10 Aplikasi Root Smartphone Android Terbaik dan Teraman

by

helmy

Blog Orang IT – Ingin mengutak-atik system smartphone androidmu lebih jauh lagi? Mungkin sekarang sudah saatnya kamu mencoba root android. Melakukan rooting terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Kamu hanya membutuhkan aplikasi root android yang tepat.

Sebelum melakukan root, ada baiknya jika kamu tahu resiko dari root, termasuk kelebihan dan kekurangannya. Karena, hal ini mungkin akan membantu melindungi kamu dari berbagai kejahatan siber.

Kelebihan dan kekurangan root

Meskipun android yang sudah di root memiliki banyak keunggulan, seperti kamu bisa mengotak-atiknya lebih dalam. Tapi, kamu juga harus waspada terhadap beberapa efek samping pada smartphone android yang sudah di root. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan root.

Kelebihan root

1. Bisa instal aplikasi khusus. 

Ada beberapa aplikasi yang hanya bisa digunakan pada smartphone android yang sudah di root.

2. Meningkatkan kinerja android. 

Jika sudah di root, kamu bisa dengan bebas mengoptimalkan kinerja hardware, sehingga smartphone mu terasa lebih ngebut.

3. Baterai jadi lebih hemat.

Pengguna bisa mengatur pemakaian memori sehingga konsumsi sumber daya menjadi lebih hemat

4. Bisa mengubah ROM.

Bosan dengan tampilan antarmuka android yang biasa? Coba gunakan custom ROM agar tampilannya terlihat lebih keren

5. Hapus aplikasi bawaan.

Pengguna bisa menghapus beberapa aplikasi bawaan/bloatware yang tidak dipakai

Kekurangan root

1. Mudah diserang virus.

Beberapa bug system terbuka dan dimanfaatkan oleh penjahat cyber untuk mengekploitasi kerentanan perangkat anda

2. Garansi smartphone hilang. 

Karena sudah di modifikasi, garansi pada smartphone mu menjadi hilang dan tidak bisa diklaim lagi 

3. Kerusakan pada sistem dan hardware. 

Bootloop dan mati total merupakan 2 jenis kerusakan yang mungkin saja bisa terjadi.

4. Meningkatkan kemungkinan error pada aplikasi dan game.

Stabilitas system menjadi terganggu dan mungkin beberapa aplikasi menjadi tidak kompatibel

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan root, kamu harus bisa memutuskan, apakah smartphone benar-benar akan di root atau mungkin tidak perlu.

Berikut adalah 10 aplikasi root smartphone android terbaik yang bisa kamu gunakan.

Baca juga: Kirim foto wa tanpa blur

1. SuperSU

SuperSU

Ukuran: 5,9 MB

OS Minimal: Android 2.3.2+

SuperSU merupakan aplikasi root android yang cukup populer di kalangan pengguna smartphone. Aplikasi ini mampu meminimalisir kerusakan akibat virus yang bisa saja masuk setelah proses rooting.

Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa memilih apakah kamu akan root android secara menyeluruh, ataupun secara normal. Selain itu, aplikasi ini juga bisa meningkatkan performa smartphone androidmu.

Download – https://apkpure.com/id/supersu/eu.chainfire.supersu

2. KingRoot

KingRoot

Ukuran: 12.3 MB

OS minimal: Android 4.1+

Selain SuperSU, KingRoot juga banyak dipercaya oleh pengguna android untuk membuka akses root pada smartphone mereka. Selain itu, kamu juga tidak perlu mengunduh SuperSU secara terpisah jika menggunakan aplikasi ini. Karena, SuperSU tersebut akan otomatis terpasang.

Meskipun cukup ampuh untuk melakukan rooting. Tapi sayangnya tidak semua smartphone kompatibel dengan aplikasi ini. Ada baiknya jika kamu mengecek terlebih dahulu sebelum melakukan root dengan KingRoot

Download –  https://apkpure.com/id/kingroot-apk/com.kingroot.kinguser

3. Framaroot

Ukuran: 1.25 MB

OS minimal: Android 1.5+

Di urutan ketiga ada Framaroot yang pastinya juga terkenal. Aplikasi ini sudah terbukti sukses menjalankan tugasnya dalam melakukan root terhadap sejumlah merek smartphone android.

Menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu beberapa langkah saja untuk melakukan rooting pada smartphone kesayanganmu.

Tapi sayangnya, Framaroot ini juga sama seperti aplikasi rooting lainnya, yaitu tidak tersedia di Google Play Store. Meskipun begitu, kamu bisa tetap mengunduhnya di situs web download aplikasi alternatif, seperti Apkpure, Aptoide, Uptodown, dan yang lainnya.

Download – https://www.apkhere.com/app/com.alephzain.framaroot

4. Towelroot

Ukuran: 109 KB

OS: Android 2.2 dan 4.4

Towelroot juga merupakan aplikasi untuk root android tanpa harus menggunakan komputer. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan dan juga memiliki ukuran yang kecil.

Sayangnya aplikasi ini tidak dikembangkan lagi oleh pembuatnya, yaitu Geohot. Karena itulah, mungkin aplikasi ini sudah tidak bisa digunakan oleh android dengan versi 5.0 ke atas.

Meskipun begitu, aplikasi ini tetap memiliki beberapa kelebihan yang cukup siginifikan, contohnya adalah berukuran kecil, menyediakan one click root, dan tidak memerlukan koneksi internet.

Download – https://www.malavida.com/en/soft/towelroot/android/

5. Root Genius

Ukuran: 13 MB

OS minimal: – 

Banyak yang mengklaim bahwa aplikasi ini mendukung lebih dari 10 ribu smartphone android. Karena itulah, aplikasi ini banyak diandalkan oleh orang-orang untuk mendapatkan akses root pada smartphone android mereka.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan langsung lewat smartphone maupun lewat PC. Hal tersebut membuat Root Genius menjadi lebih fleksibel dan dapat diandalkan.

Dilansir dari website resminya, rootgenius.com, aplikasi ini memiliki banyak keunggulan yang pastinya sangat bermanfaat bagi pengguna.

Download – https://www.rootgenius.com/

6. iRoot

Ukuran: 13.7 MB

OS minimal: Android 2.3+

Aplikasi root android terbaik selanjutnya adalah iRoot. Meskipun tampilannya minimalis, tapi iRoot mampu memberikan banyak kesan positif kepada penggunanya. Karena itulah, aplikasi ini banyak diandalkan oleh orang-orang untuk melakukan root pada android mereka.

Selain itu, aplikasi ini juga sangat mudah untuk digunakan. Karena, iRoot menawarkan root android hanya dengan satu klik saja.

Download – https://rootmydevice.com/download-iroot-apk/

7. Key Root Master

Ukuran: 2.3 MB

OS minimal: – 

Berbeda dengan aplikasi root lainnya yang menggunakan bahasa Inggris, Key Root Master bisa menggunakan bahasa Indonesia. Karena itulah, aplikasi ini banyak disukai oleh warga +62.

Tersedianya opsi menu dalam bahasa Indonesia sangat menguntungkan para pengguna. Karena, kamu jadi bisa memahami setiap kata yang disajikan dalam aplikasi. Sehingga, bisa meminimalisir dalam melakukan kesalahan pada saat melakukan rooting.

Download – https://apktry.com/id/key-root-master-apk

8. Universal Androot

Ukuran: 1.7 MB

OS minimal: – 

Beberapa aplikasi root sudah menyediakan fitur instal otomatis SuperSU di dalamnya, tapi tidak dengan Universal Androot. Karena itulah, kamu perlu mengintal dulu aplikasi SuperSU sebelum mulai melakukan rooting.

Setelah berhasil memasang SuperSU, kamu tinggal buka aplikasinya dan mulai saja proses rooting androidmu.

Download – https://universalandrootdl.com/download/

9. KingoRoot

Ukuran: 6.3 MB

OS minimal: – 

Selanjutnya adalah salah satu aplikasi yang tak kalah ampuh untuk melakukan root smartphone android. Meskipun aplikasi ini merupakan anak baru di dalam dunia aplikasi root, tapi aplikasi ini terbukti tidak kalah daripada para sesepuhnya.

KingoRoot sebenarnya lebih powerful saat melakukan root dengan PC. Tapi, ada beberapa smartphone yang terbukti sukses melakukan root menggunakan aplikasi ini. Karena itulah, aplikasi ini sepertinya juga layak kamu coba.

Download – https://www.kingoapp.com/

10. Z4 Root

Ukuran: 955 KB

OS minimal: – 

Meskipun belum cukup populer, tapi Z4 root terbukti ampuh daripada aplikasi root lainnya. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah sekali untuk digunakan. Hanya dengan beberapa langkah saja, kamu sudah bisa melakukan root pada smartphone androidmu.

Aplikasi ini juga memiliki 2 pilihan root yang berbeda. Yang pertama adalah temporary root atau root berjangka, dan yang kedua adalah permanent root. Silahkan pilih saja salah satu yang kamu butuhkan.

Download –https://z4root.download/

Nah itulah 10 aplikasi root android terbaik dan terbukti ampuh. Tapi, sayangnya sebuah aplikasi root tidak mendukung semua jenis smartphone android. Karena itulah, sebaiknya kamu coba satu-satu, dan temukan yang benar-benar efektif.

www,helmykediricom

Related Post

%d