanya, jejak perangkat device tidak dikenal, pesan berisi kode-kode konfirmasi/verifikasi  dan banyak lagi lainnya.

Salah satu indikasi smartphone bisa terkena sadap adalah ketika mengklik tautan tertentu secara sembarangan, kemudian menginstall aplikasi dari sumber kurang terpercaya, saat itulah peretas  menanamkan malware dalam sistem ponsel anda

Kadang, seseorang terbiasa mengakses situs ilegal (game, film, aplikasi, ebook, komik) yang menampilkan banyak tab dan mendownload aplikasi tertentu. Oleh karena itu, melihat history browser ini penting untuk mendiagnosa asal mula penyadapan. 

Misalnya saja, saat login suatu aplikasi tiba-tiba terlogout sendiri, Ada pesan pemberitahuan percobaan masuk dari perangkat yang tidak biasanya dan banyak hal yang tidak biasanya terjadi.

2. Cara Mengetahui HP Kita Disadap Dengan Aplikasi

Saat ini, banyak aplikasi dari pihak ketiga bertebaran untuk keperluan peretasan/penyadapan. Sistem ini, biasanya menanamkan ‘aplikasi’ dengan persetujuan tanpa disadari oleh pemilik ponsel, beberapa pengguna awam ketika menginstall aplikasi tidak membaca secara seksama akses apa saja yang di ijinkan kepada aplikasi tersebut. 

Aplikasi peretasan mungkin juga di install oleh istri/suami, anak, teman anda kedalam smartphone kemudian menyembunyikan file hasil pengumpulan data kedalam folder yang dibuat hidden pada jendela explorer

Contoh nyata adalah penyadapan yang dilakukan oleh istri terhadap HP suami untuk mengetahui bahwa pasangannya adalah orang yang setia. 

Instalasi aplikasi pinjaman online yang jelas-jelas mereka meminta ijin akses untuk melihat informasi kontak (nomor hp dan daftar email), membaca pesan dan akses folder utama jadi jangan kaget kalau anda kabur dari pinjaman online maka seluruh kontak yang ada dihp akan dihubungi

Untuk kasus ini cara mengetahui HP kita sedang disadap pinjol sangatlah mudah. Pertama, lewat kamera depan. Cek folder galeri > DCIM, jika ada foto muka tampak depan padahal tidak pernah merasa  memfoto, maka itu indikasi bahwa pihak pinjol pernah mengaktifkan kamera depan untuk mengambil foto muka anda secara ilegal

Berhati-hatilah terhadap teman dekat yang matanya mengintip-intip setiap kali anda menggunakan HP, mungkin mereka sedang mencaritahu pola kunci, kata sandi atau bahkan PIN

Selain ciri tersebut, bisa juga melalui penggunaan baterai yang lebih boros dari biasanya. Penggunaan kuota yang lebih cepat habis dan juga jaringan ponsel akan sering terganggu saat melakukan panggilan.

Baca juga: Cara hacker sadap WA

Dari Fitur Chat dan Panggilan

Bagi yang risau apakah WhatsApp-nya aman atau tidak, coba cek di fitur chat. Jika ada chat yang sudah terbaca padahal belum membuka, maka ini menjadi salah satu tanda terjadinya penyadapan.

mengatasi HP disadap

Cara mengetahui HP kita disadap yang lain yaitu lewat Whatsappweb. Caranya:

  • Klik tanda titik tiga dibagian ujung kanan atas
  • Pilih menu ‘WhatsApp Web’
  • Jika tidak merasa menautkan atau memakai Whatsappweb, maka segera logout dari semua perangkat yang tersambung di sana. Agar penyadap tidak bisa mengakses lagi.

Mudah dan cepat bukan cara mengetahui HP kita disadap? Meski ketiga cara diatas bisa mengetahui aktivitas penyadapan, anda harus tetap melindungi diri dari upaya peretasan. Salah satu kuncinya adalah jangan pernah klik tautan tidak jelas dan biarkan kode OTP hanya anda dan Tuhan saja yang tahu.

www..helmykediricom

Related Post