Cara Meningkatkan Kekuatan Sinyal Wifi

by

helmy

CARA AMPUH MENINGKATKAN KEKUATAN SINYAL PADA JARINGAN WIFI TERBARU

Selamat Datang di Blog Orang IT . Pada postingan kali ini saya akan membahas bagaimana Cara Meningkatkan Kekuatan Sinyal Wifi ( Wireless Fidelity ) pada area Hotspot agar memaksimalkan kecepatan / konektivitas saat anda melakukan aktivitas Internet seperti Browsing , Download ataupun Upload . Seperti kita tahu ada beberapa penyebab Sinyal Wifi yang kita terima lemah di antaranya Jauh dari Router , Interkoneksi dengan jaringan lain , Jumlah pengguna , Faktor Perangkat dan masih banyak lagi.
Berikut ada 10 Cara Meningkatkan Kekuatan Sinyal Wifi yang bisa anda terapkan untuk memaksimalkan koneksi internet pada Laptop anda yang terbukti efektif :

1. Gunakan Teknologi WiFi Terbaru

Nah untuk saat ini, kita kenal 4 jenis teknologi wireless yang tersedia, yaitu A, B, G, dan N. Teknologi tentu ada yang tergolong lama seperti A, B, dan juga G, sehingga kecepatannya pun lambat (tak terlalu cepat).Sedangkan N versi baru dan juga yang tercepat. Jadi untuk mendapatkan kecepatan yang maksimal anda harus menggunakan versi N ini. Ada empat variasi dari 802.11, yaitu: 802.11a, 802.11b, 802.11g, dan 802.11n.
802.11b 11 Mb/s 2.4 GHz B
802.11a 54 Mb/s 5 GHz A
802.11g 54 Mb/s 2.4 GHz b, g
802.11n 100 Mb/s 2.4 GHz b, g, n

 

2. Cari Posisi yang Tepat

Cara Meningkatkan Kekuatan Sinyal Wifi
Nah, untuk meningkatkan kecepatan, posisi memang menjadi salah satu hal yang cukup penting. Kuat rendahnya sinyal WiFi tergantung pada posisi tempat kita berada. Kalau bisa hindari tempat bertembok karena cukup mengurangi kekuatan sinyal Wifi, pilih posisi yang bebas dari penghalang apapun.

3. Jauhi Perangkat Elektronik Lainnya

Mengapa anda harus menjauhi perangkat elektronik lainnya ? hal ini disebabkan karena perangkat elektronik juga dapat mempengaruhi kualitas sinyal. Untuk mengatasinya tentu kamu bisa menjauhkan perangkat tersebut dari router.

4. Gunakan Chanel yang Kosong

Hal ini bisa dilakukan jika ditempat / wilayah kamu ada banyak orang yang menggunakan router Wifi. Otomatis banyak pula yang berada pada chanel yang sama dengan router tersebut sehingga kualitas sinyal Wifi menuru. Maka dari itu, kalian bisa memilih chanel Wifi yang kosong atau yang sedikit penggunanya. Kalian bisa menggunakan aplikasi inSSIDer jika ingin melakukan cara yang ini. Download inSSIDer

5. Perbaiki Sistem Keamanan

Kalaian sudah menggunakan paket internet yang cepat, hmz tapi masih mengeluh lambat saat diakses. Hal ini ada kemungkinannya bahwa ada orang lain yang menggunakan koneksi Wifi kamu. tanpa sepengetahuanmu. Untuk mencegah hal tersebut, ada bagusnya kalian gunakan pasword yang rumit serta gunakan juga enkripsi WPA2.

6. Mengontrol Bandwith

Jika kalian tidak sendirian saat menggunakan Wifi, pasti akan cukup lambat ketika sedang melakukan browsing. Nah, disini kalian bisa mengatur penggunaan Bandwith agar tidak bocor pada orang lain.

7. Menggunakan Kaleng Bekas

Cara ini termasuk cukup jadul, namun cukup ampuh dicoba. Hanya dengan memanfaatkan kaleng bekas, panci atau alumunium foil, anda bisa memperkuat sinyal Wifi.

8. Gunakan DD-WRT Firmware

Untuk meningkatkan sinyal, kalian bisa menggunakan aplikasi DD-WRT firmware yang berguna untuk menghack agar kekuatan pemancar sinyal semakin tinggi. Seperti dikutip dari Lifehacker.com, meskipun cukup berbahaya untuk router, namun kamu bisa menaikannya hingga 70 mW. Dengan begitu, jangkauan dari sinyal yang kalian dapatkan akan bertambah 2 kali lipat.

9. Gunakan WiFi Repeater

Repeater merupakan sebuah alat untuk menerima sinyal wifi, dan kemudian dipancarkan lagi dengan lebih kuat.

10. Reboot atau Restart Secara Berkala

Tidak jauh berbeda degan Smartphone dan juga PC. Router akan sering mengalami masalah jika digunakan terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu kalian bisa melakukan reboot atau restart router secara rutin. Nah itu tadi 10 Cara Meningkatkan Sinyal WiFi. Semoga dengan tips diatas, mampu membenatu anda dalam dalam memperkuat sinyal Wifi. Dan semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi anda semua.

Demikian Postingan mengenai Cara meningkatkan Kecepatan Internet Wifi dengan Menguatkan Koneksi Jaringan wifi semoga bermanfaat . Postingan saya yang sebelumnya mengenai Cara Software Kesehatan Mata 

Related Post