10 Situs untuk menulis opini dan membayar mahal terbaru

by

helmy

Menghasilkan uang secara online kini bisa dilakukan oleh siapa saja dan dari platform mana saja. Anda bisa menjual produk secara online di situs marketplace, mengisi survey, menjual foto, menawarkan jasa pembuatan logo, editing foto, atau mengirim artikel opini
Artikel opini adalah jenis tulisan editorial yang mengekspresikan pandangan, pendapat, atau sudut pandang penulis tentang suatu isu atau topik tertentu. Artikel opini biasanya ditemukan di media massa seperti surat kabar, majalah, situs berita online, atau blog. Tujuan utama dari artikel opini adalah untuk memberikan pandangan subjektif penulis tentang suatu peristiwa, masalah, atau tren yang sedang berlangsung.
Bagi anda yang hobi menulis artikel opini dan sedang mencari platform/situs web yang mau membayar tulisan opini dengan proses seleksi yang mudah bisa mencoba rekomendasi berikut;

1. Sediksi

sediksi.com menulis opini dibayar

Sediksi.com merupakan Situs Opini yang mengusung prinsip common sense, subjektivitas, dan humor sebagai penawar rasa jenuh didasarkan pada pemikiran serius namun tetap santai. 
Visi utama Sediksi adalah menjadi wadah untuk berdiskusi tentang berbagai isu penting. Setiap orang diberikan kebebasan untuk berpendapat, namun untuk memastikan pendapat tersebut layak didengar, perlu diungkapkan dengan baik dan benar
Didirikan pada tanggal 27 Desember 2015, Sediksi berpusat di kota Malang, Jawa Timur. Konten-konten di Sediksi disajikan oleh tim redaksi dan kontributor yang memiliki minat dalam berkarya, baik dalam bentuk tulisan seperti opini dan artikel, maupun dalam bentuk visual seperti infografis dan komik.
Kini, Sediksi berupaya memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi siapa pun yang ingin berkontribusi dengan mengirimkan konten mereka. Kabar baiknya, setiap kontributor yang karyanya lolos seleksi akan mendapatkan honorarium berupa uang sejumlah Rp 100.000
Namun, setiap karya yang dikirimkan ke Sediksi akan melalui proses seleksi sebelum akhirnya dipublikasikan demi menjaga kualitas opini yang dipublikasikan, Sediksi memiliki syarat dan ketentuan pengiriman naskah:
  • Tulisan harus sesuai dengan salah satu dari enam kategori Opini di Sediksi: Urban, Lakon, Karya, Hobi, Prakarsa, atau Kuliah. Detail tentang masing-masing kategori ada di halaman F.A.Q.
  • Gaya bahasa tulisan harus santai dan sehari-hari, agar pembaca mudah memahami isi opini. Gaya tulisan formal seperti skripsi atau rancangan undang-undang tidak diterima.
  • Panjang naskah berkisar antara 700 hingga 1200 kata.
  • Penulis bisa mengutip teori, konsep, gagasan, atau sumber kredibel lainnya yang relevan. Rujukan dapat disertakan pada akhir naskah atau ditempatkan dalam tautan pada kata/kalimat yang bersangkutan.

2. Mojok.co

mojok.co menulis opini dibayar
Mojok.co merupakan platform yang menghadirkan artikel-artikel ringan yang dapat ditulis dalam waktu hanya seperempat jam, setara dengan waktu minum kopi. Tulisan-tulisan pendek ini (600-1.000 kata) diciptakan dalam berbagai momen seperti saat menaiki angkutan umum, menunggu kereta, nongkrong di toilet, setelah makan siang di kantor, menunggu istri berbelanja di mall, dan sebagainya.
Beberapa kategori rubrik yang dimuat:
Esai: Rubrik ini tayang dua kali dalam seminggu. Tulisan menarik mengenai berbagai topik, mulai dari peristiwa atau isu yang sedang ramai diperbincangkan, hingga hal-hal lain yang dianggap penting untuk dibahas. Tema tulisan bisa meliputi aspek sosial, agama, politik, seni, dan lain sebagainya.
Malam Jumat: Rubrik ini tayang sekali dalam seminggu. Berisi cerita pengalaman nyata dalam berinteraksi dengan hal-hal yang tidak terlihat. Namun, yang dimaksud di sini adalah pengalaman dengan hal-hal supranatural seperti hantu, bukan bahan filsafat semester kedua.
Konter: Rubrik ini tayang sekali dalam seminggu. Membahas berbagai hal seputar dunia teknologi, terutama perangkat gadget. Artikel dapat berupa ulasan tentang ponsel, jam tangan, konsol permainan, dan sejenisnya.
Otomojok: Rubrik ini tayang sekali dalam seminggu. Mengulas dunia otomotif, baik dalam bentuk ulasan kendaraan maupun pengalaman menggunakan berbagai jenis kendaraan, mulai dari mobil, motor, truk, kapal selam, helikopter, dan sebagainya.
Liputan: Mengakomodasi liputan dengan pendekatan humanis, unik, mengguncang pikiran, atau seputar gaya hidup kaum muda. Ide-ide liputan dapat diajukan melalui email ke [email protected] dengan subjek: “Usul Liputan”.
Uneg-Uneg: Merupakan wadah untuk pengiriman tulisan yang berisi keluh kesah dan kegelisahan para pembaca Mojok mengenai berbagai hal, mulai dari pelayanan publik, perilaku sesama warga, opini publik hingga kebijakan-kebijakan pemerintah.
Kontributor yang tulisannya diterbitkan di rubrik Esai, Konter, Otomojok, dan Malam Jumat akan diberikan honorarium sejumlah Rp.325.000, sebelum dipotong pajak. Sementara bagi tulisan yang dimuat di rubrik Liputan, kontributor akan menerima honorarium sebesar Rp.225.000 hingga Rp.525.000, sebelum dipotong pajak.

3. Harakatuna.com

harakatuna.com menulis opini dibayar

Harakatuna.com adalah platform dakwah yang mengedepankan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan, menekankan pada penguatan pilar-pilar tersebut dengan sentuhan khas Indonesia. Kami menyajikan konten dengan gaya langsung, kritis, dan obyektif, didukung oleh argumen ilmiah yang kuat serta rujukan teks agama yang memiliki otoritas.

Di Harakatuna.com memberikan peluang luas bagi para pembaca untuk turut berpartisipasi melalui tulisan-tulisan yang disajikan dalam berbagai rubrik berikut:
Rubrik “Resonansi” diisi oleh tokoh intelektual, peneliti, dan dosen, membahas keislaman-kebangsaan serta kontra-radikalisme, ekstremisme, dan terorisme.
“Perspektif” berisi artikel ilmiah, mendalam, dan analitis-teoritis tentang tema keislaman-kebangsaan serta narasi kontra-radikalisme, ekstremisme, dan terorisme.
“Resensi Buku” menampilkan ulasan buku terkait tema keislaman-kebangsaan dan kontra-radikalisme, dengan batasan terbit maksimal 2 tahun.
“Literasi” membahas tulis-menulis dan motivasi dalam menulis.
“Opini” adalah wadah pembaca untuk mendialogkan gagasan dan merespons isu-isu faktual secara bebas, meliputi berbagai aspek masyarakat.
“Asas-Asas Islam” berisi sub-rubrik seperti Akhlak, Al-Qur’an, Fikih, Hadis, Ibadah, Sirah Nabawiyah, Syariah, Tafsir, dan Tasawuf, untuk pembaca dan dai berbagi informasi keagamaan.

“Islam dan Kebangsaan” membahas nasionalisme dan wawasan kebangsaan.
“Ulasan Timur-Tengah” membahas hal-hal terkait Timur-Tengah seperti politik, ekonomi, dan sosio-religio-kultural.
“Milenial Islam” adalah kolom internal tentang keislaman-kebangsaan, kepesantrenan, dan kontra-radikalisme dalam pendekatan milenial.
Untuk honor yang diterima berbeda setiap rubrik : Perspektif (Rp.150.000,-), Ulasan Timur Tengah (Rp.100.000), Resensi (Rp.100.000,-), dan Literasi (Rp.75.000), Asas-Asas Islam (Rp.50.000) dan Opini (Rp.50.000)

4. Basabasi.co

basabasi.co menulis opini dibayar

Basabasi.co sebagai portal situs berbagi cerita-cerita opini, memorabilia, esai, cerpen dengan gaya penulisan artikel ringan. Cocok bagi anda yang suka membagikan opini bisa mengirim artikel ke rubik Celoteh.
Syarat untuk tulisan yang dikirim belum pernah dipublikasikan dalam bentuk media apapun baik cetak maupun digital. Honor yang diberikan untuk artikel yang disetujui oleh tim redaksi tergantung rubik, untuk rubik cerpen Rp.300.000, rubik puisi Rp.250.000 dan rubik hibernasi (artikel opini ringan) Rp.100.000
Isi dari rubik Hibernasi bisa segala hal yang bersifat kekinian, sedang trend, hobi sehari-hari, film, musik, fashion, seni rupa, dunia kreatif, pengalaman hidup pribadi dan opini. 
Kekurangannya mungkin proses persetujuan artikel seperti yang dijelaskan pada halaman pengiriman tulisan bisa memakan waktu hingga 2 bulan lamanya sehingga apabila lebih dari 2 bulan menunggu artikel anda tidak dimuat atau tidak ada informasi akan dimuat berarti artikel anda tidak lolos seleksi (lumayan lama, padahal kalau dinyatakan tidak lolos tinggal diberitahu saja tidak perlu PHP)
Kelebihannya, penulis bisa mengirim artikelnya sebanyak-banyaknya

5. Geotimes.id

geotimes.id menulis opini dibayar

GEOTIMES Indonesia adalah portal kolom populer dan terkini tentang tokoh dan kebijakan publik. GEOTIMES Indonesia memberi ruang bagi para pembaca dengan perspektif tajam dari para pakar dan publik seputar agama, ekonomi, politik, sosial, dan media.

Kategori artikelnya lebih ke aktual, kritis dan menginspirasi sehingga cocok anda yang suka membagikan opini dengan tetap berpedoman pada norma kesopanan dan dasar teori yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya
Kalau anda ingin mengirim artikel/naskah ke geotimes.id silahkan membuat akun terlebih dahulu > kemudian login > pilih menu kirim artikel 
Panjang tulisan terdiri dari 750 hingga 1000 kata. Proses seleksi tulisan oleh tim redaksi lumayan ketat maksimal 2 minggu setelah dikirim dan meskipun tulisan bersifat opini namun tetap menyertakan sumber pustaka 
Tulisan yang disetujui untuk tayang di geotimes.id tidak langsung mendapat honor. Hanya tulisan yang jumlah pembacanya diatas 5000 viewer dalam rentang waktu 7 hari saja yang akan diberi insentif. 
Penulis harus mengajukan sendiri insentif dengan mengirim email ke [email protected] disertai lampiran screenshoot jumlah viewer. Bayarannya bertahap dan berbeda untuk penulis lepas dan penulis yang diminta untuk bekerjasama dengan redaksi geotimes
Kalau tulisan anda bagus nantinya tim redaksi akan menghubungi anda secara pribadi untuk menawarkan kerjasama sebagai penulis magang-ahli jangka waktu 3 bulanan

6. Inwepo.id

inwepo.id menulis opini dibayar

Sebuah platform berbagi tutorial, tips, trik yang berhubungan dengan teknologi. Cocok bagi anda yang ingin membagikan tutorial baik dalam bentuk artikel maupun video bisa ikut berkontribusi di Inwepo. 

Disini anda bisa membagikan pengalaman-pengalaman pribadi dalam bidang teknologi termasuk opini seperti suka dukanya custom root Android, menceritakan susahnya menghasilkan uang dari ngeblog, keseruan belajar desain dengan canva pro, mereview aplikasi menarik yang terinstall di smartphone pribadi 
Untuk menjadi kontributor di Inwepo pertama-tama silahkan kunjungi situs resminya dan buat akun disana. Setelah membuat akun .. pengguna bisa login ke dashboard dan mulai mengirim tulisan ataupun video 
Rentang harga untuk artikel yang disetujui terbit di Inwepo antara Rp.15.000 – Rp.25.000 (randomlah tergantung kualitas dan tingkat kesulitan pembahasan konten)
Sementara untuk konten video antara Rp.25.000 sampai Rp.35.000 + bonus apabila konten video anda telah dilihat sebanyak 20rb kali = Rp.20.000, dilihat 100rb kali = Rp.50.000, dilihat 200rb kali = Rp.100.000 (lebih dari itu sudah tidak mendapat bonus) 
Untuk mencairkan pembayaran minimal penghasilan sudah mencapai Rp.50.000 setiap awal bulan ditransfer melalui bank.   

7. Indonesiana.id

indonesiana.id menulis opini dibayar

Mungkin sudah banyak yang jatuh hati menjadi penulis setia indonesiana.id. Penulis bisa membagikan artikel bertemakan pendidikan, travel, gaya hidup, hiburan, humor, opini, selama tidak melanggar hukum yang berlaku

Ada banyak opsi penghasilan yang bisa didapatkan oleh penulis di indonesiana.id mulai dari;
Menulis di Indonesiana.id bukan hanya tentang berbagi gagasan. Penulis juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan apabila kontennya mendapat apresiasi dari pembaca. Terdapat beberapa opsi bagi pembaca untuk memberikan dukungan kepada penulis, yaitu melalui pembayaran per artikel (pay per article) dan melalui donasi.
a. Untuk pembayaran perartikel dimana artikel yang dimuat pada indonesiana.id digolongkan menjadi konten berbayar dan konten gratis sehingga apabila konten anda masuk kedalam kategori berbayar maka pembaca harus melakukan pembayaran terlebih dahulu untuk membuka artikel anda secara penuh.
b. Kalaupun anda tidak menyematkan artikel tulisan dalam kategori berbayar jangan khawatir karena disetiap artikel yang dilihat oleh pembaca akan muncul tombol donasi kepada penulis mulai dari Rp.10.000, Rp.20.000 dan Rp.50.000 melalui wallet.fewcents.co/login
c. Penghasilan lain bisa didapat oleh penulis dari jumlah view ( 1 view artikel = Rp.2) jadi kalau tulisan anda dibaca 10.000 kali berarti tambahan penghasilan yang didapat adalah Rp.20.000
d. Selain itu indonesiana.id juga membuka donasi untuk semua penulis yang dibagikan secara merata pada akhir setiap bulan melalui FewCents
Proses seleksi artikel di Indonesiana.id cukup mudah dan cepat.. semoga anda betah berbagi opini disana

8. IDN Times Community

idntimes menulis opini dibayar

IDN Times Community merupakan wadah menulis yang disediakan oleh IDN Times bagi generasi millennial Indonesia yang memiliki minat dan dedikasi dalam bidang tulis-menulis.

Setiap artikel yang Anda hasilkan dan diterbitkan pasti akan memberikan Anda poin berdasarkan konversi jumlah tampilan artikel. Berita gembiranya, poin-poin yang Anda peroleh dapat ditukarkan dengan uang tunai
Anda dapat mengunjungi idntimes.com, kemudian navigasikan ke kategori “COMMUNITY,” atau langsung mengakses community.idntimes.com.
Anda berkesempatan untuk menulis artikel dengan berbagai jenis seperti opini, puisi, surat terbuka, dan cerpen di kanal narasi.
Setiap 100 tampilan artikel yang Anda hasilkan akan memberikan Anda 1 poin. Sebagai contoh:
Jika artikel Anda berhasil mencapai 150.790 tampilan, maka Anda akan memperoleh 1500 poin. Poin-poin ini dapat ditukarkan (redeem) dengan uang tunai senilai Rp.150.000.

9. Helmykediri.com

helmykediri.com menulis opini dibayar

Blog Orang IT adalah blog harian yang dikelola secara pribadi oleh Admin blogger yang ganteng dan gagah berani. Blog ini membuka kesempatan bagi pembaca atau siapapun untuk mengirimkan artikelnya melalui email [email protected]

Tema artikel harus berkaitan dengan pengalaman pribadi dalam bidang teknologi, tidak harus bacaan teknis melainkan cukup bacaan ringan seputar kehidupan sehari-hari yang bersentuhan dengan perkembangan teknologi misalnya saja, cara memang Set Top Box, tutorial mencairkan saldo paypal ke bank lokal, kelebihan smartphone Infinix HOT30i dari Samsung A32 dsb
Proses seleksi artikel dilakukan oleh admin kurang dari 7 hari setelah dikirim melalui email dengan subjek “Guest Post” dan menyertakan lampiran artikel yang ditulis dalam format word
Fee perartikel antara Rp.35.000 – Rp.50.000 tergantung seberapa berharganya pengalaman yang dibagikan. Artikel harus unik dan belum pernah publis di situs/media manapun

10. Islami.co

islami.co menulis opini dibayar

Cocok bagi anda lulusan pondok pesantren atau jebolan sekolah keagamaan yang menguasai materi seputar keislaman mulai dari tatacara ibadah, hukum, hikmah, doa sehari-hari, catatan perjalanan ke suatu tempat

Panjang artikel minimal 700 hingga 1000 kata. Penting untuk menyertakan sumber yang jelas seperti nama penulis, penerbit cetakan buku yang isinya dikutip. 
Islami.co sangat menghargai penulisnya maka tidak heran pada setiap artikel yang diterbit selalu disertai biodata penulis seperti foto, biografi singkat dan pekerjaan (opsional)
Artikel bisa dikirim melalui email [email protected] menyertakan subjek dengan format judul artikel_rubik yang dituju (rubik sesuai kategori artikel)
Artikel yang dimuat akan mendapatkan honorarium berdasarkan kualitas tulisan. Klaim honorarium bisa dilakukan dengan mencantumkan link 5 tulisan dimuat redaksi. Proses seleksi artikel cukup mudah dan penulis berkesempatan bergabung dalam grup kontributor islami.co di whatsapp

Related Post