Tips Ampuh Mengatasi Komputer OverHeat

by

helmy

CARA MENGATASI KOMPUTER CEPAT PANAS

 ( OVERHEAT )


Cara Mengatasi Komputer atau Laptop Cepat Panas

Selamat Datang di Blog Orang IT . Postingan kali ini saya akan post mengenai laptop yang cepat sekali panas atau mungkin kipasnya berputar secara terus menerus karena memang suhu di dalam perangkat laptop benar-benar panas bahkan tak jarang laptop yang terlalu overheat mati dengan sendiri nya hal ini pernah saya alami sendiri beberapa waktu lalu.

Memiliki peralatan teknologi tentu saja membutuhkan perawatan yang sangat penting dibutuhkan. Salah satu alat teknologi yang sering digunakan oleh masyarakat saat ini adalah perangkat komputer dan juga laptop yang memang memiliki posisi dan fungsi yang sangat diperlukan oleh masyarakat modern. Mungkin banyak masyarakat pengguna komputer saat ini yang menemukan berbagai masalah di perangkat komputer ataupun laptopnya. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh masyarakat pengguna perangkat komputer saat ini ialah cepat panasnya komputer ataupun laptop mereka. Dan kondisi tersebut akan berakibat pada processor yang semakin cepat lelah dibandingkan dalam keadaan suhu normal.

Panasnya perangkat komputer ataupun laptop tersebut dikarenakan oleh berbagai hal. Salah satu penyebab panas yang paling sering ialah umur dari fan ataupun pendingin processor anda sudah berumur dan kinerjanya sudah semakin melambat, sehingga menyebabkan panas yang berkumpul di dalam processor tidak cepat keluar dan itu berdampak buruk tidak hanya bagi processor namun juga bagi semua hardware yang terdapat dalam komputer maupun laptop anda. Lalu pertanyaan yang paling sering dilontarkan oleh masyarakat ialah Bagaimana cara mengatasi komputer atau laptop cepat panas. Untuk mengetahui cara-cara mengatasi komputer atau laptop cepat panas, anda bisa melihatnya dalam informasi di bawah ini.

Cara Mengatasi Komputer atau Laptop Cepat Panas

1. Mengganti Fan / Kipas Pendingin Dalam CPU

Salah satu cara yang paling sering dan paling direkomendasikan dalam cara mengatasi komputer atau laptop cepat panas yaitu dengan mengganti fan ataupun kipas pendingin motherboard yang terdapat di dalam CPU. Hal itu dikarenakan masalah yang paling sering terjadi dalam cepat panasnya laptop ataupun komputer ialah fan / kipas yang rusak ataupun kinerjanya sudah tidak bisa bekerja penuh. Dalam hal ini, kita juga boleh menambahkan kipas baru agar menjadikan CPU kita lebih cepat dingin dan tidak mudah panas.

2. Membersihkan Komponen Hardware Dalam CPU

Cara mengatasi komputer atau laptop cepat panas yang kedua ini ialah dengan memberikan komponen hardware yang terdapat di dalam CPU kita. Hal itu dikarenakan jika CPU kita baik itu pada komputer maupun laptop dalam keadaan kotor bahkan berdebu, maka komputer kita akan otomatis menjadi cepat panas karena udara panas yang keluar akan terhalang oleh debu tersebut.

3. Tidak menjalankan program ataupun aplikasi berat

Salah satu penyebab panasnya laptop ataupun komputer kita ialah karena pengguna menjalankan aplikasi berat di komputernya, sehingga processor akan lebih berat dalam menjalankan aplikasi tersebut. Hal itu akan berakibat pada panasnya processor anda karena bekerja terlalu berat dan akan mudah lelah. Untuk itu, sebaiknya anda tidak menjalankan aplikasi-aplikasi yang terlalu berat dan anda juga harus menjalankan aplikasi yang sebanding dengan kekuatan kinerja processor anda.

4. Tidak menggunakan laptop ataupun komputer terlalu lama

Penggunaan laptop ataupun komputer yang terlalu lama juga akan membuat komputer menjadi cepat panas karena processor terlalu lelah bekerja. Maka anda disarankan agar tidak menggunakan perangkat laptop dan juga komputer anda tersebut terlalu lelah bekerja. Setidaknya, anda harus mendiamkan perangkat anda tersebut ketika dirasa terlalu lama bekerja.

5. Gunakan Cooling Pad

Cooling pad memang menjadi teknologi yang dihadirkan untuk membantu menurunkan suhu pada laptop atau benda sejenisnya. Dengan benda ini, anda bisa mengurangi suhu panas pada laptop sebesar 1 sampai 5 derajat. Bahkan tipe yang lebih canggih akan mempunyai kemampuan yang lebih untuk mengurangi panas. Penggunaan cooling pad memang jamak dilakukan sebagai cara mengatasi laptop cepat panas secara mudah dan efisien.

6. Mengganti Thermal Paste CPU

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Tips Ampuh Mengatasi Komputer OverHeat
Thermal Paste CPU adalah komponen dalam laptop yang berfungsi sebagai penghantar suhu panas pada GPU dan prosesor. Bila laptop tiba-tiba blank secara kontinyu saat beban tinggi, misalnya sedang digunakan untuk main game atau multi tasking, kemungkinan besar masalah terletak pada sistem pendinginannya. Seiring dengan lamanya penggunaan, thermal paste bisa mengalami “dried out” atau mengering. Kalau sudah begitu, tentu saja efektivitasnya pun menjadi berkurang sehingga panas terperangkap pada chip. Nah, cara mengatasi laptop cepat panas yang satu ini mengharuskan anda untuk mengganti salah satu komponen yang sangat penting bagi laptop tersebut.

7. Gunakan Software SpeedFun

Software gratis ini memonitor suhu ringan dan handal, yang memiliki bonus tambahan juga pemantauan (seperti namanya) SpeedFan, software ini merupakan bagian penting dari kesehatan laptop Anda. Dalam software ini dapat diatur memonitor suhu hard drive anda, suhu CPU dan suhu internal umum dari laptop. SpeedFan memungkinkan untuk melakukan banyak tapi tidak bekerja pada setiap model laptop karena fakta bahwa konfigurasi kipas di setiap laptop berbeda. Pada beberapa model, monitor suhu tersedia tetapi kebanyakan fungsi lainnya tidak.

Itulah beberapa cara mengatasi komputer atau laptop cepat panas. Inti dari pembahasan kita kali ini ialah anda harus giat merawat perangkat komputer dan juga laptop anda. Selain itu, anda juga harus memahami kemampuan kerja dari processor anda dan tidak memaksakan apabila processor anda dirasa sudah lelah. Kesadaran dan kepahaman anda penting dalam cara mengatasi komputer atau laptop cepat panas ini.

Related Post